--> Skip to main content
Teknik Dasar Bola Voli Dan Cara Melakukanya
Penulis Choirul Umam

Teknik Dasar Bola Voli Dan Cara Melakukanya

Konten [Tampil]
Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli - Permainan Bola Voli dimainkan secara beregu/ tim yang terdiri 2 tim yang saling berlawanan. Masing-masing tim berisi 6 pemain yang memiliki peran tersendiri dalam memainkan permainan tersebut,  dan juga ada teknik dasar bola voli yang harus dikuasi oleh semua pemain.

Bola Voli adalah permainan yang diciptakan oleh "William G. Morgan" pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang kini dikenal sebagai "Volley Ball" atau "Bola Voli". Permainan Bola Voli sendiri dapat dimainkan di lapangan indoor (ruang tertutup) maupun outdoor (ruang terbuka) dengan ukuran lapangan 18×9 meter serta tinggi net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

Permainan Bola Voli tergolong cukup sulit untuk dimainkan orang awam atau pemula, karena untuk mempelajari biasanya kita harus menahan sakit untuk melakukan pukulan dan kita harus mempelajari teknik-teknik dasar dari permainan Bola Voli yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sebelum kalian mempelajari teknik yang lain, untuk menjadi pemian Bola Voli profesional kita harus mempelajari teknik permainan bola voli. Baca juga : Teknik dasar sepak bola

4 Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya

Tujuan dari permainan Bola Voli adalah menjaga bola yang terpantul agar tidak jatuh ke bawah (tanah) di area tim kita, dan berusaha menjatuhkan bola yang terpantul ke daerah tim lawan. Berikut ini kami akan sebutkan teknik dasar permainan bola voli lengkap dengan tips dan penjelasannya.

1. Teknik Dasar Servis Bola Voli

Teknik dasar service adalah pukulan yang dilakukan dari daerah garis belakang lapangan permainan hingga melambung keatas net dan mendarat di dalam daerah lawan. Teknik Service dilakukan saat awal permainan, dilakukan saat terjadi penambahan point dan terjadi pelanggaran. Perlu diperhatikan saat melakukan servis adalah sikap badan dan pandangan, lambungan bola, dan timing yang tepat saat memukul bola.

Teknik Service memiliki 5 macam yaitu Teknik dasar service bawah, Teknik dasar service atas, Teknik dasar service mengapung (Floating overhand), Teknik dasar Overhand round-house service, dan Teknik dasar jumping service.

A. Teknik dasar servis bawah

Servis bawah adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang menggenggam, dimana pukulan ini dilakukan dengan cara bola sedikit dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut.

Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut :
  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang.
  2. Bola dipegang oleh tangan kiri.
  3. Kemudian lambungkan bola setinggi bahu.
  4. Lalu pada saat yang bersamaan lengan kanan diayunkan ke belakang, selanjutnya pukul bola dengan tangan kanan.
  5. Perkenaan bola tepat pada tangan, dan telapak tangan menghadap ke arah bola.
  6. Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan menggenggam.
  7. Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan

B. Teknik dasar servis atas

Servis atas adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang terbuka dan rapat, serta bola dipukul menggunakan telapak tangan. Bola yang dipukul pun harus dilambungankan dengan tinggi diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.

Cara melakukan servis atas adalah sebagai berikut :
  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang.
  2. Bola dipegang oleh tangan kiri.
  3. Kemudian lambungkan bola ke atas agak ke belakang melebihi tinggi kepala.
  4. Lalu pada saat yang bersamaan, dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan.
  5. Perkenaan bola tepat pada tangan, dan telapak tangan menghadap ke arah bola.
  6. Pukulan bola dilakukan dengan tangan dalam keadaan terbuka dan rapat.
  7. Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.

C. Teknik dasar service mengapung (Floating overhand)

Service mengapung (Floating overhand) adalah dimana gerakan jalannya bola dari hasil pukulan servis itu tidak mengandung putaran (bola berjalan mengapung atau mengambang).

Cara melakukan service mengapung (Floating overhand) :
  1. Berdirilah menghadap lapangan.
  2. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan di samping setinggi pelipis
  3. Dengan tangan kiri bola dilambungkan sedikit ke samping kanan tidak terlalu tinggi
  4. Setelah bola melambung keatas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan pada bagian tengah bola
  5. Pukulan float dapat dilakukan dengan tumit tangan, dengan tangan, dimana ibu jari dilipat kedalam dan menempel pada telapak tangan, dengan tangan tergenggam

D. Teknik dasar Overhand round-house service

Overhand round-house service memiliki nama lain Hook Service. Service ini tergolong cukup sulit untuk dilakukan. Untuk melakukan service ini kalian harus memiliki ketepatan untuk memukul bola agar bisa melewati net dan bola harus berputar agar tidak menjadi floating serve.

Cara melakukan Overhand round-house service :
  1. Genggam bola di depan badan dengan tangan kiri.
  2. Lemparkan bola keatas dan berikan simpangan terjauh bagi tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sedikit.
  3. Pukul bola dengan ayunan melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

E. Teknik dasar jumping service

Jika kita melihat pemain bola voli professional banyak yang melakukan servis jumping karena memang terlihat lebih keren dan juga hasilnya sangat keras. Susah diterima oleh lawan dan kalaupun diterima dengan sukses maka hasilnya umpan tidak akan terlalu bagus terhadap toser. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk belajar melakukan servis jumping agar menghasilkan servis yang baik dan benar.

Cara melakukan jumping service :
  1. Berdiri di daerah servis alias di belakang garis lapangan.
  2. Kemudian pegang bola memakai dua tangan kemudian lambungkan bola dengan tinggi kurang lebih 3 meter di depan badan.
  3. Seusai itu ambil awalan untuk melompat kemudian perbuat lompatan dengan tinggi mungkin. Pukul bola dengan keras menghujam dengan melecutkan pergelangan tangan secepatnya sampai menghasilkan pukulan topspin semacam meperbuat smes.
  4. Usahakan bola yang dipukul bisa menyeberang lewat di atas net serta tak keluar dari lapangan lawan.

2. Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli

Setelah service berhasil dikuasai, maka teknik selanjutnya yang tak kalah penting adalah passing. Passing merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya dengan menggunakan teknik tertentu untuk merancang strategi penyerangan.

Dalam bermain bola voli, teknik passing yang tepat dan akurat sangat diperlukan agar bola dapat diarahkan ke pemain selanjutnya dengan baik, dan bisa melancarkan penyerangan yang menghasilkan poin. Secara umum, teknik passing dalam permainan bola voli ada 2 macam, yaitu passing atas, dan passing bawah.

A. Teknik Dasar Passing Atas

Passing atas adalah passing yang digunakan untuk menerima bola dengan posisi bola berada diatas kepala. Passing ini digunakan untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya untuk merancang strategi penyerangan.

Cara melakukan passing atas :
  1. Berdiri dengan sikap tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki sampai selebar bahu.
  2. Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan merendah dan dibungkukkan ke depan.
  3. Tumpu berat badan di ujung kaki bagian depan.
  4. Ketika bola datang, secepatnya tempatkan badan di bawah bola.
  5. Tangan diangkat dan lengan sedikit ditekuk, serta buka lebar jari-jari tangan dengan renggang sehingga membentuk seperti mangkuk.
  6. Ketika bola sudah sampai ke atas badan, dengan menekuk bagian siku atau pergelangan tangan, dan posisi tangan sedikit berada di atas dahi, lakukan perkenaan bola dengan baik, yaitu tepat di jari-jari tangan.
  7. Ketika bola menyentuh jari-jari, tegangkan jari supaya bola bisa memantul dengan baik, lalu dorong dengan menggerakkan pergelangan tangan untuk selanjutnya diikuti dengan meluruskan siku.
  8. Dalam mendorong bola, jari yang paling dominan untuk digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
  9. Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit dari tanah / lantai, menaikkan pinggul dan lutut, meluruskan kedua lengan, dan pandangan mengikuti ke arah gerakan bola.
B. Teknik Dasar Passing bawah

Passing bawah adalah passing yang digunakan untuk menerima bola dengan posisi bola lebih rendah dari dada. Passing ini digunakan untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya untuk merancang strategi penyerangan.

Cara melakukan passing atas :
  1. Berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  2. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan sehingga kedua ibu jari sejajar.
  3. Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas sampai setinggi bahu.
  4. Ketika bola tersentuh kedua lengan, luruskan lutut.
  5. Perkenaan bola yang baik tepat yaitu di atas pergelangan tangan.
  6. Ketika melakukan passing bawah ke arah depan, lengan diayunkan tidak lebih dari 90 derajat dengan bahu atau badan.

C. Teknik dasar passing bawah satu tangan

Teknik dasar passing bawah satu tangan adalah keadaan dimana jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melakukan passing atas. Hal ini biasanya terjadi saat pemain yang pertama menerima bola tidak sempurna dalam melakukan pengembalian bola.

Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit dibungkukkan, namun apabila dirasa tetap tidak bisa mencapai jangkauan pemain maka biasanya pemain akan nekad melompat terbang untuk menyelamatkan bola.

D. Teknik dasar passing bawah dua tangan

Teknik dasar passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat di depan pemain. Teknik ini biasa dilakukan saat menerima service dan smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan namun posisi bola terlalu rendah. Teknik dasar passing bawah dua tangan memiliki 2 macam metode yaitu The Dig dan Thumb Over Palm methode.

Teknik The Dig adalah di mana posisi tangan berada dalam posisi seperti menyendok dengan mengepalkan kedua tangan. Teknik The Dig adalah teknik yang sering digunakan untuk menerima service lawan karena dengan teknik ini kita dapat mengarahkan bola sesuai keinginan kita, namun teknik ini lebih sulit ketimbang teknik thumb over palm.

Pertama, Teknik The Dig adalah posisi tangan kanan menggenggam 4 jari tangan kiri dan ibu jari tangan kiri menindih ibu jari tangan kanan atau sebaliknya. The Dig adalah teknik yang sangat umum dipakai oleh para pemain voli, teknik The Dig juga sangat sering diajarkan pada murid oleh guru olahraga mereka, ini dikarenakan teknik The Dig lebih mudah di praktekkan dan The Dig dianggap memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi saat melakukan Passing daripada teknik Thumb Over Palm.

Kedua, Teknik thumb overpalm adalah di mana posisi tangan kiri mengepal dan tangan kanan menggenggam tangan kiri. Perlu anda ingat bahwa teknik ini adalah teknik penentu dalam permainan. Bila dalam melakukan Passing kalian tergolong cukup mahir kemungkinan kecil musuh dapat mencetak skor, begitu pula sebaliknya bila penerimaan kalian sangatlah kurang, maka setiap musuh melakukan serangan kemungkinan besar bola tidak bisa diterima dengan baik sangatlah tinggi dan dapat menambah skor musuh.

3. Teknik Dasar Blocking

Teknik Blocking Bola Voli – Blocking merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang sangat penting sebagai bentuk pertahanan tim. Karena dengan teknik blocking inilah tim dapat membendung serangan dari pemain lawan.

Pengertian block sendiri ialah suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh pemain bola voli untuk membendung serangan / smash yang dilancarkan oleh pemain lawan.

Untuk bisa melakukan teknik block dengan rapi dan tentunya berhasil menghalau serangan pemain lawan, maka diperlukan latihan yang rutin dan harus punya kemampuan yang terbilang keras.

A. Teknik Blocking Secara Umum

Cara melakukan blocking adalah sebagai berikut :
  1. Bergerak untuk memposisikan diri ke dekat net dan menghadap ke arah bola voli yang akan di-smasi oleh pemain lawan.
  2. Melakukan sikap siap untuk mem-block atau melakukan blocking akan bola yang di-smash oleh pemain lawan.
  3. Melakukan jumping atau meloncat dengan kedua kaki melakukan tolakan secara bersamaan, lalu menjangkau bola untuk dihadang atau dibendung dengan kedua tangan.
  4. Mendarat dan kembali ke sikap siap.
B. Teknik Block bola open

Berikut cara melakukan teknik block bola open:
  1. Bergeraklah mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi tangan berada di depan dada.
  2. Bersiaplah dengan merendahkan posisi badan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 100.
  3. Meloncatlah setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
C. Teknik  Block bola semi

Berikut cara melakukan teknik block bola semi:
  1. Bergeraklah mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi kedua tangan dinaikkan ke depan atas kepala.
  2. Sebelum meloncat, rendahkan posisi badan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 110.
  3. Meloncatlah setelah smasher lawan melakukan loncatan dengan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
D. Teknik  Block bola quick

Berikut cara melakukan teknik block bola semi:
  1. Bergeraklah mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi kedua tangan diluruskan.
  2. Sebelum meloncat, posisi tubuh direndahkan dengan menekuk lutut tidak terlalu dalam (sudut lutut 135).
  3. Meloncatlah bersamaan dengan smasher tim lawan dengan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah loncatan vertical.
Harus memperhatikan setiap gerakannya secara detail agar pertahanan tim bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk dibobol atau dijebol oleh tim lawan.

Macam blocking berdasarkan jumlah pemain

Dalam melakukan block atau bendungan ini, seorang pemain bisa melakukannya secara sendirian (block tunggal) ataupun melakukannya secara berkawan (block ganda). Berikut penjelasannya:

A. Teknik  Blocking Tunggal

Dalam melakukannya, ada 3 hal yang harus terus kamu perhatikan ketika hendak melakukan blocking, yaitu pada bola, posisi smasher dari tim lawan, dan pandangan mata smasher. Agar dapat menyesuaikan dengan arah datangnya smash, maka kita perlu melakukan langkah-langkah tertentu agar kaki kita tidak menyilang satu sama lain.

Maksudnya, supaya pemain dapat melompat ke atas dengan baik untuk melakukan blocking. Kalau saat itu pemain sedang di posisi mati, hal ini akan berakibat tidak bisanya pemain tersebut untuk melakukan tolakan ke atas.

Berikut ini tahapan dalam melakukan blocking secara tunggal:
  1. Melakukan langkah ke kiri atau kekanan.
  2. Meloncat ke atas dengan bertumpu pada kedua kaki.
  3. Menggerakkan lengan dan tangan agar dapat menguasai bola.
  4. Mendarat secara lentik dengan kedua kaki.
  5. Tolakan dilakukan sesaat setelah smasher melakukan tolakan ke atas. Hal ini berlaku kalau bola di-set up dekat dengan jaring. Kalau bola di-set up agak jauh dari jaring, maka saat tolakan agak sedikit diperlambat.
B. Teknik  Blocking Ganda

Secara umum, melakukan block ganda sama seperti melakukan block tunggal. Hanya saja, pelakunya adalah 2 atau 3 orang sekaligus. Yang paling penting dalam melakukan block ganda ini adalah harus adanya kerjasama yang baik atau kekompakan supaya tangan para pemain membentuk satu bidang yang luas.

Diharapkan juga, yang mem-block serangan lawan adalah pemain yang mempunyai postur yang tinggi dan memiliki kemampuan timing yang baik .

4. Teknik Dasar Smash atau Spike

Pengertian smash ialah pukulan utama dalam penyerangan yang merupakan upaya untuk mencapai kemenangan. Untuk dapat berhasil dengan baik dalam melancarkan smash, diperlukan lompatan dan jangkauan yang tinggi oleh pemain.

Smash akan tercapai dengan lebih mudah kalau pemain sudah menguasai teknik dasar permainan bola voli yang lainnya terlebih dahulu. Sebagaimana yang saya singgung di atas, maka akan lebih mudah kalau kamu sudah menguasai teknik passing terlebih dahulu. Karena smash merupakan sebuah teknik yang memiliki gerakan yang kompleks.

Cara Melakukan Smash adalah sebagai berikut :
  1. Langkah awalan
  2. Tolakan untuk melompat
  3. Memukul bola ketika melayang di udara
  4. Mendarat kembali setelah memukul bola
Adapun urutan atau langkah-langkahnya dalam melakukan smash adalah sebagai berikut:
  1. Mengambil langkah awalan sekitar 1 sampai 3 langkah.
  2. Langkah yang diambil merupakan langkah kaki yang lebar.
  3. Ketika mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang.
  4. Hentakkan kedua kaki bersusulan, lalu lompat.
  5. Kemudian lengan yang akan memukul mulai diayunkan ke depan, dan punggung menegang ke belakang.
  6. Pukul bola dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola.
  7. Sementara pergelangan tangan mesti longgar.
Dari langkah-langkah tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa smash adalah pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan butuh skill yang baik untuk mencetak angka.

Untuk menjadi seorang smasher yang handal, dibutuhkan kegesitan dan kepandaian dalam melompat, serta memiliki kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

A. Smash menurut set-up atau umpannya

Open Smash, dilakukan apabila pemukul bola melakukan gerakan awal setelah pengumpan melepaskan bola umpan. Bola dipukul saat berada di puncak loncatan dan jangkauan tertinggi dari lengan.

Semi Smash, Pemukul berjalan perlahan menuju arah jatuhnya bola dengan langkah perlahan. Ketika bola berada di ketinggian kira kira 1 meter di atas net, maka pemain harus secepatnya mengambil loncatan dan memukul bola.

Quick Smash, Begitu bola sampai pada pengumpan maka pemukul harus secepatnya mengambil langkah smash. Saat berada kira kira 1 jangkauan lengan dengan bola, pemukul megambil loncatan dengan tangan siap melakukan pukulan. Pengumpan memberikan bola tepat didepan pemukul, lakukan pukulan secepatnya.

Push Smash Pemukul sebelum melakukan smash berlari keluar lapangan berdiri didekat tiang net. Pemukul melakukan gerakan awalan dengan arah paralel pada net bila ketinggian bola sudah dirasa pas pemukul harus segera melompat dan memukul bola.

B. Teknik Smash menurut kurva bola

Drive Smash, adalah pukulan bola yang mengarahkan bola dengan kurva yang panjang dan mengarah ke luar net. Smash ini dilakukan dengan telapak tangan membentuk sendok, lecutan tangan diputar berlawanan arah jarum jam, sasaran pukulan pada bola adalah bagian belakang kearah bagian depan.

Top Spin Smash, adalah pukulan bola yang dilakukan untuk mendapat putaran yang menukik tajam ke area lawan. Pada gerakan ini yang terpenting adalah ke luwesan gerakan pergelangan dan kerasnya pukulan.

Lob Smash, adalah pukulan smash yang mementingkan putaran bola ketimbang kecepatan bola. Lob Smash dilakukan dengan memoles bola hingga berputar agar bola tidak terjatuh keluar garis lapangan. Bola Lob biasa digunakan bila permainan di daerah tim telah mati dan terpaksa memberikan bola kepada lawan.

C. Teknik Smash menurut Awalannya

Smash tanpa awalan, adalah saat dimana posisi pemukul telah berada di dekat net sejak awal dan bersiap melakukan loncatan. Jadi teknik ini biasa digunakan sebagai taktik pengecoh jika dilakukan bersama sama, sehingga musuh bingung siapa yang akan melakukan smash.

Smash dengan awalan, adalah smash pada umumnya. Teknik ini sangat sering digunakan, karena dengan awalan kita bisa mendapat kekuatan powerfull.

Smash dengan 1 kaki, adalah posisi pemain saat melakukan lompatan adalah satu kaki di depan dan satu kaki di belakang atau tidak sejajar sehingga lompatan pemukul terdorong kedepan.

Smash dengan 2 kaki, adalah posisi pemukul saat akan melakukan lompatan dengan dua kaki sejajar seperti pada umumnya.

Baca juga : Posisi Pemain Bola Voli Beserta Gambarnya

Menjadi sorang pemain amatir yang menuju profesional butuh latihan dan kerja keras sehingga kita bisa memiliki skill yang diakui oleh masyarakat. Namun semua itu diawali dengan teknik yang dasar, baru mempelajari lebih dalam. Jangan cepat bosan dalam menjalani latihan teknik dasar bola voli ini, karena dengan dasar yang bagus kita bisa membuat teknik lanjutan yang bagus pula, pemain profesional pun tetap melakukan latihan dasar meski sudah sangat mahir.
&
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar