--> Skip to main content
10 Teknik Dasar Sepak Bola Beseta Penjelasanya Lengkap
Penulis Choirul Umam

10 Teknik Dasar Sepak Bola Beseta Penjelasanya Lengkap

Konten [Tampil]

Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola, tidak perlu diragukan bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang di dunia, bahkan sudah disebut sebagai yang terpopuler di Indonesia. Hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masing-masing.

Namun, negara-negara di Eropa telah menjadi kerajaan bagi sepak bola, di mana setiap pemain sepak bola ingin bermain di sana. Bahkan tim-tim besar Eropa seperti Barcelona, Manchester United, Juventus dan tim besar lainnya memiliki fan based yang masif dan fanatik di seluruh dunia.
Kini sepak bola telah membudaya di masyarakat. Hal ini dapat dilihat fanatisme pendukung terhadap tim sepak bola yang mereka kagumi, serta euforia yang sudah terbentuk seperti mengharuskan seseorang untuk bisa bermain sepak bola.

Permainan sepak bola membutuhkan beragam keterampilan yang perlu dipelajari pemain pemula. Ada beberapa teknik dasar sepak bola untuk pemula. Apa saja?Selain memiliki sejumlah kemampuan atletik untuk dapat berlari, mengubah arah, dan mempertahankan keseimbangan, pemain membutuhkan keterampilan khusus untuk menjalankan permainan.

Setiap orang mungkin telah banyak mendengar tentang macam-macam teknik dasar sepak bola, termasuk 5 teknik ini, tetapi tantangan sebenarnya adalah menguasainya. Setelah teknik dasar ini dikuasai, kamu dapat bermain dengan menggabungkan komunikasi dan kerja tim di lapangan.
Pastinya, tujuan teknik dasar sepakbola yakni untuk menciptakan gol sebanyak-banyaknya.
Berikut teknik dasar sepak bola untuk pemuka dan penjelasannya dari berbagai sumber.

Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola dalam sepakbola sangat penting. Hal ini memungkinkan pemain untuk tetap memiliki bola sambil bergerak ke arah ujung lapangan lawan atau untuk membuat ruang agar bisa menembakkan bola dan membuat umpan.

Disarankan agar para pemain berlatih menggiring bola sebanyak mungkin. Semakin banyak berlatih, maka akan semakin baik jadinya. Berikut adalah beberapa latihan untuk meningkatkan dribblinga.

1. Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Dalam dribbling dikenal teknik speed dribbling di mana kamu berlari, membuang bola ke depan, dan mengejarnya. Selain itu, ada pula closed dribbling. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan saksama, dan dapat dilakukan ketika kamu sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.

Cara berlatih : Tempatkan 10 cones (kerucut) secara berjajar di area latihan dengan diberi jarak setengah meter, giring bola di antara cones menggunakan semua permukaan kaki , gunakan sentuhan cepat untuk memandu bola di sekitar cones dalam pola berliku yang terkontrol.

2. Menggiring dengan Punggung Kaki

  • Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan tahapan:
  • Pandangan mata lurus ke depan.
  • Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola.
  • Dorong bola dengan punggung kaki kamu.Lakukan beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.
Cara berlatih : Bariskan 6 hingga 10 kerucut secara terpisah dengan jarak 5 meter, giring bola di antara cones dengan berliku, menggunakan punggung kaki hingga selesai melewati ujung cones yang sudah dijajarkan.

3. Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

  • Teknik menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara:
  • Pandangan lurus ke depan.
  • Putar pergelangan kaki ke luar.
  • Kemudian mulai dorong bola dengan kaki bagian luar.
  • Lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kakimu.

4. Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

Teknik terakhir, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolanya.

Cara berlatih : Bariskan 6 hingga 10 kerucut secara terpisah dengan jarak 5 meter, giring bola di antara cones dengan berliku, menggunakan pertama menggunakan bagian dalam kaki hingga selesai melewati ujung cones yang sudah dijajarkan, kemudian ganti menggunakan kaki bagian luar.

Teknik Dasar Menendang Bola (Shooting)

Teknik selanjutnya yang kamu perlu kuasai adalah teknik menendang. Teknik ini berguna untuk membobol gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah ini.
Kamu bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketiga teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola.

Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan.

Cara berlatih : Belajar menembak dalam sepak bola adalah salah satu keterampilan paling penting yang dibutuhkan pemain. Dua keterampilan terpenting saat menembak adalah kekuatan dan akurasi.Pemain harus berlatih keduanya dan harus bisa menendang bola dengan kaki kanan maupun kirinya.

Kali ini targetnya adalah gawang sebenarnya, dengan bantuan satu pemain di luar area penalti sebagai pengumpan dan pemain bertahan lawan atau bisa menggunakan cone. Hal ini sebagai tanda pemain lawan yang sedang menjaganya, pemain lain yang akan menembak berlari ke sisi gawang untuk menerima umpan melewati pemain lawan, kontrol bola untuk mengambil langkah kemudian menembaknya ke arah sudut gawang.

Penembak harus mempunyai kerja sama yang baik dengan pemain dalam tim dan melakukan tembakan yang keras serta akurasi yang tepat.

Teknik Dasar Mengoper Bola (Passing)

Teknik ini akan lebih berguna dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Kamu tidak sendiri dalam bermain bola, kamu memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper) yang siap untuk membantu satu sama lain.

Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.

Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper.

Cara berlatih : Umpan-umpan yang baik dalam tim sepak bola mampu mempertahankan bola dalam kendali permainan tim dan menjadikannya sebuah serangan ke pertahanan tim lawan.
Dalam banyak hal, passing sama pentingnya dengan menembakkan bola untuk mencetak gol. Ada berbagai jenis operan dalam sepak bola dan penting untuk melatihnya. Berikut adalah dua latihan untuk mempelajari berbagai jenis operan.

Passing Bolak-balik dengan 3 Pemain

Posisikan 3 pemain sekitar 10 meter, secara sejajar. Pemain di tengah akan menerima umpan dari satu pemain dan meneruskannya kembali ke pemain selanjutnya, terus ulangi passing tersebut ke pemain tengah ke pemain lain, lanjutkan selama beberapa menit dan beralih posisi.

Cone Game

Pemain berpasangan dan berdiri saling berhadapan dengan membuat lingkaranmengelilingi 6 atau 8 kerucut di tengah lingkaran sebagai target, cobalah untuk menjatuhkan kerucut dengan umpan akurat.

Teknik Dasar Menghentikan Bola

Setelah mempelajari tiga teknik dasar di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu. Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung.

1. Menghentikan Bola dengan Kaki

Caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan musuh.

2. Menghentikan Bola dengan Dada

Kemudian, untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

3. Menghentikan Bola dengan Paha

Selanjutnya, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya, namun ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depanmu.

Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

Teknik ini akan kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola.

Kemudian gunakan lah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Teknik Dasar Merebut Bola (Intercepting)

Teknik dasar ini juga bisa disebut dengan intercepting. Teknik ini akan kamu gunakan ketika ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan itu, kamu perlu membaca pergerakan lawan.
Atau kamu juga bisa menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, rebut lah bolanya, bukan kakinya. Bisa-bisa kamu kena kartu kuning, bahkan merah. Maka dari itu kamu perlu pintar dalam membaca pergerakan lawan.

Teknik Dasar Menyapu Bola

Teknik berikut ini juga merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena berisiko besar, kamu bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut.

Untuk melakukannya, kamu perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh, kemudian jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

Teknik Dasar Lemparan ke Dalam

Teknik ini akan kamu gunakna ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar dari sisi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu melempar bola dengan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepala.

Dalam melakukan leparan ke dalam, kamu juga bisa menjinjitkan kakimu agar lemparan lebih bertenaga dan teman satu tim bisa mendapatkan bola tersebut.

Teknik Dasar Menangkap Bola (Goalkeeping)

Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.

Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

Teknik Dasar Juggling Bola

Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh di lapangan.

Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan teknik ini adalah, pertama fokuskan pandangan ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat. Tetap fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.

Itulah 10 teknik dasar sepak bola yang perlu kamu latih hingga mahir bermain bola. Tentunya jangan pernah lupakan teknik dasar, karena hal ini lah yang akan terus terpakai ketika kamu bermain bola, selain itu juga merupakan pondasi bagi kamu agar menjadi pemain sepak bola yang hebat.
&
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar