--> Skip to main content
5 Tujuan Teks Negosiasi dan Penjelasanya
Penulis Choirul Umam

5 Tujuan Teks Negosiasi dan Penjelasanya

Konten [Tampil]

Tujuan Teks Negosiasi dan Penjelasanya

Tujuan Teks Negosiasi dan Penjelasanya

Pengertian Teks Negosiasi

Apa yang dimaksud dengan negosiasi? Pengertian Negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegosiasi. Orang yang melakukan kegiatan negosiasi disebut dengan negosiator.

Menurut kamus Oxford, arti negosiasi adalah suatu cara yang dilakukan dalam upaya mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. Negosiasi dilakukan oleh dua pihak atau lebih dimana masing-masing pihak memiliki pendapat/ tujuan berbeda dan terjadi proses tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan.

Kegiatan negosiasi digunakan di berbagai bidang kehidupan, dan biasanya menyangkut permasalahan banyak orang. Misalnya dalam dunia bisnis dan organisasi, aktivitas pada kedua bidang ini tidak pernah lepas dari proses negosiasi.

Secara Etimologi, kata negosiasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “to negotiate” dan “to be negotiating” yang artinya membicarakan, merundingkan, atau menawar. Kata tersebut kemudian memiliki turunan lain yaitu “negotiation” yang artinya menjelaskan aktivitas membicarakan atau merundingkan sesuatu dengan pihak lain untuk mencapai kesepakatan.

Tujuan Teks Negosiasi

Berikut ini beberapa versi mengenai tujuan teks negosisasi, dan kamu bisa memilih salah satu dari beberapa versi dibawah ini, pada dasarnya semua versi dibawah memilikin artian dan maksud yang sama.

Versi 1
  1. Berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dengan pihak yang lain (kelompok atau organisasi) lain dalam suatu proses tawar menawar.
  2. Untuk mengatasi atau menyesuaikan perbedaan.
  3. Untuk memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan).
  4. Untuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan pendapat.
  5. Untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak dalam melakukan transaksi.

Versi 2
  1. Terciptanya suatu jalinan kerjasama antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai tujuan masing-masing.
  2. Adanya saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.
  3. Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.
  4. Terciptanya suatu interaksi yang positif antara pihak-pihak yang bernegosiasi sehingga jalinan kerjasama akan menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang.

Versi 3
  1. Mencapai kesepakatan yang dapat menguntungkan seluruh pihak yang bernegosiasi
  2. Menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh pihak-pihak yang bernegosiasi
  3. Menemukan solusi dari pemasalahan yang sedang dihadapi tersebut
  4. Mencapai situasi yang saling menguntungkan seluruh pihak yang melakukan negosiasi sehingga seluruh pihak mendapatkan manfaat.

Versi 4
  1. Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  2. Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
  3. Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win-win solution).
Referensi Artikel
&
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar