Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi Work 100%

Diartikel kali ini saya akan membagikan sebuah informasi seputar UBL pada smartphone Xiaomi. Jika Anda ingin melakukan hal-hal yang sifatnya merubah sistem tentunya harus melakukan unlock bootloader terlebih dahulu.

Tentunya ada beberapa perubahan yang terjadi dari tahun yang lalu mengenai unlock bootloader ini dimana sekarang tidak perlu lagi request UBL terlebih dahulu. Namun jika akun MI Anda terdeteksi akun baru maka Anda akan diperintahkan untuk menunggu beberapa jam sebelum melakukan UBL.

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi Work 100%

Apa itu Unlock Bootloader

Unlock bootloader adalah dimana posisi bootloader dikunci sehingga penggunanya tidak dapat mengubah sistem atau hal apapun di smartphone tersebut. Biasanya orang-orang yang ingin melakukan unlock bootloader itu ingin melakukan perubahan sistem seperti memasang TWRP atau memasang Custom ROM.

Dengan melakukan hal ini juga keamanan dari smartphone Anda tidak terjamin dimana sistem Anda akan mudah dibuka kapan saja walaupun Akun MI terkunci. Karena siapapun pengguna smartphone ini akan mudah mengakses smartphone Anda jika smartphone sudah dalam kondisi unlock bootloader.

Unlock Bootloader Xiaomi

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda sudah membuka kunci bootloader pada smartphone Anda. Kalau menurut saya sendiri ada beberapa kelebihan yang memang saya butuhkan dan untuk kekurangannya tidak terlalu fatal untuk saya.

Kelebihan Unlock Bootloader

  • Bisa memasang Google Camera.
  • Dapat memasang TWRP atau Team Win Recovery Project.
  • Bisa menginstal Custom ROM atau Firmware dengan mudah.
  • Bisa juga meningkatkan performa smartphone dengan menggunakan Tweak, Modul Xposed dan lainnya.
  • Anda bisa mendapatkan akses Root juga.

Kekurangan Unlock Bootloader

  • Garansi pada smartphone akan menghilang.
  • Keamanan smartphone lebih rentan namun menurut saya tidak terlalu menonjol.
  • Mungkin ada beberapa device yang tidak dapat menerima update sistem MIUI lagi.

Untuk melakukan unlock bootloader juga sudah dipermudah sekarang ini dimana dulu Anda harus melakukan request UBL terlebih dahulu dan menunggu konfirmasi izin UBL.

Baca Juga : Cara Install TWRP Xiaomi + Proses Root

Namun sekarang ini sudah ada perubahan peraturan dalam hal UBL dimana peraturan request UBL sudah tidak berlaku lagi. Anda langsung dapat menggunakan software Mi Unlock Tool bila ingin melakukan unlock bootloader namun beberapa device dan akun MI akan diberi persyaratan waktu.

Daftar Smartphone Xiaomi yang Bisa Unblock Bootloader

Sekarang coba Anda cek terlebih dahulu apakah device Xiaomi Anda dapat melakukan unlock bootloader. Berikut ini daftar smartphone Xiaomi yang dapat melakukan unlock bootloader.

DeviceCodename
MI 4iFerrari
MI 4cLibra
MI 4sAqua
MI 5Gemini
MI NoteVirgo
MI Note ProLeo
MI Note 2Scorpio
MI Note 3Jason
MI MaxHydrogen
MI Max ProHelium
MI Max 2Oxygen
MI Max 3Nitrogen
MI MixLithium
MI Mix 2Chiron
MI Mix 2SPolaris
MI Mix 3Perseus
MI 5sCapricorn
MI 5s PlusNatrium
MI 6Sagit
MI 6XWayne
MI 8Dipper
MI 8 SESirius
MI 8 ProEquuleus
MI 8 LitePlatina
MI 5XTiffany
MI 5CSong/Meri
MI A1Tissot
MI A2Jasmine
MI A2 LiteDaisy
MI PadMocha
MI Pad 2Latte
MI Pad 3Capu
MI PlayLotus
BlacksharkNile
Redmi 3Lido
Redmi 3S/XLand
Redmi Note 3 MTKHennesy
Redmi Note 3 QualqommKenzo
Redmi Note 3 SpecialKate
Redmi Note 4Nikel
Redmi Note 4XMido
Redmi 4ARolex
Redmi 4XSantoni
Redmi 4Prada
Redmi 4 ProMarkw
Redmi 5Rosy
Redmi Note 5AUgg
Redmi Note 5/5 PlusVince
Redmi Note 5 ProWhyred
Redmi 6Cereus
Redmi 6ACactus
Redmi 6 ProSakura
Redmi S2/Y2YSL
Redmi Note 6 ProTulip
Redmi Note 7Lavender
Redmi Note 7 ProViolet
Pocophone F1Berylium

Syarat dan Ketentuan Melakukan Unblock Bootloader

Untuk melakukan unlock bootloader Anda harus mengikuti beberapa syarat agar tutorial ini berhasil dilakukan di Device Anda. Disini saya menggunakan device Xiaomi Redmi 5A & Xiaomi Mi 8 Lite. Berikut ini syarat agar smartphone Anda berhasil di unlock bootloader.

  • Anda harus sudah mempunya akun MI dan sudah login di device Anda, jika belum baca Cara Membuat Akun MI dengan cepat.
  • Siapkan PC/laptop yang minimal menggunakan Windows 7 64-bit dan siapkan juga kabel USB ( Direkomendasikan kabel USB Original ).

Bahan yang dibutuhkan

Setelah Anda sudah mengikuti kedua persyaratan tersebut, sekarang Anda dapat mendownload software untuk melakukan unlock bootloader dibawah ini.

Mi Unlock ToolsDownload
ADB DriverDownload

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

  1. Pertama pastikan Anda sudah mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu jika belum, baca artikel Cara Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi.
  2. Setelah itu lakukan Binding Account di Opsi Pengembang lalu Status Mi Unlock, kemudian klik Tambah akun dan perangkat. Bila berhasil akan muncul notifikasi “Berhasil ditambahkan. Akun MI tertaut dengan perangkat ini sekarang“.
  3. Kemudian aktifkan juga OEM Unlock yang ada pada Opsi Pengembang.
  4. Selanjutnya extrack terlebih dahulu ADB Driver dan Mi Unlock Tools lalu instal Drivernya.
  5. Lalu buka folder Mi Unlock Tools, jalankan miflash_unlock.exe dengan klik kanan lalu klik Run as Administrator.
  6. Langkah selanjutnya adalah izinkan disclaimer dari software Mi Unlock lalu masukan akun MI yang login pada smartphone Xiaomi Anda.
  7. Kemudian matikan smartphone Xiaomi Anda dan tekan tombol volume bawah + power secara bersaman untuk masuk ke mode fastboot. Lalu hubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB.
  8. Selanjutnya jika status di Mi Unlock sudah menjadi Phone Connected, sekarang Anda bisa klik Unlock lalu tunggu 5 detik dan klik Unlock Anyway.
  9. Tunggu proses unlock bootloader sampai selesai dan tidak memakan waktu yang lama.
  10. Biasanya ada beberapa akun yang akan mengalami masalah “Couldn’t unlock. After 72 hours of trying to unlock the device” itu artinya Anda harus menunggu 3 hari hingga dapat melakukan unlock bootloader.
  11. Jika muncul notifikasi Unlocked successfully itu tandanya smartphone Anda sudah berhasil di unlock bootloader. Sekarang Anda bisa klik Reboot phone.

Setelah smartphone Anda berhasil di unlock bootloader, nantinya pada boot pertama akan muncul status Unlocked dibawah logo MI.

Begitulah cara termudah untuk melakukan unlock bootloader pada seluruh tipe device Xiaomi yang salah satunya Anda gunakan mulai dari seri Mi, Redmi dan yang lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pengguna Xiaomi.

Tinggalkan komentar