Posisi Pemain Bola Voli Beserta Gambarnya

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain bola Voli – Perlu kamu ketahui bahwa Permainan bola voli adalah sebuah pertandingan yang awalnya tercipta oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Kala itu sebelum berubah nama menjadi Bola Voli adalah minitonette. Dalam sebuah Permainan bola voli, kita hanya bisa memainkan 6 orang saja dengan posisi yang berbeda-beda.

Posisi pemain di dalam sebuah pertandigan voli ball adalah sebuah penempatan untuk para pemain yang bermain dan tidak bermain di lapangan.

Posisi dalam Pemain Bola Voli sangat penting, oleh karena itu setiap pemain bola voli harus mengetahuinya agar permainan bisa berjalan dengan baik.

Lalu, apa saja posisi dalam permainan bola voli?

Yuk, simak ulasan berikut ini.

Macam-Macam Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli
Ada 5 macam posisi yaitu :
  • Servis/Server
  • Spiker/Smasher
  • Blocker
  • Set-upper/Tosser
  • Libero/Defender

Baca juga : Teknik Dasar Bola Voli

Berikut adalah penjelasan beberapa posisi yang perlu kamu ketahui jika ingin menjadi seorang pemain profesional :

1. Servis/Server

Posisi Pemain Bola Voli

Server adalah posisi yang tugas utamanya ialah untuk melakukan servis berada pada posisi bola sudah keluar atau permainan baru akan dimainkan.

Untuk melakukan servis, seorang pemain harus bisa menguasai teknik dasar bola voli terlebih dahulu agar service yang dilakukan bisa membuahkan hasil.

2. Spiker/Smasher

Smash

Spiker adalah posisi  yang tugas utamanya adalah untuk mencetak angaka atau memecah pertahanan lawan serta melakukan blocking saat lawan menyerang.

3. Blocker

Blocker

Blocker adalah posisi yang boleh melakukan smash dan block didalam garis serangan. Namun tugas utamanya adalah untuk memblock serangan lawan saat menyerang.

4. Set-upper/Tosser

Tosser
Setter adalah posisi yang bertugas sebagai pengatur dan pengumpan bola yaitu sebagai motor serangan dan sebagai otak permainan sebuah tim. Setter juga merupakan posisi yang diperbolehkan melakukan blocking.

5. Libero/Defender

Libero

Libero adalah posisi pemain bola voli yang hanya khusus di belakang disebut defender. Fungsi utamanya adalah untuk menahan bola hasil serangan lawan.

Seorang libero merupakan pemain yang bebas keluar masuk lapangan, karena itulah tim bola voli sering kali memaksimalkan kinerja libero demi mencapai kemenangan.

Tinggalkan komentar