--> Skip to main content
Teknik Dasar Panahan dan Panduan Memanah
Penulis Duniaawam

Teknik Dasar Panahan dan Panduan Memanah

Konten [Tampil]
Teknik Dasar Panahan dan Panduan Memanah

Teknik dasar panahan - Olahraga panahan adalah salah satu cabang yang paling disenangi di dunia. Jenis olahraga ini mampu memikat minat masyarakat karena cara penggunaanya yang terbilang unik jika dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Namun tidak semua orang mampu menguasai teknik dasar memanah. Dimana hal ini menjadi elemen penting mengingat untuk memanah membutuhkan teknik tinggi. Baca juga : Teknik dasar permainan Sepak bola.

Karena jika salah dan meleset bisa berdampak buruk, apalagi kalau sampai meleset pasti dapat membahayakan orang lain.

Untuk itulah kita perlu mempelajari teknik dasar memanah horsebow supaya skill dan teknik memanah kita bisa meningkat dan terhindar dari salah sasaran.

Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Teknik Dasar Memanah

Memanah itu tidak asal-asalan, jadi ada beberapa teknik khusus yang harus dikuasai. Dan berikut ini adalah beberapa teknik dasar panahan yang harus dikuasai.

1. Sikap Berdiri Seimbang (Stance)

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mampu untuk berdiri seimbang atau square stance. Dimana jenis stance ini adalah yang paling mudah dan akurat serta cocok sekali untuk pemula.

Terlebih lagi jika menggunakan square stance ini konsentrasi dalam membidik target yang hendak dipanah akan semakin akurat.

2. Memasang Anak Panah (Nocking the Arrow)

Selanjutnya adalah memasang anak panah. Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan nock ke string, dimana jika tidak dipasang dengan baik akan mengurangi tingkat akurasi. Tetapi untuk para pemula tidak usah terlalu memikirkannya karena yang utamanya adalah mempelajari terlebih dahulu tekniknya.

Ingat ya dalam pemasangannya jangan sampai terlalu longgar karena bisa menyebabkan nocknya lepas dari string dan bisa membahayakan.

3. Pegang Bow Panahan

Untuk memegang bow usahakan tekanan busur dipusatkan pada bagian bawah ibu jari dengan diikuti jari-jarinya membentuk sudut 45 derajat. Jangan lupa juga perhatikan posisi lengan apakah seperti mengepal atau tidak. Jika sudah nyaman dan bagus maka tingkatkan lagi dan jika belum harus banyak belajar lagi ya.

4. Mengangkat Anak Panah (Extend)

Perhatikan posisi lengan jangan sampai tegang atau terlalu kencang dalam menarik anak panah. Usahakan rileks dan tidak usah tegang ya. Untuk menarik tali gunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.

5. Menarik String atau tali busur (Drawing)

Langkah selanjutnya adalah menarik string atau tali busur. Usahakan kalian menarik tali sampai menyentuh dagu, bibir atau hidung. Karena itulah posisi yang paling baik dan benar.

Setelah sampai pada salah satu tiga titik tersebut usahakan untuk mempertahakan posisi tubuh saat memegang bow. Jangan sampai bengkok ya jadi harus lurus ke arah tujuan.

6. Sejajarkan Lengan (Anchoring)

Anchoring adalah sebuah posisi mensejajarkan lengan dengan bow agar arahnya bisa lurus. Usahakan juga untuk menempelkan lengan dengan anchor point.

Supaya anchor point ini bisa dilakukan secara berulang kalian harus mempunyai titik referensi jadi nanti tidak bingung saat hendak memanah.

7. Tahan Sikap Panahan (tighten)

Setelah proses penjangkaran atau anchoring kita harus bisa menahan sikap panahan. Tujuannya adalah untuk menganalisa agar anak panah tidak goyang atau berubah arah.

8. Membidik Sasaran (Aim)

Pembidikan dalam panahan ini wajib sekali dikuasai, tetapi yang perlu diingat jangan terlalu fokus membidik sampai-sampai posisi berubah. Karena jika sampai itu terjadi maka arah anak panah akan berubah meskipun bidikan kita diarasa sudah tepat.

Untuk membidik juga jangan terlalu lama karena bisa mengakibatkan otot terbebani yang bisa mengakibatkan cedera.

9. Melepas String (Release)

Saat hendak melepaskan string usahakan kecepatannya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Jadi usahakan untuk menyesuaikan dan jangan lupa lemaskan otot jari yang memegang sting ya jangan sampai gak dipelas hihi.

10. Gerakan lanjutan (follow-through)

Follow through atau gerakan lanjutan adalah proses setelah kita melepaskan string menuju sasaran. Disini usahakan gerakan lengan dibuat senatural mungkin dan tetap rileks.

Kesimpulan

Sebenarnya teknik dasar panahan ini tidak terlalu sulit dikuasai apabila kita rajin berlatih dan mempunyai tekad yang kuat untuk terus belajar. Ada pepatah mengatakan bisa karena terbiasa. Nah, jadi kunci sukses kalian tergantung dari niat dan usaha kalian.

Beberapa teknik dasar memanah diatas adalah yang sering dilakukan banyak orang dan termasuk mudah untuk pemula. So, kalian harus lebih giat lagi ya, tetap semangat.
author-photo
Seseorang yang ingin sukses. Bayangin aja dulu kenyataannya belakang.
&
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar