--> Skip to main content
Cara Bayar di Indomaret & Alfamart Pakai OVO (Mudah & Cepat)
Penulis Duniaawam

Cara Bayar di Indomaret & Alfamart Pakai OVO (Mudah & Cepat)

Konten [Tampil]
Cara Bayar Indomaret & Alfamart Pakai OVO

Indomaret & Alfamart bayar pakai OVO  - Seperti yang kita ketahui OVO adalah salah satu layanan dompet digital paling populer saat ini. Masyarakat kini mulai beralih dari uang cash ke digital money supaya lebih mudah saat bertransaksi. 

Kepuasan ini sering kali saya dapatkan saat belanja di Alfamart pakai OVO. Mudahnya, kita tidak perlu mengeluarkan dompet, kita tinggal minta kasir untuk mengurus pembayarannya. Sangat simple bukan?

Selain lewat Alfamart, saya juga biasa belanja di Indomaret pakai OVO loh. Caranya juga tidak berbeda jauh, malahan sama saja, yang membedakan hanya waktu & tempat.

Bagaimana Cara Belanja Pakai OVO di Alfamart & Indomaret?

Untuk belanja pakai OVO di Indomaret & Alfamart kita bisa menggunakan 3 metode, diantaranya Scan QR Code, Scan Barcode dan lewat nomor telepon.

Beberapa metode tersebut hingga saat ini smasih berlaku. Namun biasanya saya menggunakan metode pertama karena proses bayar pakai ovo di Alfamart dan Indomaret yang satu ini sangat cepat dan praktis. 

Keuntungan dan Kekurangan OVO Payments

Lalu apa saja keuntungan belanja di Alfamart & Indomaret bayar pake OVO? Berikut ini adalah pembahasannya, silahkan simak dengan baik.

Keunggulan OVO

  • Bisa mendapatkan poin OVO. Kalau kamu sering melakukan transaksi dengan menggunakan Ovo maka kamu tahu kalau bisa mendapatkan poinnya. OVO points biasa  kita dapatkan jika telah membeli sesuatu dari beberapa aplikasi atau Indomaret maupun Alfamart.
  • Ada banyak promonya. OVO memang selalu memperbaharui ketika ada promo yang terbaru. Biasanya promo ini bisa kamu lihat pemberitahuan pada aplikasi OVO. Indomaret & Alfamart bisa bayar pake OVO saja jadi lebih hemat biaya karena pake promo.
  • Kerjasama dengan berbagai merchant. Kalau mau tahu ada banyak sekali merchat dari OVO ini. Mulai dari tri, matahari, Hypermart dan masih banyak merchat lainnya.
  • Proses pembayaran cepat. Jika kita menggunakan layanan dari OVO, jangan khawatir soal cepat atau lambatnya proses pembayaran. Karena menggunakan sistem terkini otomatis dong pembayarannya sangat cepat jadi kita tidak usah ragu deh.
  • Ukuran Aplikasi Kecil. Beberapa metode pembayaran menyediakan aplikasi dengan ukuran besar. Namun, hal ini tidak berlaku untuk OVO. Karena kita dapat mengunduh aplikasinya sebesar 13 MB melalui Play Store.

Kekurangan OVO 

  • Sering ada gangguan. Semua layanan tentu tidak akan berjalan dengan mulus, pasti ada saja gangguan entah itu karena sinyal, atau ada error sistem.
  • Harus menggunakan nomor ponsel. Berbeda dengan bank, saat menggunakan dompet digital seperti OVO kita memerlukan nomor sebagai validasi akun. Nantinya, nomor tersebut akan kita gunakan sebagai nomor rekening.
  • Tidak dapat ditarik tunai. Dompet tunai seperti ini ternyata tidak bisa menarik uang tunai, sehingga kita hanya bisa menggunakannya melalui online saja. 
  • Harus Upgrade ke OVO Premium. Untuk melakukan berbagai transaksi kita harus menggunakan versi premiumnya dengan cara validasi dengan beberapa syarat tertentu.

Syarat Belanja Pakai OVO

  • Harus mempunyai saldo. Hanya dengan menggunakan saldo OVO cash saja maka kamu bisa belanja sepuasnya. Lagi pula transaksi ini akan langsung terhitung oleh mesin EDC OVO.
  • Harus memiliki akun yang terdaftar. Sebagai seorang pengguna OVO pastinya kamu harus menggunakannya untuk melakukan beberapa pembayaran. Biasanya untuk membuat akun OVO terbilang mudah karena cukup ikuti saja apa saja langkahnya.
  • Harus memiliki nomor OVO. Nah, maksudnya adalah nomor yang kamu gunakan pada saat mendaftar akun OVO. Biasanya nomor inilah yang akan kita gunakan ketika melakukan transaksi pembayaran.
  • Sudah upgrade ke OVO premium. Salah satu syarat yang harus terpenuhi jika ingin melakukan transaksi menggunakan layanan ini adalah harus mempunyai akun premium. Tapi tenang, karena ini hanya berlaku untuk beberapa kriteria tertentu saja.

Cara Bayar Indomaret Pakai OVO

  1. Silahkan masuk ke aplikasi OVO.
  2. Kemudian pilih menu Scan.
  3. Lalu silahkan pindai QR Code pada kasir Indomaret.
  4. Setelah itu akan muncul jumlah pembayaran.
  5. Selanjutnya bayar jumlah tersebut lewat akun OVO dan konfirmasi kepada kasir Indomaret kita telah melakukan pembayaran.

Cara Bayar Alfamart Pakai OVO

  1. Buka Aplikasi OVO lewat Smartphone.
  2. Silahkan pilih menu Scan.
  3. Lalu akan muncul Barcode dan berikan ke kasir Alfamart.
  4. Tunggu kasir Alfamart melakukan Scan Barcode.
  5. Kemudian segera bayar jumlah tersebut lewat OVO.
  6. Masukan password dan klik bayar sekarang.
  7. Tunggu hingga proses pembayaran masuk.
  8. Selesai.

Selain kedua cara tersebut, kita masih bisa menggunakan nomor telepon. Caranya cukup mudah tinggal bilang saja ingin bayar pakai OVO. Kemudian kasir akan meminta nomor HP kemudian memproses validasi pembayaran.

Kesimpulan

Layanan ini bisa kita gunakan dalam keadaan apapun. Kita tidak perlu membawa dompet karena bisa belanja di Alfa pakai OVO. Hal ini juga berlaku untuk Indomaret sehingga sangat fleksibel ketika melakukan pembayaran.

Demikian pembahasan tentang cara bayar pakai OVO di Indomaret & Alfamart. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian jika ingin bayar Alfa pakai OVO. Terimakasih.

author-photo
Seseorang yang ingin sukses. Bayangin aja dulu kenyataannya belakang.
&
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar