--> Skip to main content
Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia (Lengkap A-Z)
Penulis Duniaawam

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia (Lengkap A-Z)

Konten [Tampil]
Cara Dropship dari shopee ke Tokopedia

Dropship dari Shopee ke Tokopedia - Banyak orang bertanya bisakah dropship dari Shopee ke Tokopedia? 

Dan jika bisa bagaimana cara dropship dari Shopee ke Tokopedia supaya barang aman konsumen puas? Serta gimana sih sistem kerjanya?

Pertanyaan seperti itu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi karena dalam dunia internet pun sudah banyak yang membahas hal tersebut. Baca juga : Cara jualan pulsa di Shopee.

Namun kami juga akan membantu menjawab semua pertanyaan dan keluh kesal kalian.

Sistematika Dropsip dari Shopee ke Tokopedia biasanya akan terjadi apabila kita menerima order, kemudian menghubungi supplier lewat Shopee.

Dan setelah itu mereka akan mengirimkan barang apa yang kita inginkan ke alamat konsumen kita.

Sekilas jualan seperti ini memang sangat simple dan menguntungkan. Tapi ternyata tidak demikian, ada beberapa cara khusus yang bisa kita lakukan agar terjadi closing. 

Untuk membantu pada kesempatan kali ini kita akan bahas cara dropship Shopee ke Tokopedia lengkap dengan panduan mencari supplier berkualitas lewat Shopee. Tapi sebelumnya, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Keunggulan Dropship dari Shopee ke Tokopedia

1. Memiliki Banyak Pilihan Produk

Keunggulan melakukan cara dropship dari Shopee ke Tokopedia adalah memiliki banyak pilihan produk. 

Banyaknya pilihan produk ini tentu membuat dropshipper menjadi leluasa memilih produk yang pas. 

Beberapa produk yang bisa kita pilih antara lain, pakaian, gadget, sepatu, produk kecantikan, aksesoris dan lain sebagainya.

2. Modal Tidak Terlalu Besar

Keunggulan melakukan dropship selanjutnya adalah bisa berjualan dengan modal yang minim. Dropshipper hanya membutuhkan koneksi internet saja. 

Tentunya, kamu tidak perlu restock barang dagangan, tidak perlu menyewa gudang tidak perlu menghitung ongkos kirim dan lain sebagainya. 

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan untuk menjadi dropship adalah kerja keras dan attitude yang baik terhadap konsumen.

3. Fleksibel

Terakhir, keunggulan cara dropship dari Shopee ke Tokopedia adalah lebih fleksibel. Selain itu, bisnis ini juga bisa kita jalani tanpa harus keluar rumah sehingga tidak menyita terlalu banyak waktu. Baca juga : Cara membeli pulsa via Shopee.

Cara Dropship Dari Shopee Ke Tokopedia

1. Sebelum Dropship, Tentukan Produk potensial di Tokopedia

Mengapa kita perlu mencari terlebih dahulu lewat Tokopedia bukan pada Shopee? Biasanya saya sering mencari produk yang saingannya kecil pada Tokopedia.

Namun, kita juga harus bisa melihat peluang dan menganalisa apakah produk ini sepi penjual karena peminatnya kurang atau peminatnya banyak tapi barang sedikit. Disana kita bisa lihat mana yang bisa menguntungkan. Saya yakin kalian sudah ada gambaran.

2. Lakukan Riset Produk di Shopee

Berikutnya kita harus bisa melakukan riset produk baik pada Shopee atau Tokopedia. Cara simple yang biasa kita lakukan adalah mencari produk unik selain lewat Tokopedia.

Setelah itu bandingkan harganya. jika barang tersebut kalian rasa cocok langsung saja masuk ke langkah selanjutnya.

3. Cari Supplier Shopee Yang Tepat

Cara dropship dari Shopee ke Tokopedia selanjutnya adalah dengan menemukan supplier terlebih dahulu.

Tentunya, pemilihan supplier harus benar-benar masuk dalam kriteria dan lolos seleksi dengan baik dengan beberapa pertimbangan.

4. Buat Akun Tokopedia Khusus Untuk Dropship

Selanjutnya, buatlah akun Tokopedia yang akan kita jadikan sebagai tempat untuk berjualan. Kemudian bikin sebuah Toko yang isinya benar-benar menarik dan menyenangkan para calon pembeli. Jangan lupa siapkan deskripsi produk yang menarik dan tentu saja harus real ya.

5. Mengambil Foto Produk Yang Ada Di Shopee

Kemudian, ambil gambar atau foto yang akan kita jual dari toko supplier di Shopee ke Tokopedia yang kita miliki. Akan lebih baik ketika kamu mempelajari terlebih dahulu spesifikasi dari produk secara mendalam.

6. Upload Gambar Ke Tokopedia

Silahkan upload gambar tersebut ke akun Tokopedia. Tentunya jangan lupa untuk melakukan promosi. 

7. Membuat Copywriting yang Baik

Setelah kita upload gambarnya (pastikan semua garmbar kalian upload terlebih dahulu). Tujuannya agar proses lebih cepat dan nyaman. Setelah itu maka buat lah sebuah teknik promosi dalam deskripsi produk.

8. Menyediakan Cadangan Modal

Dropship itu bukan bisnis tanpa modal, karena kuota dan waktu itu juga termasuk modal kalian. Jadi, selama proses ini berlansung usahakan untuk menyediakan modal cadangan entah itu uang untuk melakukan beberapa hal misalnya iklan dan semacamnya.

9. Menyiapkan Supplier Cadangan

Bukan tidak mungkin supplier utama kita sedang mengalami gangguan, benar bukan? Maka dari itu usahakan siapkan supplier cadangan yang kualitas dan harga produknya mirip.

10. Mempersiapkan Media Promosi

Usahakan untuk menggunakan media promosi yang ramai dan sesuai dengan minat calon pembeli. Misalnya kita akan menjual baju, nah coba saja promosikan lewat group facebook tentang baju atau kita bisa promosikan melalui website tentang baju. Kira-kira seperti itu gambarannya.

11. Membuat Contact Khusus (contohnya WA, Telegram dll)

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah nomor khusus untuk transaksi, kita bisa memanfaatkan WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya agar proses komunikasi kepada supplier dan konsumen bisa berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Dropship dari Shopee ke Tokopedia bukan perkara yang mudah karena memerlukan beberapa langkah khusus supaya mendapatkan closing yang banyak. Ada beberapa langkah yang perlu kita perhatikan salah satunya adalah riset produk dan bagaimana cara mengoptimasi Toko dan produk yang akan kita Dropship. Baca juga : Cara Menarik Saldo Tokopedia ke OVO, DANA, GOPAY dan Bank.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara dropship dari Shopee ke Tokopedia lengkap dari A-Z. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa membuka midset berpikir kalian, Terimakasih.

author-photo
Seseorang yang ingin sukses. Bayangin aja dulu kenyataannya belakang.
&
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar