Tidak Bisa Masuk Ke Play Store? Berikut 11 Cara mengatasinya!

Tidak bisa masuk ke Playstore

Tidak bisa masuk Play Store – Play Store merupakan penyedia aplikasi untuk semua macam perangkat android. Dan kalian tentu pernah mengalami tidak bisa masuk ke Play Store, yang sebenarnya itu masalah umum bagi pengguna android.

Meski terbilang umum, nyatanya masalah tidak bisa masuk ke Play Store ini sangat menggangu aktivitas para pengguna. Beberapa aktivitas yang mungkin terganggu karena adanya pesan tidak dapat masuk Play Store adalah tidak bisa unduh aplikasi, game, buku dan lainnya.

Biasanya ketika Play Store terhenti tidak bisa dibuka oleh pengguna ditandai dengan pesan tidak bisa masuk Play Store kesalahan server. Yang kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh server yang bermasalah.

Namun bukan hanya itu saja, penyebab Play Store tidak bisa login lainnya disebabkan karena adanya kesalahan pada pengaturan atau adanya beberapa aplikasi yang bermasalah. Itulah penyebab tidak bisa masuk Play Store pada umumnya.

Untuk mengetahui tidak bisa masuk Google Play Store, berikut ini ada beberapa penyebab mengapa kita tidak bisa masuk Play Store android. Silahkan simak dengan baik ya.

Penyebab Tidak Bisa Masuk Akun Google Play Store

1. Karena adanya Gangguan Server

Server sejatinya merupakan jalan untuk kita bisa sampai ketujuan. Jika server ini bermasalah otomatis kita tidak bisa masuk ke Play Store android, benar bukan?

2. Ada aplikasi yang bermasalah

Bukan hanya karena gangguan dari server saja. Masalah internal seperti aplikasi yang kurang cocok juga bisa menjadi penyebab tidak bisa masuk ke Google Play Store. Oleh karenanya periksalah aplikasi kita dan jangan pernah mengintall aplikasi yang kurang jelas ya.

3. Kesalahan Pengaturan

Pengaturan tentu memiliki peran penting dalam kinerja sebuah smartphone. Jika kita mengaturnya dengan baik otomatis bisa berjalan dengan baik. Jika buruk/bermasalah tentu salah satunya berimbas kepada aplikasi Play Store tidak bisa login.

4. Ruang Penyimpanan Bermasalah

Bisa jadi Google Play Store tidak bisa login disebabkan karena ruang penyimpanan yang terbatas dan sudah habis. Jika hampir habis usahakan untuk menghapus beberapa file yang tidak kita butuhkan. Hal ini untuk menjaga keseimbangan dalam sistem internal pada smartphone.

5.Masalah Update

Proses Update yang tidak sempurnah memang bisa menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kita tidak dapat masuk Play Store. Untuk itu kita harus mengupdate jika jaringan dan penyimpanan kita sudah siap dan memadai.

6. Kartu SD

Penyebab tidak bisa masuk akun Play Store selanjutnya adalah pemasangan kartu SD yang tidak benar. Jika ada kesalahan dalam pemasangannya alangkah baiknya untuk melepaskannya dan pasang kembali.

7. Cache Terlalu Banyak

Salah satu penyebab akun Google tidak bisa masuk Play Store biasanya dikarenakan cache yang penuh. Oleh karenanya kita harus sering merawat penyimpanan cahce agar smartphone bisa bekerja dengan baik.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke Play Store

1. Non – aktifkan Beberapa Aplikasi

Aplikasi yang memakai cache dan menggunakan data yang sangat besar bisa berpengaruh pada kinerja Play Store. Hal ini mengakibatkan perangkat android kalian jadi bekerja keras untuk bisa menjalankan beberapa aplikasi dengan data besar.

Dan akhirnya Play Store pun jadi tidak bisa di buka.  Karena itu, non aktifkan beberapa aplikasi yang kalian anggap memiliki data yang besar serta menggunakan ruang RAM banyak.

Cara untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut yakni

  1. Buka menu Settings
  2. Selanjutnya pilih Manage Apps
  3. Pilih All
  4. Kalian pilih aplikasi yang kalian anggap memakai data besar serta memakan RAM banyak
  5. Selanjutnya kalian Pilih Menu ‘Force Stop’  pada aplikasi yang akan dihentikan.

2. Bersihkan Perangkat Android

Cara mengatasi tidak bisa masuk Play Store selanjutnya adalah dengan membersihkan perangkat android kalian. Karena file-file sampah pada android kalian juga bisa sebabkan Play Store tidak dapat dibuka.

Mulailah dengan membersihkan cache hingga data semua aplikasi yang di download pada perangkat kalian.

Caranya seperti berikut ini :

  1. Buka menu Settings
  2. Selanjutnya pilih menu Manage Apps
  3. Kemudian klik All
  4. Buka aplikasi satu persatu
  5. Pilih menu clear data pada aplikasi masing-masing

Selain itu kalian itu bisa gunakan aplikasi clean master untuk melakukannya, agar lebih praktis dan cepat untuk membersihkan semua aplikasi dan sampah-sampah pada android kalian.

Cara membersihkan aplikasi ini mungkin akan membuat semua aplikasi – aplikasi pada smartphone android kalian kembali pada pengaturan awal. Namun ini adalah cara ampuh agar Play Store bisa dibuka kembali.

Selain itu juga hapus juga musik, video, foto yang tidak diperlukan agar kinerja perangkat menjadi ringan.

3. Menghapus Akun Google Play Store

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi tidak bisa masuk pada Play Store adalah dengan menghapus akun Google yang dipakai untuk login ke Play Store.

Cara mengatasi tidak bisa masuk Play Store :

  1. Silahkan masuk  Play Store.
  2. Lalu pilih menu akun Play Store.
  3. Selanjutnya klik akun Google playsore yang digunakan.
  4. Silahkan ubah email kontak akun Google di Play Store.
  5. Selanjutnya masukan akun baru dan Restart perangkat android.
  6. Setelah itu buka play Store dengan login menggunakan akun Google terbaru.

4. Non-aktifkan VPN dan Proxy

Play Store tidak bisa dibuka mungkin juga karena kalian tanpa sengaja sudah mengaktifkan VPN dan Proxy di perangkat android. Segera non-aktifkan atau matikan keduanya, caranya:

  1. Buka menu Wireless and Networks pada perangkat android kalian
  2. Selanjutnya pilih VPN.
  3. Dan untuk menemukan proxy pada perangkat kalian, Masuk ke Wifi
  4. Lalu pilih Advanced.

5. Hapus Pembaruan Aplikasi Google Play Store

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yakni dengan menghapus semua pembaruan aplikasi. Karena bisa juga penyebab Play Store tidak bisa dibuka juga dari adanya bug saat melakukan pembaruan yang dilakukan otomatis oleh Play Store.

Jadi, cara menghentikan pembaruan otomatis tersebut adalah dengan langkah-langkah:

  1. Buka menu setting
  2. Masuk menu notifikasi dan aplikasi
  3. Cari aplikasi Google Play Store
  4. Klik “paksa berhenti’
  5. Klik tombol “copot pembaruan” atau uninstall updates

6. Hentikan Semua Mode Yang Berjalan di Perangkat

Play Store yang tidak dapat dibuka erat kaitannya dengan mode atau masalah sambungan internet yang kalian pakai. Karena agar bisa menggunakan Play Store, kalian harus memiliki koneksi internet.

Berikut ini cara untuk menghentikan mode yang sedang berjalan pada perangkat android kalian:

  1. Buka Play Store.
  2. Buka Settings.
  3. Selanjutnya Manage Apps.
  4. Pilih All.
  5. Pilih Menu ‘Force Stop’.
  6. Setelah Play Store berhenti, kalian hapus data dan cache di Play Store.
  7. Klik ‘Clear Data’ lalu ‘Clear Cache’ agar menghapus tumpukan cache dan data pada Play Store.

Selain itu mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa menit juga bisa memperbaiki Play Store kembali bisa dibuka.

7. Bersihkan Cache Pada Google Play Service

Google play service juga bisa jadi penyebab tidak bisa masuk ke Play Store. Karena itu membersihkan cache pada Google Play Service juga bisa dijadikan solusinya. Caranya yakni :

  1. Buka menu Settings.
  2. Pilih  tulisan Apps / Apps Management.
  3. Cari dan temukan Google Play Service. Bila tidak ada cari lewat “Show All Apps”/ “Show System Process”.
  4. Bila telah ditemukan, buka aplikasi Google Play Service, kemudian kalian pilih “Storage”.
  5. Kemudian klik  “Clear cache” kemudian “Clear data”.
  6. Selanjutnya kalian restart perangkat android dan coba masuk kembali ke Google Play Store.

8. Cek Memori Eksternal

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Play Store tidak dapat dibuka yakni dengan mengecek memori pada eksternal misalnya di microSD. Bila smartphone kalian memakai memori eksternal, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu. Kemudian dikeluarkan lalu dimasukan kembali.

Hal ini bisa juga jadi penyebab Play Store tidak bisa dibuka karena microSD bisa saja tidak pas saat memasangnya.

9. Perbarui Sistem Operasi

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk  mengatasi masalah tidak masuk ke Google Play Store adalah dengan memperbarui pada sistem operasinya.

Cobalah memperbarui sistem operasi bila memang smartphone android kalian ini mendapatkan pembaruan sistem.

10. Periksa Setelan Waktu

Smartphone Android merupakan perangkat yang dirancang dengan menggunakan sinkronisasi. Bukan hanya aplikasi dan kontak saja, tapi juga waktu dan tanggal juga disinkronisasi.

Oleh sebab itu, bila smartphone kalian tetap tidak bisa masuk ke Play Store, cobalah cek pengaturan waktu dan tanggalnya.  Caranya seperti ini:

  1. Buka menu setting
  2. Klik Tanggal & Waktu / Date & Time
  3. Pastikan tanggal ataupun waktu yang sudah di setting dengan otomatis
  4. Pastikan kalian klik “Time Zone” / zona waktu, telah di setting pada smartphone kalian tersetting otomatis (Automatic).

11. Kembali ke Setelan Pabrik

Bila semua cara di atas sudah dilakukan namun masih saja Play Store tidak bisa di buka. Sebaiknya kalian gunakan cara terakhir yang cukup ampuh, yakni dengan mengembalikan ke setelan pabrik atau factory reset.

Namun hal itu akan membuat semua data – data dan akun dalam smartphone android kalian hilang. Karena itu gunakan cara ini hanya bila berbagai cara lainnya sudah tidak bisa lagi.

Adapun caranya yakni:

  1. Buka menu setting atau pengaturan pada android kalian
  2. Scroll ke bawah lalu cari Factory data reset
  3. Selanjutnya layar ponsel akan menampilkan semua data yang ada serta beberapa akun media sosial yang terhubung pada smartphone kalian
  4. Klik Reset untuk melanjutkan
  5. Bila kalian telah memasang kode PIN atau password sebelumnya pada ponsel, maka kalian akan diminta memasukan kode keamanan tersebut untuk konfirmasi.
  6. Selanjutnya smartphone android kalian akan menghapus seluruh data yang ada pada android.
  7. Proses ini biasanya akan memakan waktu beberapa menit.

Kesimpulan

Aplikasi Play Store tidak bisa masuk bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan server, cache, salah pengaturan, ruang penyimpanan tidak cukup, Aplikasi bermasalah, kesalahan pemasangan kartu SD dan banyak sekali masalah lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menghapus akun Google, membersihkan cache perangkat, menghapus aplikasi bermasalah, memasang ulang SD card dan masih banyak cara mengatasi tidak bisa masuk Play Store yang bisa kita gunakan.

Cara mengatasi tidak bisa masuk akun Google Play Store di atas, mudah bukan? Tulis jawabanmu di komentar ya.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara mengatasi tidak bisa masuk ke Play Store lengkap dengan penyebabnya. Semoga apa yang telah kami berikan bisa bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kode MMI Tidak Valid
Read More

Kode MMI Tidak Valid

Kode MMI tidak valid menjadi salah satu masalah yang menghantui para pengguna. Mungkin kalian adalah salah satu dari…