Kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan

Kartu Telkomsel Tidak Bisa Nelpon

Kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan atau nelpon perlahan bisa menjadi masalah yang serius.

Pasalnya jika telkomsel tidak bisa nelpon secara terus menerus kita yang akan mengalami kerugian.

Benar bukan?

Kejadian ini biasanya bermula ketika kita hendak menelpon namun kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar atau ada pesan Kode MMI Tidak Valid.

Padahal kemaren masih bisa dan baik-baik saja, tapi sekarang malah tidak bisa kita gunakan untuk nelpon. Tentu saja kita akan sangat kecewa dan merasa kesal operator sekelas Telkomsel masih bisa mengalami hal seperti ini.

Lebih parahnya, paket nelpon telkomsel tidak bisa digunakan. Padahal, kita sudah membeli paket tersebut dan mendaftar dengan benar tapi masih saja tidak bisa kita gunakan.

Lalu bagaimana cara mengatasi kartu telkomsel tidak bisa nelpon?

Untuk membantu kalian, pada kesempatan kali ini Contekan.NET akan memberikan beberapa informasi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi telkomsel tidak bisa nelpon.

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Bisa Nelpon?

Pasti banyak orang bertanya mengapa kok no telkomsel tidak bisa nelpon? Ada apa dengan layanan Telkomsel? Kenapa kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan dan lain sebagainya.

Beberapa pertanyaan tersebut sudah sering kita temui, sebenarnya apa sih penyebabnya hingga kita tidak bisa menggunakan kartu telkomsel untuk melakukan panggilan keluar?

Yuk kita bahas.

Penyebab kartu telkomsel tidak bisa nelpon

Beberapa penyebab umum yang sering pengguna hadapi adalah jaringan telkomsel bermasalah atau hilang, tidak ada pulsa atau pulsanya tiba-tiba hilang dan belum melakukan registrasi.

Biasanya penyebab kartu telkomsel tidak bisa nelpon paling parah adalah nomor sudah diblokir oleh pihak Telkomsel sehingga kita tidak akan bisa menggunakan karu tersebut. Umumnya, masalah ini ditandai dengan jaringan “X” pada ponsel.

Cara mengatasi Kartu Telkomsel Tidak bisa Melakukan Panggilan Keluar

Sebelumnya kita sudah membahas beberapa penyebab kartu telkomsel tidak dapat melakukan panggilan. Sekarang, sudah saatnya kita membahas masalah dan solusi mengatasi nomor telkomsel tidak bisa nelpon. Silahkan simak dengan baik.

1. Melakukan Panggilan Berulang

Masalah telkomsel tidak bisa nelpon yang biasa dijumpai pengguna adalah jaringan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan panggilan berulang.

Percaya atau tidak langkah ini sebenarnya sudah sering kalian lakukan, bahkan dari jaman dulu orang tua kita juga sering melakukan hal ini.

Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba langkah ini, siapa tahu kita jadi bisa kembali melakukan panggilan.

2. Berpindah Tempat

Jika masalah kartu as tidak bisa nelpon masih terjadi, usahakan jangan berdiam diri ditempat. Apalagi pada tempat yang tertutup.

Hal ini karena sinyal akan susah masuk ke dalam ruangan, jadi usahakan ketika melakukan panggilan keluar kalian harus berada di luar ruangan supaya kualitas sinyal lebih bagus.

3. Periksa Masa Aktif

Kadang kala kita sebagai pengguna sering kali lupa untuk mengisi pulsa atau memperpanjang masa aktif. Salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi telkomsel tidak bisa nelpon adalah mengecek sampai kapan masa aktif kartu berlaku.

Jika sudah masuk dalam masa tenggang ada baiknya untuk segera mengisi pulsa. Agar tidak membebani keuangan, kita bisa mengisi pulsa minimal Rp.5.000, setelah itu masa aktif akan berlaku lagi selama seminggu.

4. Cek Jumlah Pulsa

Ada kalanya kita sering lupa untuk mengisi pulsa karena sudah terlanjur enak dengan beragam kemudahan dari sebuah kuota internet.

Namun bukan itu saja loh, kadang kala kita juga sering mengalami pulsa tiba-tiba hilang entah kemana. Pahal, kita juga tidak menggunakannya.

Untuk itu sebelum melakukan panggilan ada baiknya cek pulsa terlebih dahulu. Jika melakukan cek pulsa telkomsel gagal, ada kemungkinan kartu atau jaringan sedang bermasalah.

5. Restart HP

Ada kemungkinan masalah kartu simpati tidak bisa nelpon itu bukan dari kartunya melainkan dari smartphone yang kita gunakan. Bisa saja HP kita sedang mengalami error sehinga untuk mengatasinya kita perlu melakukan restart perangkat.

Selang beberapa saat biasanya kondisi akan normal kembali, jika sudah silahkan lakukan panggilan keluar untuk mengecek apakah sudah normal atau belum.

6. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat biasanya terdapat pada menu sebuah smartphone. Fungsi utamanya adalah untuk mematikan seluruh jaringan yang ada pada smartphone.

Sehingga ketika telkomsel tidak bisa nelpon kita bisa menggunakannya untuk melakukan refreshing jaringan. Untuk menggunakannya sangat mudah, kita hanya mencari ikon pesawat di menu navigasi atau bisa juga kita akses melalui pengaturan >> Mode Pesawat.

Jika sudah hidup, silahkan diamkan beberapa saat kemudian matikan kembali. Sekarang coba kalian gunakan untuk melakukan panggilan keluar.

7. Matikan Bluetooth

Kemungkinan pengaruhnya memang cukup kecil, namun tidak ada salahnya kan untuk mematikan bluetooth ketika hendak menelpon?

Toh, kita sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya.

Jika ingin menonaktifkannya, silahkan ikuti langkah berikut :

  1. Silahkan masuk ke pengaturan
  2. Pergi ke menu Bluetooth dan matikan.

cara lain untuk mematikannya adalah dengan menggeser layar navbar ke bawah dan klik ikon bluetooth. Jika sudah tidak biru berarti itu tandanya bluetooth sudah off.

8. Merubah Jaringan

Ketika kartu telkomsel tidak bisa nelpon, biasanya saya sendiri sering merubah jaringan dari 4G ke 3G/2G. Hal ini saya lakukan lantaran saat menggunakan jaringan 4G sinyal untuk melakukan sebuah panggilan tidak akan berjalan dengan optimal.

Untuk itulah saya biasanya rubah ke 3G/2G, namun kebanyakannya sih ke 2G karena lebih stabil. Caranya seperti ini :

  1. Silahkan masuk ke pengaturan
  2. Kemudian buka menu Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Masuk ke SIM yang kalian gunakan.
  4. Silahkan ubah jenis jaringan yang dipakai dengan 2G.

Secara keseluruhan cara ini masih work, silahkan kalian coba ya.

9. Registrasi Ulang

Coba deh kalian cek apakah kartu yang digunakan sudah diregistrasi atau belum. Ada kalanya kita sering kali lupa untuk meregistrasi kartu tersebut sehingga tidak bisa digunakan untuk menelpon.

Cara registrasi kartu telkomsel sangat mudah yaitu :

Ketik REG(Spasi)NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444

Namun, jika sudah registrasi tapi masih tidak bisa melakukan panggilan ada baiknya untuk melakukan registasi ulang dengan cara :

Ketik ULANG(Spasi)NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444

Jika sudah, silahkan coba kembali melakukan panggilan.

10. Pastikan Nomor Tidak Bermasalah

Ada kemungkinan telkomsel tidak bisa nelpon disebabkan karena nomor sudah blok oleh pihak Telkomsel. Penyebabnya beragam, namun hal inilah yang biasanya menyebabkan kartu simpati tidak bisa nelpon.

Untuk mengatasinya bisa lihat artikel saya tentang cara mengatasi kartu Telkomsel yang Terblokir. Disana langkah-langkahnya sudah lengkap ya.

11. Pastikan Nomor Tujuan Tidak Terblokir

Ada kemungkinan nomor yang diblokir oleh pihak Telkomsel bukan nomor yang kita gunakan, melainkan nomor tujuan yang akan kita telpon.

Jika demikian solusi yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengontak mereka melalui nomor lain, menghubungi lewat SOSMED, mengirimkan surat atau meminta bantuan dari tetangga mereka.

Kemungkinannya memang cukup kecil, namun kita juga harus berusaha apalagi tujuan kita nelpon karena ada kepentingan pribadi.

12. Mematikan FDN

FDN bisa menjadi salah satu penyebab telkomsel tidak bisa nelpon lho.

Apa itu FDN? Fixed Dialling Numbers adalah sebuah layanan SIM Card. Sehingga apabila kita menghidupkannya maka secara otomatis sim card kita tidak akan bisa di gunakan.

Oleh karena itu kita harus mematikannya, berikut ini langkahnya :

  1. Silahkan buka pengaturan panggilan.
  2. Kemudian klik advance setting.
  3. Lalu matikan Fixed Dialling Numbers-nya.

13. Menonaktifkan Data Roaming

cara mengatasi nomor telkomsel tidak bisa nelpon selanjutnya adalah dengan mematikan data roaming.

Caranya sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk ke pengaturan panggilan.
  2. Lalu klik menu Call Setting.
  3. Kemudian pilih menu Jaringan Seluler.
  4. Cek data roaming-nya, jika ada maka segera nonatifkan.

Jika sudah silahkan coba lakukan panggilan keluar.

14. Bersihkan Data Aplikasi Panggilan

Sebuah cache tentu akan membebani fitur lainnya. Ada kemungkinan kartu halo tidak bisa telepon keluar karena cache pada aplikasi telpon penuh.

Untuk itu kita perlu membersihkannya.

Caranya :

  1. Silahkan pergi ke pengaturan.
  2. Klik pada menu aplikasi
  3. Kemudian cari menu panggilan
  4. Setelah itu pilih clear data

15. Cek Kondisi Kartu

Ada kemungkinan kartu kita mengalami masalah secara fisik seperti kuningan yang tercungkil dan lain sebagainya. Jika sudah demikian ada baiknya kalian cek terlebih dahulu dan bersihkan menggunakan kain bersih.

Jika masih sama maka ada baiknya ikuti cara berikutnya.

16. Menghubungi Call Center Telkomsel

Salah satu cara untuk mengatasi telkomsel tidak bisa melakukan panggilan adalah dengan menghubungi call center Telkomsel.

Kalian bisa tanyakan terkait masalah nomor telkomsel tidak bisa melakukan panggilan dan panggilan selalu diakhiri.

Untuk memintah bantuan pihak Telkomsel, kita cukup melakukan panggilan melalui 188 dengan tarif atau biaya panggilan Rp.300.

Note : cara ini bisa kalian lakukan untuk kasus ringan saja, Untuk kasus berat seperti nomor terblokir, pulsa habis, dan lain sebagainya tidak akan bisa. paling nantinya kalian harus menghubungi mereka menggunakan nomor telkomsel yang lain.

17. Menghungi Pihak Telkomsel Lewat Sosmed

Sebagai salah satu provider terbaik di Indonesia tentu mereka tidak ingin mengecewakan para penggunanya. Oleh sebab itu mereka menyediakan berbagai sosial media untuk melayani konsumennya melalui jaringan internet.

Dan berikut ini beberapa sosial media Telkomsel yang bisa kalian gunakan :

  • Facebook : @telkomsel
  • Instagram : @telkomsel
  • Line : @telkomsel
  • Twitter : @telkomsel
  • Telegram : @telkomsel_official_bot

Silahkan tanyakan terkait masalah kartu as tidak bisa telepon keluar dan lain sebagainya.

18. Hubungi Melalui Website Resmi

Selain menyediakan berbagai medsos, nampaknya telkomsel juga menyediakan fitur live chat  di website mereka. Sehingga jika kalian menemui masalah maka bisa tuh datang aja ke Website resminya.

19. Datang ke Grapari Telkomsel

Jika memang masalahnya murni dari kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan maka cara paling work adalah dengan mengunjungi grapari terdekat.

Disana akan ada CS yang siap membantu dan melayani kebutuhan kalian.

Disana kalian juga akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan kemungkinan berhasilnya cukup besar jika kita bandingkan dengan cara yang sudah saya bagikan. So, tunggu apa lagi? Langsung cuss aja kesana ya.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menyebabkan telkomsel tidak bisa nelpon. Semua itu balik lagi ke situasi dan kondisi tertentu yang tidak bisa kita prediksi.

Namun, secara garis besar beberapa langkah untuk mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa nelpon yang sudah saya bagikan masih bekerja dengan baik.

Untuk itulah jika kartu tidak bisa nelpon kalian bisa coba satu per satu langkahnya. Owh iya, semua cara diatas sudah saya susun berdasarkan tingkat kesulitannya.

Jadi apa yang menurut saya sulit saya tempatkan di bawah dan yang paling mudah ada pada urutan paling atas.

Namun jika merasa masih ragu maka ada baiknya langsung saja datang ke gerai Telkomsel terdekat karena kalian akan mendapatkan informasi dan bimbingan untuk mengatasi telkomsel yang tidak bisa nelpon.

Baca juga : Cara membeli paket midnight Telkomsel

Demikian pembahasan kali ini tentang cara mengatasi telkomsel tidak bisa nelpon lengkap dengan penyebab dan beberapa permasalahannya. Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *