Cara Mengatasi Corel Draw yang Terdeteksi Bajakan

Cara Mengatasi Corel Draw yang Terdeteksi Bajakan – Pernahkah kalian mengalami masalah pada software Corel Draw yang terdeteksi bajakan?

Seperti yang kita ketahui bahwa lisensi dari aplikasi Corel Draw ini tergolong sangat mahal. Hal tersebut sepertinya bisa dikatakan wajar, karena kegunaan Corel Draw sendiri saat ini sangatlah banyak.

Sebagian besar perusahaan atau instansi biasanya apabila membuat suatu desain grafis, vektor, dan logo juga menggunakan Corel Draw. Contoh lain untuk usaha disekitar kita, seperti cetak stiker, sablon kaos biasanya juga memanfaatkan aplikasi ini.

Saat ini dengan mencarinya di Internet, kalian bisa mendapatkan software ini dengan sangat mudah, atau yang kita kenal dengan versi bajakan. Jalan pintas ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang kepengen memiliki Corel Draw dalam versi penuh, akan tetapi masih memiliki dana yang terbatas.

Namun kejadian yang sering terjadi bagi pengguna Corel Draw gratisan adalah munculnya peringatan, apabila tidak menggunakan lisensi original. Pada saat terhubung dengan internet, Corel Draw bisa mendeteksi penggunaan software bajakan (Viewer Mode).

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran software bajakan dari Corel Draw secara ilegal.

Penyebab Corel Draw Terdeteksi Bajakan

Penyebab peringatan ini muncul yaitu karena pada komputer yang kalian gunakan, terinstal Corel Draw yang menggunakan lisensi tidak original, yang merupakan versi crack, patch, dan lain-lain.

Apabila kita gunakan secara offline sebenarnya peringatan ini tidak akan muncul, hanya ketika komputer terhubung dengan internet karena System auto update yang ditanamkan pada Corel Draw akan bekerja ketika terhubung dengan jaringan internet.

Cara Mengatasi Corel Draw yang Terdeteksi Bajakan

  1. Langkah pertama uninstal aplikasi Corel Draw X7 menggunakan aplikasi “Revo Uninstaller” agar semua file registry agar dapat terhapus dan tidak ada yang tertinggal.
  2. Silahkan pilih registry keseluruhan yang tertinggal, setelah itu pilih Delete.
  3. Langkah selanjutnya lakukan penginstalan ulang aplikasi Corel Draw, berikutnya masukkan serial number yang kalian miliki.
  4. Setelah proses instalasi selesai, maka tampilannya akan seperti ini. Pastikan tidak mencentang opsi Allow Product Updates, karena hal ini akan menyebabkan software terdeteksi bajakan ketika terhubung dengan internet.
  5. Berikutnya kalian masukkan lisensi kode agar aplikasi Corel Draw menjadi full version, dan lakukan aktivasi.
  6. Kemudian kalian temukan program aplikasi Notepad, klik kanan lalu pilih pada opsi Run As Administrator. Selanjutnya kita akan mengubah isi file host nya.
  7. Setelah aplikasi Notepad terbuka, kalian tekan menu File, lalu pilih Open.
  8. Selanjutnya buka direktori Windows >> System32 >> drivers >> etc. Setelah itu kalian ubah tipe file dari yang semula Text Document menjadi All Files. Langkah selanjutnya pilih nama file hosts, lalu pilih Open.
  9. 9.Apabila file hosts sudah terbuka, salin teks berikut kemudian kalian tempelkan pada file host pada bagian paling bawah. 127.0.0.1 apps.corel.com, 127.0.0.1 mc.corel.com, 127.0.0.1 product.corel.com.
  10. Jika sudah kalian tambahkan file host nya, lalu pilih Simpan.
  11. Setelah memodifikasi file host, selanjutnya disini kita perlu memblokir system Auto Update Software yang tertanam pada Corel Draw. Caranya buka Control Panel, lalu pindah ke System and Security, kemudian masuk ke Windows Firewall. Setelah itu pilih Advanced Settings pada bagian kiri layar.
  12. Sehingga akan masuk ke Windows Firewall with Advanced Security. Berikutnya klik menu Outbond Rules, kemudian pilih New Rule pada bagian pojok kanan atas layar. Setelah itu pastikan opsi Program sudah kalian pilih, lalu klik opsi Next.
  13. Pindah ke menu Program, lalu pilih pada opsi This Program Patch, selanjutnya pilih Browse. Berikutnya masuk ke Local Disk C >> Program Files >> Corel >> CorelDraw Graphic Suite x7 >> Program64 >> CorelDRW.exe. Berikutnya pilih Open.
  14. Maka akan muncul tampilan baru yaitu Action, selanjutnya pilih opsi Block the connection, kemudian pilih Next.
  15. Pada halaman New Outbond Rule Wizard, pindah pada menu Profile, kemudian centang semua opsi, seperti adalah Domain, Private, lalu Public. Selanjutnya pilih opsi Next.
  16. Langkah berikutnya pindah ke menu Name, pada kolom Name isi dengan CorelDraw X7. Sedangkan untuk kolom Description bisa kalian isi ataupun tidak. Lalu klik opsi Finish.
  17. Selesai, Saat ini kita sudah berhasil untuk memblokir Auto Check Update pada aplikasi Corel Draw.

Kesimpulan

Nah itulah langkah-langkah dalam mengatasi aplikasi Corel Draw yang terdeteksi bajakan.

Setelah cara menggunakan cara ini, maka setiap membuka Corel Draw pada posisi terhubung dengan internet, menjadi tidak lagi muncul peringatan terdeteksi bajakan seperti sebelumnya.

Selain terdeteksi bajakan, biasanya juga terjadi masalah seperti Corel Draw Tidak Bisa Save, Terjadi Error dan lain sebagainya. Oleh karenanya, kalian harus sigap dalam menangani masalah seperti ini.

Baik cukup sampai sini artikel kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin kalian tanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar.

Tinggalkan komentar