Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Muncul pesan kartu SIM tidak ada layanan itu kenapa ya? Apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Saya pernah pernah mengalami hal seperti ini, waktu itu saya ingin memasukan sim card ke Hp, tapi yang terjadi masalah muncul notifikasi kartu sim tidak ada layanan.

Disitu saya bingung, kemudian saya coba cara lain seperti memindahkannya ke hp lain, tapi hasilnya nihil.

Akibatnya aktivitas saya tertunda, malahan tidak bisa digunakan untuk SMS atau Telpon. Apalagi Internetan.

Lalu kenapa kok bisa gitu?

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Ada beberapa penyebabnya seperti :

  • Smartphone mengalami error.
  • Kartu SIM sudah rusak.
  • Gangguan Jaringan.
  • Komponen Hp sudah rusak.
  • Kartu Sudah dalam masa tenggang.
  • SIM card terblokir.

Masalah-masalah seperti ini berlaku untuk semua merk HP seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo dan lainnya. Bukan hanya pada smartphone tetapi semua provider juga sama.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang

Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Ada Layanan

Setelah mengetahui berbagai titik masalahnya, sekarang kamu harus tahu cara memperbaiki masalah kartu SIM yang tidak ada layanan.

Kamu bisa praktikan satu persatu cara ini sampai kondisinya kembali normal, silahkan simak :

1. Restart Perangkat

Langkah pertama, kamu bisa melakukan restart perangkat. Walau terdengar sepele percaya atau tidak langkah ini benar-benar work untuk mengembalikan kartu sim yang tidak ada layanan.

Gak percaya? coba kamu buktiin.

Jika kurang efektif, kamu matikan dan lepas batrainya, kemudian hidupkan kembali.

Kalau bisa nanti berikan komentarnya ya, jika tidak maka ada masalah serius pada hp atau kartu kamu.

2. Menggunakan Mode Pesawat

Yang kedua, untuk mengatasi masalah kartu sim tidak ada layanan ialah dengan menggunakan mode pesawat, atau bahasa kerennya airplane mode.

Ini juga salah satu cara yang biasa saya lakukan, alasannya karena mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Cocok banget buat kamu yang emang lagi mager nih.

Ketika kamu menghidupkannya, otomatis sinyal akan hilang. Tapi, saat kamu matikan sinyalnya akan muncul kembali.

Artinya kalo mati, smartphone kamu sedang melakukan reset jaringan. Ini akan memudahkan mereka untuk mencari jaringan yang baru.

Langkahnya seperti ini :

  1. Silahkan kamu scroll navigasi ke bawah.
  2. Setelah itu cari icon pesawat kemudian hidupkan.
  3. Lalu setelah 1-2 menit matikan kembali.
  4. Selanjutnya kamu tinggal tunggu sampai jaringan normal kembali.

Mudah kan?

3. Cek Pemasangan Kartu

Ada kalanya suatu sim bisa saja tidak terpasang dengan baik, akibatnya SIM tidak dapat terbaca. Menurut saya pribadi ini perlu kamu perhatikan, sebab berpengaruh terhadap keterbacaan oleh sistem smartphone.

Biasanya, setelah menggunakan cara ini, sinyal bisa muncul kembali dan dapat berjalan dengan normal. Untuk itu, coba deh kamu perbaiki tataletak dari Sim cardnya, siapa tahu kurang pas.

4. Periksa Konektor SIM

Jika kamu sudah merombak posisi Sim card tapi hasilnya masih sama, ada kemungkinan konektornya mengalami kerusakan.

Jadi, kamu harus periksa apakah rusak atau tidak. Jika memang tidak ada tanpa kerusakan, maka ada kemungkinan besar slotnya kotor.

Ini bisa jadi letak masalahnya. Ketika rusak atau kotor maka kartu sim akan sulit terbaca, bahkan tidak bisa terbaca sama sekali.

Hal ini tentu berdampak terhadap sinyal yang tidak ada layanan karena konektornya bermasalah.

Untuk mengatasinya kamu bisa membersihkan atau mengganti slot tersebut dengan yang baru.

5. Cek Sim Card

Selain masalah konektor, bisa jadi penyebabnya berada pada sim yang kamu gunakan. Jika sudah terlalu lama, ada kemungkinan kartu tersebut kotor atau memang sudah rusak.

Jika memang kotor, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain lembut untuk menghindari kerusakan pada tembaganya.

Apabila sudah kamu bersihkan tapi tetap saja tidak ada layanan, kemungkinan besar kartu sim tersebut sudah rusak. Biasanya, pertanda jika memang tidak bisa kamu gunakan lagi adalah kuningannya yang sudah terkikis atau terkelupas.

Artinya, kamu harus ganti kartu sim ya.

6. Coba Pakai SIM Lain atau Perangkat Lain

Melakukan percobaan memang sangat penting, Hal ini karena dengan melakukan berbagai trial dan error kita bisa mengetahui dimana letak kesalahannya.

Ada beberapa langkah yang biasa saya lakukan, diantaranya :

  1. Kamu bisa coba tes dengan menggunakan kartu baru, karena ada kemungkinan SIM kamu yang rusak. Jika memang memungkinkan bisa juga gunakan provider yang berbeda, siapa tahu errornya cuma dari Operatornya.
  2. Coba kamu pindahkan kartu lama ke perangkat lain, jika punya modem coba juga masukan kesana. Terus kamu bandingkan kira-kira masalahnya dari mana. Jika sudah ketemu, kamu bisa memperbaikinya dengan mudah.

Biasanya jika sudah ketemu, yang saya lakukan adalah :

  1. Jika masalahnya ada pada perangkat, biasanya saya langsung bawa ke tukang servis.
  2. Apabila kartunya yang rusak, saya biasanya ganti dengan yang baru (karena saya tidak suka ribet).

Kamu boleh pilih mana yang mau kamu pakai, tapi sesuaikan dengan masalah yang kamu hadapi. Jangan sampai masalahnya ada di HP tapi kamu malah ganti kartunya. Kan repot kalo begitu mah.

Umumnya, yang sering rusak itu pada kartunya, bisa karena tergores, tembaganya sudah usang atau bisa saja terkelupas.

7. Cek Pengaturan APN

Karena internet yang sering lemot, biasanya orang mulai menggunakan APN untuk mempercepat koneksinya. Tanpa mereka sadari hal ini bisa berujung pada kartu sim yang tidak ada layanan lho.

Biasanya, ada kesalahan pada pengaturan atau APN tersebut memang kurang cocok untuk kamu gunakan. Maka dari itu harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Untuk mengeceknya, kamu bisa ikuti :

  1. Silahkan masuk ke Pengaturan.
  2. Lalu pilih menu “Kartu SIM & Data Seluler”.
  3. Kemudian pilih menu “SIM” dan sesuaikan dengan kartu yang kamu gunakan.
  4. Setelah itu pilih “Nama Akses point”.
  5. Selanjutnya kamu tinggal cek apakah pengaturannya sudah benar atau belum.

Setiap smartphone tentu memiliki menu yang berbeda-beda, tapi langkahnya hampir sama kok, tinggal kamu sesuaikan saja ya.

Baca juga :

8. Lakukan Clear Cache Perangkat

Seperti yang kita ketahui cache adalah sebuah kumpulan data yang secara otomatis tersimpan pada perangkat yang kita gunakan.

Jika kita bersihkan, maka perangkat akan menjadi ringan dan terbebas dari error. Saya pun, jika memang semua langkah tadi tidak berhasil sering menggunakan langkah ini untuk mengatasi kartu sim tidak ada layanan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti clear cache atau Dalvik cache, penggunaanya juga sangat mudah kok, tinggal beberapa tekan saja, coba deh.

9. Reset Perangkat

Dengan melakukan faktory reset, perangkat kamu akan kembali seperti pertama kali membelinya. Langkah ini bisa kamu gunakan untuk mengembalikan sistem yang error, salah pengaturan, ada bug dan lain sebagainya.

Sumber lain mengatakan bahwa kita bisa mengatasi masalah kartu SIM yang tidak ada layanan, setelah saya coba memang berhasil.

Namun, efeknya semua kontak atau data kamu akan hilang. Jadi, pastikan kamu menyimpannya dengan baik agar tidak hilang.

10. Menghubungi Call Center

Ngapain kalo ada Call Center tapi tidak kita gunakan, yee kan? Daripada mubajir kita bisa memaksimalkannya.

Jika jaringan error salah satu penyebabnya mungkin ada para provider yang kalian gunakan. Biasanya hal ini ditandai dengan tanda silang pada jaringan atau kartu SIM tidak ada layanan.

Setiap provider tentu memiliki call center yang berbeda-beda, dan berikut daftarnya :

  • Indosat : 185
  • XL : 817
  • Axis : 838
  • Telkomsel : 188
  • Smartfren : 888
  • 3 (Tri) : 123

Untuk yang ini kamu bisa hubungi mereka melalui telepon ya.

11. Datang ke Grapari Provider

Selain menghubungi call center melalui online, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan secara langsung lho. Kamu bisa datangi gerai terdekat dari privider tersebut.

Selain kita bisa langsung mengetahui masalahnya, kita juga akan lega karena ada beberapa kemungkinan :

  • Nomor kamu bisa di ganti oleh mereka (Tegantung ya).
  • Kamu tidak usah membayar alias gratis.
  • Lebih enak karena bisa konsultasi langsung.

Dari beberapa kelebihan tersebut tentu sudah sangat membantu, apalagi yang gratis tuh. Lumayan kan cuma modal kemauan doang masalah bisa teratasi dengan mudah.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel

Kesimpulan

Untuk mengatasi kartu sim tidak ada layanan memang bukan perkara mudah, sebab kita harus mengetahui dimana letak masalahnya.

Setelah itu, kita bisa bertindak. Terlebih, kita juga harus melakukan beberapa uji coba supaya mengetahui masalah tersebut.

Namun, kamu tidak usah khawatir karena yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa info dari sumber lain yang sudah terpercaya.

Pembahasannya juga sudah saya buat selengkap dan sedetail mungkin, jadi kamu tinggal coba satu persatu sampai berhasil.

No.1 itu paling mudah dan no terakhir merupakan alternatif yang bisa kamu ambil. Tapi jika kamu males tinggal kasih aja ke konter, biar mereka yang urus. Kamu tinggal bayar, udah deh selesai.

Tapi, kalo memang ingin belajar dan ada kemauan lebih baik benahi sendiri, tinggal datang kesini dan liat langkah-langkahnya, sesimple itu lho.

Demikian informasi tentang cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan lengkap dengan penyebabnya. Jika ada yang ingin kamu tanyakan silahkan lampirkan dalam kolom komentar ya.

Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat dan terimakasih.

Pencarian terkait:

kenapa kartu sim tidak ada layanan