Batas FUP Indihome dan Cara Cek FUP Indihome Terbaru

Ingin menjadi pelanggan Telkom, tapi tidak tahu batas FUP Indihome? Yuk, simak ulasan tentang daftar FUP Indihome dan cara mengeceknya!

Sejak tahun 2016 lalu, banyak orang mengeluh karena tidak bisa menikmati internetan dengan kecepatan tanpa batas.

Hal ini karena rata-rata sekarang ini penyedia layanan wifi sudah menggunakan sistem FUP  atau Fire Use Policy, guna membatasi berbagai aktivitas dari pelanggannya.

FUP adalah batasan penggunaan wajar bagi pengguna yang telah ditentukan oleh Indihome sesuai dengan kecepatan internet yang ditawarkan. Ketika batas FUP melebihi kapasitas yang ditentukan, kecepatan internet akan berkurang sampai dengan 60%.

Daftar Batas FUP Indihome Terbaru

Banyak pengguna Indihome yang mengeluhkan koneksi internet mereka tiba-tiba lambat. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini. Namun yang paling sering terjadi adalah karena telah melebihi batas pemakaian wajar atau FUP Indihome.

Pelanggan Indihome akan mendapatkan batas pemakaian yang wajar, sesuai dengan paket internet yang digunakan. Setiap paket internet Indihome memiliki batasan FUP yang berbeda.

Batas pemakaian FUP setiap paket internet IndiHome sendiri ini terbagi menjadi 2 yaitu FUP 1 dan FUP 2. Dimana, saat kamu mencapai  FUP 1, kecepatan akan turun dari 100 menjadi 75%. Sedangkan jika kamu melebihi FUP 2, maka kecepatan akan turun sampai dengan 40%.

Bagi yang ingin mengetahui daftar batas FUP paket internet yang digunakan, berikut ini penjelasannya.

1. FUP Indihome 10 mbps

Paket Internet Indihome 10 mbps adalah paket internet termurah yang ditawarkan Indihome. Mereka yang memilih paket ini akan mendapatkan batas FUP pertama sebesar 300GB. Jika penggunaan internet melebihi 300GB, kecepatannya akan turun menjadi 7,5 mbps.

Lalu jika sudah melebihi 400GB, kecepatan internet akan turun lagi menjadi 4 Mbps. Kecepatan drop dari 10 mbps menjadi 4 mbps tentu sangat terasa, apalagi saat kita gunakan untuk streaming video dan download game.

2. FUP Indihome 20 mbps

Bagi yang upgrade dari 10 mbps menjadi 20 mbps atau yang sudah menggunakan paket internet Indihome 20 mbps akan mendapatkan limit Indihome FUP sebesar 500 GB. Kecepatan internet akan turun menjadi 15 mbps bila penggunaan data internet melebihi 500GB.

Bagi pengguna indihome 20mbps jarang mencapai batas FUP. Namun bagi yang sering mendownload file berukuran besar, sia-sia saja mendapatkan Second FUP jika pemakaian data melebihi 800 GB. Jika ini terjadi, kecepatan internet akan berkurang menjadi 8 mbps.

3. FUP Indihome 30 mbps

Jika menginginkan limit FUP Indihome lebih besar, Anda bisa berlangganan paket internet 30 mbps. Paket internet ini memiliki FUP atau batas penggunaan wajar sebesar 700 GB. Jika FUP melebihi batas yang diberikan, kecepatan internet dikurangi menjadi 22,5 mbps.

Kemudian untuk batas FUP kedua adalah saat pemakaian internet mencapai 1.200 GB. Jika sudah mencapai batas tersebut, maka Anda harus rela menurunkan kecepatan internet hingga 12 Mbps. Meski penurunannya cukup bagus, namun tetap bisa diandalkan untuk streaming dan bermain game online.

4. FUP Indihome 40 mbps

Selanjutnya, FUP Indihome 40 mbps adalah 900 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 30 mbps. Kemudian batas FUP kedua adalah 1.600 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 16 mbps.

Menurut kami pengguna Indihome dengan kecepatan 40 mbps akan kesulitan mencapai batas FUP, jadi tidak perlu khawatir internet lambat.

Setiap pengguna Indihome memiliki kebiasaan mengakses internet masing-masing. Ada kemungkinan kuota 900GB tidak mencukupi dalam satu bulan. Jika ini terjadi, mau tidak mau kecepatan internet akan turun. Tapi selama tidak mencapai 1.600 GB menurut kami masih sangat aman.

5. FUP Indihome 50 mbps

Bagi yang suka mendownload, streaming, dan bermain game online pasti membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Jadi paket internet yang tepat adalah 50 mbps. Jika Anda memilih paket ini, Anda akan mendapatkan batas penggunaan wajar sebesar 1.200GB dengan penurunan kecepatan menjadi 37,5 mbps.

Lalu, jika penggunaan internet mencapai 2.000 GB, kecepatan internet diturunkan menjadi 20 Mbps. Kecepatan internet 20 mbps masih tergolong cepat untuk streaming, download, dan browsing.

6. FUP Indihome 100 mbps

Bagi yang berencana memasang WiFi di rumah dengan kecepatan 100 mbps akan mendapatkan kuota sebesar 2.000 GB. FUP paket internet Indihome 1000 mbps adalah yang terbesar.

Namun perlu diingat, harga paket internet ini paling mahal dibandingkan paket internet lainnya. Pasalnya, biaya berlangganan paket mencapai Rp. 920.000 / bulan (Hanya untuk Internet).

Cara Cek FUP Indihome

Cara Cek FUP Indihome

Jika kamu sudah tahu dan mengerti batasan FUP terbaru, maka sekarang giliran mengenal bagaimana cara mengecek FUP Indihome.

Apabila kamu telurusi lebih lanjut, Cara cek FUP IndiHome ini sangat mudah dan tidak membutuhkan langkah khusus kok.

Terlebih, kamu juga bisa mengecek melalui berbagai perangkat seperti smartphone atau komputer. Nah, bagi kamu yang penasaran silahkan ikuti pembahasan kali ini.

1. Melalui Aplikasi MyIndihome

Untuk mendapatkan informasi yang valid terpercaya kalian bisa menggunakan aplikasi MyIndihome. Untuk mendapatkan layanan ini kalian harus install dulu melalui Play Store atau App Store.

Jika sudah, maka kalian bisa ikut langkah berikut ini :

  1. Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun yang terdaftar.
  2. Setelah itu login Klik menu profil.
  3. Kemudian lihat menu Status Pelanggan.
  4. Sekarang, kamu bisa melihat berapa FUP IndiHome.

Dengan menggunakan cara ini, kalian bisa mendapatkan informasinya dengan cepat, mudah dan efektif karena tidak usah login lagi.

Cukup simpan saja user dan passwordnya, maka kamu tinggal cek berapa FUP yang tersisa.

2. Melaui Website Indihome

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa memanfatkan website resmi mereka untuk melihat berapa batas usage info IndiHome.

Sama seperti aplikasi, untuk melihat informasinya kalian harus daftar terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan Kunjungi website https://indihome.co.id untuk melihat batas FUP IndiHome.
  2. Setelah itu klik menu myIndiHome.
  3. Lalu klik masuk dan login menggunkan akun tadi.
  4. Kemudian klik menu profile.
  5. Setelah itu tinggal cek Status Langganan.

3. Cek Melalui SMS

Terakhir, kamu bisa cara cek FUP via SMS. Langkahnya terbilang paling mudah jika kita bandingkan dengan beberapa cara tadi.

Terlebih, kamu tidak usah ribet untuk menginstall atau mengunjungi website mereka, karena cukup mengirimkan format tertentu kamu sudah mendapatkan informasinya.

Dan berikut ini cara cek sisa kuota FUP IndiHome via SMS :

Kirim SMS dengan format “ISP [spasi] IH [spasi] Kode area + nomor telepon [IndiHome]” lalu kirim ke 98108

Perlu kamu perhatikan, jangan salah dalam formatnya dan ikuti dengan baik. Namun, kekurangannya kamu harus menyiapkan pulsa kurang lebih Rp.350 sampai dengan Rp.500 untuk satu kali SMS.

Baca juga : Call Center Indihome 24 Jam

Tips Menggunakan Layanan Indihome dengan Baik dan Benar

Bagi kalian yang saat ini menggunakan layanan indihome, gunakan layanan ini dengan baik dan sesuai kebutuhan.

Agar nantinya kecepatan internet tidak menurun dan terhindar dari masalah.

Kesimpulan

Indihome sengaja memberikan batasan FUP untuk mengatur penggunaan internet bagi pelanggannya. Sebelum berlangganan Indihome, sebaiknya ketahui limit Indihome FUP agar Anda dapat memilih paket internet yang tepat.

Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal karena sudah tahu berapa FUP Indihome yang sebenarnya.

Demikian pembahasna kali ini tentang Batas FUP Indihome dan cara cek FUP Indihome lengkap dengan tips menggunakannya supaya kecepatannya tidak menurun.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, terimakasih.

Tinggalkan komentar