Cara Transfer Pulsa XL Ke Telkomsel

Cara Transfer pulsa XL ke Telkomsel – Mungkin kamu tidak pernah berpikiran bahwa terdapat layanan transfer pulsa antar operator.

Layanan ini hadir untuk memudahkan para pengguna kartu XL apabila ingin membagi transfer pada orang yang membutuhkan pada saat genting.

Sama halnya dengan operator lainnya yang juga memiliki layanan ini, operator XL pun akhirnya menghadirkan layanan yang sama.

Cara Transfer Pulsa XL Ke Telkomsel yang Simple

Untuk mengirim pulsa dari XL ke Telkomsel terbilang cukup mudah, karena ada 2 pilihan cara yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa melakukan transfer pulsa ke sesama atau beda operator. Agar proses transfer yang kamu lakukan tidak mengalami kendala, kamu wajib memperhatikan syarat dan ketentuan bagi pengirim pulsa. Antara lain adalah:

  • Pengirim harus memiliki saldo pulsa utama minimal sebesar Rp.5000
  • Proses kirim pulsa XL ke Telkomsel bisa kamu lakukan beberapa kali dalam sehari, tapi terdapat ketentuan batas maksimal pengiriman yaitu sebanyak 20 kali
  • Tidak hanya batas pengiriman, jumlah nominal pulsa yang akan dikirim juga memiliki batas maksimal sebesar Rp.1.000.000
  • Terdapat besaran biaya transfer pulsa yang bergantung pada besaran nominal pulsa yang akan dikirim. Berikut adalah daftar biaya transfer;
Nominal yang DitransferMasa AktifBiaya Transfer
Rp.1.000-Rp.2.9991 hariRp.1.000
Rp.3.000-Rp.9.9993 hariRp.1.000
Rp.10.000-Rp.24.9995 hariRp.1.000
Rp.25.000-Rp.49.99910 hariRp.1.000
Rp.50.000-Rp.99.99915 hariRp.1.500
Rp.100.000-Rp.200.00030 hariRp.2.000
Rp.200.000-Rp.300.00030 hariRp.3.000
Rp.300.000-Rp.500.00060 hariRp.5.000
Rp.500.000-Rp.1.000.00060 hari
Rp.6.000

Kamu perlu memahami bahwa biaya transfer pulsa XL ke Telkomsel akan selalu dikenakan setiap kali melakukan transfer. Biaya transfer tersebut nantinya akan ditanggung oleh pengirim pulsa.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama Operator

Jadi, sangat penting apabila sebelum melakukan transfer, kamu wajib untuk mengecek saldo terlebih dahulu. Setelah proses transfer selesai, maka pastikan bahwa ada saldo yang tersisa minimal adalah Rp.5.000.

Adapun 2 cara bagi pulsa XL ke Telkomsel yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Cara Transfer Pulsa Melalui Fitur SMS

Cara kirim pulsa dari XL ke Telkomseldengan menggunakan SMS merupakan langkah yang paling mudah untuk kamu praktikkan.

Langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu SMS.
  2. Ketik pesan baru dengan format, BAGI(spasi)nomor penerima(spasi)jumlah nominal pulsa.
  3. Kirim pesan tersebut ke 168.
  4. Tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi transfer pulsa XL ke Telkomsel.
  5. Jika notifikasi sudah masuk, balas Y(ya) sebagai validasi atas pengiriman pulsa tersebut.
  6. Terakhir, kamu akan mendapatkan  notifikasi bahwa transfer singkat pulsa XL ke Telkomsel telah berhasil.

2. Cara Transfer Pulsa XL Ke Telkomsel Melalui Call/Panggilan

Bagi kamu yang memilih cara kirim pulsa XL ke Telkomsel melalui panggilan atau call, kamu harus memasukkan beberapa kode USSD, simak tutorial lengkapnya di bawah ini:

  1. Buka menu call/panggilan.
  2. Masukkan beberapa kode angka atau simbol atau kode USSD, yaitu *123#.
  3. Selanjutnya buka menu mpulsa kemudian pilih OK.
  4. Jika sudah terbuka, pilih menu BAGI Pulsa dan pilih OK.
  5. Setelah itu masukkan nomor penerima pulsa XL atau nomor tujuan yang akan diberikan pulsa.
  6. Masukkan pula besaran nominal pulsa XL yang akan dikirimkan.
  7. Langkah terakhir, ikuti perintah selanjutnya yang akan muncul kemudian.Biasanya setelah itu akan muncul notifikasi bahwa transfer pulsa XL ke Telkomsel berhasil dilakukan.

Penyebab Transfer Pulsa XL Ke Telkomsel Gagal Dilakukan

Mungkin banyak yang mengira bahwa proses pengiriman pulsa dari XL ke Telkomsel selalu berhasil dilakukan. Namun, adakalanya transfer yang kamu lakukan terkadang juga mengalami kegagalan.

Nah, untuk mengetahui penyebab gagalnya transfer bisa disimak di bawah ini:

  1. Salah satu nomor utamanya nomor XL masa aktifnya telah habis. Padahal untuk melakukan transfer kedua nomor harus aktif
  2. Tidak adanya saldo pada nomor pengirim. Untuk itu sangat penting bagi kamu yang akan mentransfer pulsa ke Telkomsel mengecek sisa saldo terlebih dahulu. Minimal terdapat sisa saldo pada nomor XL sebesar Rp.5.000 setelah proses transfer pulsa berhasil kamu lakukan
  3. Tidak Memenuhi syarat dan ketentuan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.
  4. Cara transfer pulsa yang kamu lakukan salah. Di atas telah diuraikan secara lengkap langkah-langkah transfer baik itu melalui SMS atau melalui call/panggilan sehingga kamu harus memastikan bahwa langkah untuk mengirim pulsa telah dilakukan dengan benar.
  5. Perangkat sedang error. Mengapa demikian? Karena jika smartphone dalam keadaan off, maka pengiriman pulsa dari XL ke Telkomsel bisa mengalami kegagalan atau bisa juga pending beberapa saat

Kesimpulan

Cara transfer pulsa XL ke Telkomsel pada dasarnya sangat mudah. Sama halnya dengan cara transfer pulsa operator lainnya.

Dengan adanya layanan transfer pulsa dari XL, pengguna akan semakin mudah memberikan pulsa pada teman atau keluarga yang membutuhkan pulsa. Atau pada mereka yang tidak bisa membeli pulsa karena jauh dari konter.

Namun, di balik kemudahan transfer pulsa XL ke telkomsel tersebut. Kamu harus membaca syarat dan ketentuan dengan baik agar tidak mengalami gagal transfer.

Tinggalkan komentar