Kartu Axis Tidak Bisa Internetan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu Axis Tidak Bisa Internetan – Provider Axis dikenal sebagai provider yang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah memberikan harga kuota yang murah. Alhasil banyak orang yang kemudian menggunakan kartu Axis untuk mendapatkan kuota dengan harga terjangkau.

Akan tetapi, menggunakan provider ini sering kali mengalami gangguan saat berinternetan. Tentu saja semua itu sebanding dengan harganya.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasinya?

Kamu tidak perlu khawatir, sulit untuk berinternetan dengan Axis bisa diatasi dengan cara dan tips di bawah ini.

Penyebab Axis Tidak Bisa Internetan

Umumnya yang paling sering mengalami masalah menggunakan internet dengan kartu Axis adalah pengguna kartu perdana. Namun, banyak pula para pengguna lama kartu Axis mengalami hal yang serupa, tidak bisa mengakses internet dengan baik.

Penyebab kartu Axis tidak bisa internetan bisa terjadi karena banyak hal misalnya melakukan akses internet dengan kartu Axis dalam waktu yang cukup lama. Bisa pula terjadi karena adanya kesalahan saat melakukan pengaturan pada kartu APN Axis.

Penyebab krusial lainnya bisa terjadi karena gangguan jaringan akibat tower Axis mengalami gangguan seperti hujan badai atau gangguan yang lainnya.

Gangguan yang terjadi pada kartu,  akhirnya menjadi penyebab kamu tidak bisa menggunakan kartu Axis untuk browsing dan lainnya.

Cara Mengatasi Kartu Axis Tidak Bisa Untuk Internetan

Jika sudah mengetahui tentang penyebab gangguan pada kartu Axis tidak bisa internetan, maka kamu pun harus tahu dan paham tentang bagaimana cara mengatasinya, agar kartu Axis bisa kamu gunakan untuk internetan lagi.

Perhatikan Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Restart Ponsel Terlebih Dahulu

Cara mengatasi kartu Axis tidak bisa internetan sebenarnya tidak terlalu sulit. Cara pertama, kamu bisa mengatasinya  dengan cara restart Hp terlebih dahulu dan setelah itu, kamu bisa menyalakannya kembali dan mengaktifkan data internet Axis.

2. Hidupkan Mode Pesawat

Sering kali terjadi kartu Axis mengalami masalah jaringan yang tidak stabil. Untuk menstabilkannya kamu bisa menggunakan cara satu ini, yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat.

Aktifkan selama sekitar 1 menit dan matikan kembali. Pada saat itu ponsel akan mencari jaringan yang paling stabil. Meskipun cara ini terbilang kuno dan tidak banyak yang melakukan, kamu bisa coba juga.

4. Mengetes Kartu Axis di Ponsel yang Lain

Apabila cara pertama gagal, kamu masih bisa mencoba cara yang lain, yakni dengan melakukan tes pada kartu Axis dengan menggunakan ponsel yang lain.

Apabila pada ponsel lain kamu bisa menggunakannya, kemungkinan pengaturan settingan APN ponsel mengalami masalah. Solusinya, tentu saja kamu harus memperbaiki settingan APN tersebut.

5. Lakukan Setting APN Axis

Berkaca pada masalah sebelumnya, yakni setting APN yang mengalami masalah, untuk mengatasi kartu Axis tidak bisa internetan adalah tinggal mengubah settingan APN Axis.

Bagaimana caranya? Simak di Bawah ini:

  • Masuk ke menu pengaturan dan pilih more setting
  • Lalu pilih mobiles network
  • Pilih acces point name(APN) dan pilih new APN
  • Pilih connection name dengan menggunakan : Axis(nama yang disukai)
  • Pada bagian APN isi dengan menggunakan Axis
  • Selanjutnya pada bagian username isi dengan Axis
  • Nanti akan muncul kolom pasword dan masukkan angka 123456
  • Pilih save

6. Pastikan Bahwa Tidak Ada Gangguan Jaringan dari Operator

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kartu perdana Axis tidak bisa internetan adalah memastikan bahwa tidak adanya gangguan jaringan. Tunggu beberapa saat hingga jaringan kembali normal. Memang sebagai provider dengan jumlah peminat banyak, jaringan eror adalah masalah yang akrab.

7. Ubah Pengaturan Jaringan ke 3G

Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini banyak pengguna smartphone yang beralih menggunakan jaringan 4G LTE. Biasanya smartphone memang sudah di set ke 4G.

Nah, apabila kartu Axis tidak bisa internetan, silahkan kamu ubah dulu jaringan di ponsel ke 3G. Cek sebentar, apakah kartu sudah bisa digunakan untuk internetan. Bagi yang kartunya hanya khusus 4G, maka cara ini tidak perlu dipakai.

8. Kurangi Terlalu Banyak Paketan

Kartu Axis termasuk kartu yang banyak memiliki kelebihan. Misalnya saja menyediakan banyak pilihan paket kuota mulai dari chat, music hingga Axis kzl games.

Nah, penting untuk kamu ketahui bahwa dengan membeli kuota dengan banyak jenis bisa jadi penyebab kartu tidak bisa terkonek ke internet.

9. Kuota Harus Sesuai dengan Jaringan

Kartu Axis tidak bisa internetan bisa jadi karena kuota yang kamu gunakan tidak sesuai dengan jaringan. Misalnya membeli kuota hanya untuk 4G, apabila jaringan di ponsel kamu 3G tentu saja tidak bisa digunakan.

Begitu pula sebaliknya apabila membeli kuota 3G sedangkan lokasi kamu justru 4G, maka kamu tetap tidak bisa menggunakannya.Jadi, pastikan bahwa paket interner yang digunakan sesuai dengan sinyal lokasi.

Kesimpulan

Kartu Axis tidak bisa internetan, kali ini bukanlah masalah besar. Dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan mengetahui tentang cara mengatasinya, semuanya akan lebih mudah.

Semoga cara di atas bermanfaat, ya!

Tinggalkan komentar