Kartu XL Tidak Bisa Internet? Ini 10 Solusi + Penyebabnya!

Kartu XL tidak bisa internet – Beberapa pengguna terus mengeluh karena mereka sering mengalami masalah kartu XL yang tidak bisa internetan.

Masalah seperti ini tergolong rumit dan tidak seperti masalah lainnya. Hal ini karena memprediksi kondisi jaringan sangat sulit karena kita juga berpacu dengan alam.

Bahkan tidak hanya itu saja, penyebab kartu XL tidak bisa internet juga sangat banyak dan merepotkan apabila tidak segera kita selesaikan.

Masalah ini tambah rumit, apalabila kita sangat membutuhkannya untuk browsing, main sosmed, mengirim pesan, menelpon dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu pengguna kartu XL, saya sudah sering mengalami masalah seperti ini, malahan pernah sampai-sampai klien kabur gara-gara telat untuk mengkonfirmasi pesanannya.

Meski sudah bertahun-tahun saya menggunakan kartu ini, akhirnya ada kekecewaan yang cukup mendalam. Oleh karena itu, saya terus mencari cara untuk mengatasi kartu xl yang tidak bisa browsing.

Akhirnya ketemu dan sampai saat ini masih aman dan lancar aja kok. Kamu penasaran?

Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Internet

Bagi kamu yang menggunakan kartu XL Axiata tapi tidak bisa mengakses internet, jangan khawatir karena saya sudah punya beberapa solusinya.

Namun, sebelum itu ada baiknya baca dulu beberapa penyebab xl tidak bisa internet :

  • Gangguan Jaringan.
  • Kuota sudah habis.
  • Kartu sudah masuk dalam masa tenggang.
  • Kartu terblokir.
  • Dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa masalah umum yang sering saya hadapi ketika kartu XL yang saya gunakan tidak bisa mengakses internet.

Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi kartu XL tidak bisa internet berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman saya.

Silahkan simak dengan baik ya.

1. Pastikan Sinyal XL Tidak Bermasalah

Belakangan ini memang banyak sekali pengguna yang mengeluh karena sinyal yang mereka dapatkan sering kali tiba-tiba saja kecil dan tidak kuat untuk mengakses internet.

Jika terjadi hal seperti ini kamu harus mencari tempat yang lebih terbuka, tinggi ataupun stategis untuk mendapatkan sinyal.

Beberapa tempat yang saya rekomendasikan adalah lapangan, bukit, pohon, jendela dan beberapa tempat lainnya.

2. Periksa Jumlah Kuota XL yang Tersisa

Sama halnya dengan provider lain, tanpa adanya kuota yang mencukupi kita tidak akan bisa mengakses internet.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memastikan bahwa kuota masih banyak atau tersedia dan mencukupi untuk mengakses jaringan internet.

Untuk mengeceknya kamu bisa menggunakan kode dial *123# atau lebih simple *123*7*1*1# dan silahkan pilih beberapa paket yang terdaftar pada kartu tersebut.

3. Coba Ganti Jenis Jaringan

Ketika kartu XL tidak terhubung ke Internet, kamu harus melihat apakah jaringannya sudah cocok atau belum.

Karena jika tidak, maka kamu tidak akan bisa mengakses internet walau sudah mengisi kuota dengan jumlah yang besar.

Oleh karena itu, jangan salah dalam melakukan setting jaringan, karena akibatnya sangat fatal. Untuk mengindari hal ini kamu tinggal cek pada pengaturan perangkat.

Langkahnya sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk ke pengaturan.
  2. Kemudian masuk ke menu Jaringan Seluler.
  3. Kemudian tinggal ubah jaringannya.

Pada umumnya, sebuah smartphone mempunyai pengaturan default yakni jaringan 2G. Oleh karena itu, kamu harus mengubahnya ke 3G atau 4G agar bisa internetan.

4. Periksa Masa Aktif Paket Internet XL

Sebagai pengguna, kadang kala kita sering lupa dalam mengecek masa aktif paket yang ada. Hal ini karena, kita doyannya cuma make tanpa sering melakukan pengecekan secara berkala.

Hati-hati, kondisi seperti ini bisa saja berpengaruh terhadap fungsi dari kuota itu sendiri. Dimana, jika kamu tidak tahu apakah kuota masih aktif atau tidak maka ada kemungkinan masalah seperti ini bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, pastikan kamu cek terlebih dahulu masa aktif kuota internetnya ya. Untuk melakukannya kamu bisa cek melalui *123# atau menggunakan aplikasi MyXL.

5. Coba untuk Mulai Ulang Perangkat

Kadang kala kapasitas RAM yang terbatas bisa menjadi salah satu kendala kenapa kita tidak bisa mengakses internet.

Apa hubungannya? Ketika kamu membuka beberapa aplikasi yang memerlukan akses internet maka jaringan akan terbagi ke dalam beberapa aplikasi tersebut.

Akibatnya, selain RAM penuh koneksi internet XL kalian juga akan lemot, dan bahkan tidak bisa terkoneksi sama sekali.

Untuk mengatasi hal semacam ini, kamu bisa mulai ulang perangkat dengan menekan tombol power sambil memilih opsi “Mulai Ulang perangkat”.

6. Menggunakan Air Plane Mode

Sebagian pengguna kadang kala tidak tahu bahwa kita bisa mengatasi kartu XL tidak bisa internet dengan menggunakan mode pesawat.

Dengan menggunakan air plane mode ini, secara otomatis jaringan akan di-refresh sehingga sinyal akan mulai dari awal lagi dan berpotensi untuk stabil.

Terlebih, langkahnya sangat simple dan mudah lho. Kamu bisa ikut tutorial berikut ini :

  • Silahkan scroll navigasi ke bawah.
  • Lalu klik pada ikon pesawat.
  • Kemudian tunggu 1-3 menit.
  • Selanjutnya matikan kembali.

Sangat efektif dan mudah bukan?

7. Lakukan Pengaturan APN

Bagi kamu yang belum tahu, APN adalah sebuah pengaturan untuk memaksimalkan akses jaringan baik pada smartphone, modem dan lain sebagainya.

Umumnya, setting APN ini akan mengikuti apabila kita menggunakan sebuah kartu SIM. Tapi, kadang kala APN tersebut ada kemungkin bisa berubah tanpa sepengetahuan kita atau bahkan kita lupa untuk mengembalikannya.

Oleh karena itu, kita harus mengaturanya kembali, dengan cara :

  1. Silahkan Masuk ke pengaturan.
  2. Lalu buka menu jaringan Seluler.
  3. Kemudian masuk ke Pengaturan APN.
  4. Setelah itu tinggal Setel Ulang APN.

Jadi, kita tidak mengubahnya akan tetapi hanya mengembalikannya ke pengaturan awal saja. Apabila ingin menggantinya juga bisa, tapi menurut pengalaman saya kadang kala sering terjadi error sehingga APN bawaan lebih baik untuk kita gunakan.

8. Pastikan Kartu Sudah Terdaftar

Memastikan apakah kita sudah melakukan registrasi atau belum sangat mudah sekali kok. Kamu cukup masuk ke aplikasi panggilan kemudian ketik *123# dan lihat apakah ada jumlah pulsa atau tidak.

Bila “0” atau ada angkanya berarti kamu sudah berhasil, tapi jika tidak ada keterangan maka ini merupakan indikasi kamu belum melakukan registrasi.

Atau jika sudah, maka pendaftarannya tidak berjalan dengan sempurna. Untuk melakukan registrasi kamu bisa ikuti langkah berikut.

Ketik SMS dengan format “ULANG#NomorNIK#NomorKK” danĀ  kirim ke “4444”.

Saya pilih SMS karena prosesnya sangat mudah dan jarang sekali mengalami gangguan. Maka dari itu cara ini sangat praktis dan cocok untuk kamu coba.

9. Menghubungi Call Center

Saat mengalami masalah seperti ini, maka kamu bisa meminta bantuan Call Center atau media yang sudah disiapkan oleh pihak XL untuk mendukung para penggunanya.

Ada beragam nomor yang bisa kamu gunakan, untuk itu silahkan baca artikel berikut ini untuk melihat nomor lengkapnya.

Baca juga : Nomor Call Center XL Bebas Pulsa 24 Jam

10. Pergi Ke Gerai XL Terdekat

Apabila kamu tidak berhasil untuk mengatasi kartu XL yang tidak bisa internetan, maka langkah terakhir yang bisa kalian gunakan adalah pergi ke gerai terdekat.

Kalian tinggal datang saja dan katakan apa kebutuhan atau keluhannya, maka selang beberapa waktu customer service akan segera memperbaiki masalah tersebut.

Kesimpulan

Cara mengatasi kartu XL tidak bisa internet yang sudah saya sampaikan murni berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya sudah bertahun-tahun menggunakannya jadi hafal seluk beluknya.

Terlebih, saya memberikan langkah yang mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu bisa memakainya tanpa perlu khawatir akan salah.

Jika kamu ada tips lain yang bisa saya masukan, silahkan letakan saja pada kolom komentar dan nanti akan saya masukan ke dalam list cara mengatasi kartu XL Axiata tidak bisa internetan.

Demikian pembahasan tentang penyebab kartu XL tidak bisa konek internet dan cara mengatasi kartu XL tidak bisa internet lengkap dengan tipsnya.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar