Kartu XL Tidak Bisa Kirim atau Terima SMS? Ini 9 Solusinya!

Kartu XL Tidak Bisa Kirim atau Terima SMS – Banyak orang mengeluh karena kartu XL tidak bisa mengirim atau menerima SMS baik dari sesama pengguna maupun dari operator lain.

Bagi sebagian orang, masalah seperti ini memang tidak masalah karena tidak terlalu pentinh. Tapi, bagi orang yang membutuhkannya ini bisa menjadi masalah besar dan rumit untuk mereka selesaikan.

Bahkan, mereka juga telah melakukan berbagai macam cara tapi hasilnya nihil. Parahnya, masalah kartu XL tidak bisa mengirim SMS ini malah semakin menjadi-jadi.

Hingga akhirnya pengguna menjadi emosi dan kecewa terhadap operator tersebut. Jika kartu XL tidak bisa mengirim pesan secara terus-terusan tentu hal ini akan menjadi masalah besar bukan?

Maka dari itu, saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang cara mengatasi kartu XL tidak bisa kirim atau menerima Pesan lengkap dengan penyebab kartu XL tidak bisa kirim SMS.

Yuk, simak dengan baik.

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Bisa Kirim atau Terima SMS

Pasti banyak yang bertanya kenapa tidak bisa kirim sms XL? Apakah sendang mengalami gangguan atau bagaimana?

Pertanyaan seperti ini pasti akan muncul dalam benak kalian. Benar bukan?

Nah, bagi kamu yang sudah pensaran kenapa kartu XL tidak bisa menerima SMS, berikut ini beberapa penyebab XL tidak bisa kirim atau menerima SMS.

Silahkan simak dengan baik ya.

Penyebab kartu XL tidak bisa kirim atau menerima SMS :

  • Pulsa sudah habis.
  • Berada dalam masa tenggang.
  • Kartu Belum Ter-registrasi.
  • Jaringain mengalami gangguan.
  • Kartu sudah terblokir.

Dari pengalaman saya pribadi, biasanya yang paling sering terjadi adalah pulsa sudah habis, kartu berada dalam masa tenggang dan jaringan mengalami masalah.

Tapi, yang lebih parah jika kartu sudah terblokir, maka kamu membutuhkan cara khusus untuk mengatasi masalah seperti ini.

Untuk itu, silahkan simak beberapa langkah yang bisa kalian coba.

1. Pastikan Pulsa Sudah Mencukupi

Jika pulsamu tidak mencukupi maka jelas tidak akan bisa mengirim SMS dan hanya bisa menerima pesan saja. Oleh karena itu, kamu harus memastikan pulsa udah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Untuk XL sendiri biasanya membutuhkan pulsa kurang lebih Rp.300 sampai dengan Rp.500 saja agar dapat terkirim.

Sementara untuk sesama pengguna biasanya sering ada gratisan, kalaupun tidak minimal kamu harus punya pulsa supaya mendapatkan gratisan.

Oleh karena itu, cek dulu sisa pulsanya. Jika kurang, maka kamu harus mengisinya agar dapat menikmati layanan SMS.

2. Cek Apakah Kartu Sudah Terdaftar Atau Tidak

Ini penting, biasanya pengguna sering kali mengabaikan hal seperti ini karena mereka merasa ini tidak berfaedah dan kurang penting.

Padahal, bila kamu perhatikan dampaknya sangat besar. Salah satunya, bisa saja kartumu tidak terdaftar yang menyebabkan kartu XL tidak bisa mengirim pesan.

Bahkan, kadang kala ada beberapa pengguna yang tidak bisa menerima pesan. Jika sudah begini, maka kamu yang akan rugi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa baca : Cara Cek Kartu Sudah Terdaftar Atau Tidak

3. Mencari Tempat Lain

Tidak selamanya kamu mempunyai koneksi atau jaringan yang bagus. Kadang kala jaringannya cuma ada dua baris atau bahkan terdapat tanda “X”.

Akibatnya, walau kuota dan pulsa banyak maka percuma saja karena tidak akan bisa kita gunakan. Oleh karena itu, saya menganjurkan teman-teman untuk mencari tempat yang lain.

Beberapa tempat yang banyak sinyal biasanya ada di lapangan, pohon, jendela, pinggir jalan dan lain sebagainya yang memiliki ruang lingkup yang luas.

4. Cek Masa Berlaku Kartu XL

Besar kemungkinan kartu XL tidak bisa kirim atau terima SMS disebabkan oleh nomor yang sudah hangus atau habis masa berlakunya.

Jika seperti ini, maka kamu akan gagal mengirim pesan XL, atau bahkan tidak bisa menerima sms sama sekali. Kerjadian seperti ini tentu sangat merugikan. Benar bukan?

Untuk itu, kamu harus melakukan cek ulang apakah msa aktif kartu masih berlaku atau tidak. Apabila sudah habis maka kamu perlu memperpanjang masa aktif kartu XL lho.

5. Ubah Jaringan

Salah satu cara mengatasi kartu XL yang tidak bisa kirim atau Terima SMS adalah dengan mengubah jaringan dari WCDMA ke GSM.

Alasannya karena jaringan WCDMA biasanya lebih fokus kepada jaringan internet sementara sinyal GSM lebih stabil saat mengirimkan pulsa.

Untuk mengaturnya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Masuk ke Pengaturan pada smartphone kalian.
  2. Lalu pilih menu Jaringan Seluler.
  3. Kemudian pilih Sim card yang kamu gunakan.
  4. Selanjutnya, tinggal pilih jenis jaringannya.

Dengan beberapa langkah tersebut, kamu sudah bisa memperbaiki kartu XL yang tidak bisa mengirim atau menerima SMS dengan mudah dan cepat.

6. Mulai Ulang Perangkat atau Smartphonenya

Sebuah perangkat biasanya sering kali mengalami erorr, termasuk saat mengirimkan pesan. Untuk itulah kita harus melakukan restart perangkat supaya bisa normal kembali.

Nantinya, sistem akan melakukan refresh dan jaringan akan sembuh seperti sediakala. Sehingga, ada kemungkinan masalah seperti ini bisa teratasi hanya dengan mulai ulang perangkat saja.

7. Cek Status Kartu XL

Sebagai pengguna, mungkin saja kamu telah melakukan beberapa pelanggaran yang menyebabkan kartu XL terblokir dan tidak bisa digunakan.

Karena terblokir, otomatis nomor XL tidak bisa kirim atau menerima sms walau kamu sudah mencobanya berkali-kali.

Salah satu indikasi apabila kartu sudah diblokir adalah dengan melihat ikon pada smartphone. Jika ada tanda “X” maka bisa jadi kartumu sudah terblokir.

8. Pastikan Mengirim SMS dengan SIM yang Benar

Ada kalanya bukan kartu atau perangkat yang mengami kesalahan, akan tetapi kita sebagai penerima juga bisa menyebabkan hal tersebut.

Salah satu contohnya adalah ketika hendak mengirimkan SMS tapi kita malah menggunakan SIM yang lain. Bila kartu tersebut tidak ada pulsa atau paket maka tidak akan terkirim.

Untuk mengatasi hal semacam ini, kamu harus memastikan telah mengirim SMS dengan menggunakan nomor yang benar.

9. Menghubungi Call Center XL

Ketika kartu XL gagal kirim smsĀ  terus-menerus atau tidak bisa menerimanya, maka kamu bisa mencoba untuk menghubungi nomor darurat yang sudah disediakan oleh pihak XL.

Nomor tersebut memang sengaja mereka berikan karena khusus untuk membantu mengatasi masalah pada para penggunanya.

Untuk menhubunginya, kalian bisa baca artikel berikut :

Yuk, hubungi nomor Call Center XL Bebas Pulsa 24 Jam

Kesimpulan

Jika kamu mengalami masalah kartu XL tidak bisa kirim atau menerima SMS, maka sebaiknya jangan panik dan analisa apa penyebab masalah tersebut.

Jika sudah kamu temukan, silahkan pilih salah satu cara tadi untuk mengatasinya. Karena berdasarkan pengalam saya, biasanya dengan beberapa metode tersebut kartu XL dapat normal kembali.

Bila gagal, kamu tinggal datang saja ke gerai XL terdekat agar masalahmu dapat teratasi dengan baik.

Nah, demikian pembahasan kali ini tentang kartu XL tidak bisa kirim atau terima sms lengkap dengan penyebab xl tidak bisa mengirim pesan.

Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, silahkan lampirkan dalam kolom komentar ya, siapa tahu saya bisa bantu masalahmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Tinggalkan komentar