Kartu XL Tidak Bisa Nelpon? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kartu XL tidak bisa nelpon – Belakangan ini banyak pelanggan yang mengeluh karena kartu XL tidak bisa nelpon padahal sudah mencoba berkali-kali.

Bahkan, parahnya lagi kemaren masih bisa sekarang tiba-tiba saja tidak bisa kita gunakan untuk melakukan panggilan keluar.

Aneh bukan?

Sadar atau tidak, jika kita biarkan saja ini bisa menjadi salah satu masalah yang sering dan sangat merugikan, apalagi jika kita ada kepentingan.

Contohnya seperti menjemput anak, kebutuhan informasi, kerja sama dengan klien, transaksi dan lain sebagainya.

Dari yang saya pantau, rata-rata kejadian seperti ini awal mulanya setelah menekan tombol panggilan malah ada suara “maaf kamu tidak bisa melakukan panggilan ini, cobalah beberapa saat lagi”.

Bahkan, tidak hanya itu lho, masih banyak yang lainnya.

Kira-kira kenapa ya bisa terjadi hal seperti ini?

Untuk menjawab pertanyaanmu, saya sudah merangkum beberapa penyebab kartu XL tidak bisa nelpon. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Nelpon?

Pasti kamu bertanya kenapa sih kartu XL saya tidak bisa melakukan panggilan keluar? Saat nelpon kok malah muncul pesan? Apakah XL sedang error dan lain sebagainya.

Beberapa pertanyaan seperti itu pasti muncul dari kepalamu, lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebabnya sampai-sampai kita tidak bisa nelpon?

Nah,  jadi Ada banyak alasan mengapa kita tidak bisa melakukan panggilan dengan menggunakan kartu XL, seperti :

  • Nomor sudah terblokir.
  • Pulsa habis.
  • Jaringan bermasalah.
  • Pulsa tidak masuk.
  • Paket nelpon sudah habis.
  • Pulsa tiba-tiba hialng.
  • Kartu belum teregistrasi.
  • Perangkat error.
  • Dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak sekali alasan-alasan kuat kenapa kamu tidak bisa melakukan telpon ataupun menerima telpon dari luar.

Namun, sejauh ini yang paling sering terjadi itu biasanya karena jaringan bermasalah, pulsa habis ataupun paket nelpon yang sudah kadaluarsa.

Untuk mengatasi hal semacam itu, saya sudah menyiapkan beberapa cara mengatasi kartu XL tidak bisa nelpon lengkap dengan tipsnya.

Yuk, langsung saja kita bahas.

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Bisa Nelpon

Jangan lupa, jadikan beberapa penyebab tadi sebagai indikasi kenapa kartu XL tidak bisa melakukan panggilan. Ini penting, sebab tanpa mengetahui masalahnya kita tidak akan bisa menyelesaikannya.

Jika memang sudah tahu, silahkan simak saja ulasan berikut ini dengan baik.

1. Lakukan Panggilan Secara Berkala

Salah satu masalah kenapa kartu XL tidak bisa nelpon adalah jaringan yang kurang stabil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jika memang demikian, alangkah baiknya kamu lakukan panggilan secara berkala sambil melihat apakah jaringan sudah kembali normal atau tidak.

Kamu bisa memberi jeda kurang lebih 5-10 menit supaya hasilnya lebih maksimal. Tapi, jika ingin lebih cepat kamu harus baca langkah selanjutnya.

2. Berpindah Tempat

Karena jaringan yang tak kunjung datang, kamu harus inisitif dengan mencari tempat lain yang sekiranya mempunyai kapasitas jaringan yang baik.

Kamu bisa mencoba beberapa tempat seperti Jendela, dekat pintu, depan rumah, pinggir jalan atau bahkan kalau memang sulit bisa mencari tempat yang lebih tinggi.

3. Periksa Masa Aktif Kartu

Sebagai manusia, kadang kali kita sering lupa untuk memperpanjang masa aktif kartu XL, bahkan saking lamanya tidak kita isi kartu tersebut mati.

Jika sudah hangus atau mati, maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa nelpon walau jumlah pulsamu banyak.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu masa aktif kartu XL yang tidak bisa nelpon masih ada sehingga kemungkinan berhasilnya masih sangat tinggi.

4. Lakukan Cek Ulang Jumlah Saldo

Selain lupa dalam memperpanjang, kadang kala kita juga ikut lupa untuk mengisi pulsa. Hal ini wajar saja, karena kebanyakan pengguna sekarang ini lebih sering menggunakan voucher.

Sehingga, secara otomatis pulsa dalam kartu tersebut tidak ada yang menyebabkan kamu tidak bisa melakukan panggilan.

Jadi, kamu harus cek dulu ya apakah pulsamu masih ada atau tidak. Jika memang kosong, maka segera isi melalui konter terdekat.

5. Mulai Ulang Perangkat

Ada kemungkinan kartu XL tidak bisa nelpon itu terjadi karena smartphone atau perangkat yang kita gunakan bermasalah.

Jika benar, maka masalah utamanya bukan pada kartu melainkan para perangkat yang kita gunakan. Beberapa ciri-ciri perangkat yang sering mengalami gangguan adalah sering lag, jaringan sering lup lep dan lain sebagainya.

Apabila seperti ini, maka kamu bisa lakukan restart perangkat sehingga dia akan memulai ulang sistemnya dari awal termasuk jaringannya.

6. Memakai Mode Pesawat

Ketika masalah jaringan menghampiri, Air Plane mode bisa menjadi salah satu solusi yang bagus. Terlebih, cara penggunaanya juga tidak ribet kok.

Kamu cukup scoll navigasi kebawah, temukan ikon pesawat kemudian klik saja dan tunggu hingga beberapa menit.

Apabila sudah, maka kamu klik untuk mematikannya. Sekarang coba, apakah kamu sudah bisa nelpon atau masih bermasalah.

7. Merubah Jaringan

Ketika mengalami masalah kartu XL tidak bisa melakukan panggilan, maka kamu harus segera mengganti jaringannya.

Langkanya juga cukup mudah kok, kamu tinggal masuk ke pengaturan kemudian cari pengaturan jaringan dan pilih SIM yang kamu gunakan.

Setelah itu, silahkan ubah dari jaringan 4G/3G ke 2G supaya koneksi untuk melakukan panggilan lebih stabil dan lancar.

8. Lakukan Registrasi Ulang

Jika kamu adalah pengguna baru atau membeli kartu perdana, maka cek apakah proses registrasinya sudah benar atau tidak.

Apabila setelah kamu melakukan cek ulang tapi masih belum benar, maka lakukan registasi ulang dengan format :

Ketik ULANG(Spasi)NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444

Gimana? mudah kan?

9. Hubungi Call Center XL

Sebagai salah satu provider ternama, mereka tentu memiliki nomor kontak yang bisa kita hubungi apabila ada masalah.

Ketika semua cara sudah kamu lakukan, tanyakan kenapa kartu xl tidak bisa nelpon, apakah karena telah terblokir, tidak terdaftar atau bagaimana.

Kamu tinggal konsultasikan saja, untuk nomornya kamu bisa dapatkan melalui tulisan berikut ini :

Nomor Call Center XL 24 Jam

10. Datang ke Gerai XL

Bila kamu sudah mencoba berbagai hal, tapi hasilnya nihil maka jalan terakhir adalah mengunjungi gerai XL terdekat.

Kamu bisa melakukan konsultasi dengan bebas dan tanyakan penyabab dan cara mengatasi kartu XL tidak bisa nelpon.

Maka, mereka akan segera memproses permintaanmu.

Kesimpulan

Ada berbagai hal yang menyebabkan kartu XL tidak bisa nelpon atau melakukan panggilan, beberapa diantaranya seperti kartu hangus, pulsa habis, tidak terdaftar, masalah jaringan dan lain sebagainya.

Namun, kamu bisa mengatasi semua itu dengan beberapa langkah sederhana yang sudah saya berikan. Semua layanan tersebut gratis sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang.

Demikian, pembahasan kali ini tentang penyabab nomor xl tidak bisa nelpon dan cara mengatasi kartu XL tidak bisa melakukan panggilan lengkap dengan tipsnya.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat dan jika ada hal yang ingin kamu tanyakan silahkan lampirkan saja dalam kolom komentar.

Selamat mencoba dan terimakasih.

Tinggalkan komentar