Kuota Axis tidak Bisa Digunakan? Inilah 4 Cara Mengatasinya

3 min read

Cara Mengatasi Kuota Axis tidak Bisa Digunakan

Kuota Axis tidak Bisa Digunakan – Kuota Axismu masih banyak, tapi kok tidak bisa digunakan? Berarti kamu dalam masalah. Tapi tak usah panik, Masalahmu bisa diselesaikan kok. Banyak orang yang mengalami hal serupa.

Biasanya, penyebab kuota Axis tidak bisa dipakai berhubungan dengan jaringan. Namun, masalah jaringan tersebut tak melulu karena sistem Axis sedang error. Bisa juga karena handphonemu yang sedang bermasalah dan masalah-masalah lainnya.

Kok bisa? Yuk lanjut membaca biar lebih paham.

Penyebab Kuota Axis tidak Bisa Digunakan

Seperti yang kita ketahui, Agar kuota bisa digunakan, kamu harus tersambung ke internet. Caranya dengan mengaktifkan ikon paket data di handphonemu.

Jika ikon paket data sudah aktif tapi kuotamu tak bisa kamu gunakan, 3 hal berikut bisa jadi penyebabnya.

1. Jaringan Axis dalam Gangguan

Semua orang membutuhan jaringan yang cepat. Karenanya banyak para provider kartu prabayar yang berlomba-lomba memperkuat jaringan mereka. Meski begitu, masalah tetap saja bisa terjadi.

Saat jaringan Axis dalam gangguan karena sistem, secara otomatis kuotamu yang masih tersisa banyak tak bisa kamu gunakan. Kalau sudah begini, kamu perlu bersabar sampai jaringan Axis kembali membaik.

2. Handphone Bermasalah

Terlalu banyak aplikasi dan file dapat mengganggu sistem kerja handphonemu. Gejala utama biasanya handphonemu tiba-tiba lemot. Kondisi ini bisa mempengaruhi kemampuannya dalam menangkap jaringan loh.

Maka penting untuk memasang aplikasi dan menyimpan file seperlunya saja. Meski handphone adalah benda mati, ia tetap barang elektronik yang memiliki daya kerja yang terbatas.

3. Lampu PLN Padam

Di kota-kota besar mungkin jarang sekali ada gangguan listrik. Kalau pun ada itu tak sampai mengganggu kerja tower-tower penangkap jaringan.

Sayangnya berbeda dengan di pelosok desa, lampu PLN padam sering terjadi. Bisa berjam-jam bahkan seharian.

Padamnya lampu PLN ini bisa menyebabkan jaringan 4G menghilang. Akibatnya, internet berjalan sangat lambat. Bahkan tak bisa diakses sama sekali.

Kondisi begini akan menjadikan kuotamu yang banyak itu, jadi tak berguna sama sekali. Tapi karena masalah ini datang dari pihak ketiga, kamu maupun pihak Axis tentu tak bisa berbuat apa-apa.

4. Kartu Masuk Masa Tenggang

Penyebab kuota Axis tidak bisa digunakan yang terakhir dikarenakan kartumu masuk masa tenggang. Kalau sudah begini, sebanyak apapun kuota yang kamu miliki tentu tak berguna.

Maka penting untuk selalu siaga. Kapan masa aktif kartu Axis kamu akan berakhir perlu selalu diingat. Sering-seringlah mengeceknya di aplikasi Axisnet atau melalui panggilan UMB atau DIalUp di *123#.

Cara Mengatasi Kuota Axis yang Tak Bisa Dipakai

Kuota Axis tidak Bisa Digunakan

Sebenarnya hal ini bukanlah masalah yang serius apabila hanya dalam waktu yang singkat saja. Tetapi, akan jadi masalah jika trouble di atas terjadi sampai berjam-jam, atau bahkan sampai seharian pasti bikin pusing juga.

Makanya, masalah kuota yang tak bisa digunakan ini harus diatasi sesegera mungkin. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan status kartumu. Ada dalam masa aktif atau sudah masuk masa tenggang.

Setelah memastikan bahwa kartu masih aktif, lanjutkan cara kedua. Pastikan kamu tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Bila perlu, kamu restrart handphone agar bekerja dari awal.

Jika kedua cara di atas kamu sudah mencobanya, maka kamu perlu melakukan pengecekan jaringan.

Bisa jadi jaringan Axis sedang bermasalah. Simak beberapa cara mengecek jaringan Axis berikut.

1. Refresh Jaringan Axis

Cara merefresh jaringan di handphone bisa dilakukan dengan menonaktifkan ikon paket data selama 2 menit, lalu hidupkan kembali.

Atau bisa juga dengan cara mengaktifkan mode pesawat beberapa saat kemudian matikan kembali agar jaringan ter-refresh dengan baik.

Selain itu, kamu juga bisa merestart perangkat untuk mengembalikan jaringan ke kondisi semua lho.

Nah, biasanya 3 langkah tersebut yang paling sering work dan hasilnya sangat memuaskan.

2. Pindah Lokasi

Posisi yang kurang strategi bisa menjadi penyebab lemotnya jaringan pada handphonemu. Kamu bisa berpindah dari lokasi semula untuk mencari lokasi yang tepat sampai mendapatkan jaringan yang kuat.

Usahakan kamu menghindari tempat-tempat yang tertutup seperti dalam ruangan, dataran rendah, terhalang pepohonan dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan sinyal, kamu perlu pergi ke tempat-tempat terbuka seperti lapangan, bukit, luar rumah, dekat jendela rumah dan lain sebagainya.

3. Ganti Pengaturan Jaringan

Saat ini, Axis di bawah naungan XL sudah memberikan kecepatan internet dengan teknologi 4G. Pada beberapa tempat, seperti di pegunungan atau tempat yang banyak pohonnya, jaringan 4G sulit tertangkap oleh handphone.

Nah kamu bisa mengganti jaringan 4G ini ke jaringan 3G atau 2G untuk sementara. Jika sudah, kamu hisa mengembalikan ke jaringan 4G lagi.

4. Pindahkan Kartu Axis ke Handphone Lain

Jika cara 1 sampai 3 sudah kamu lakukan semua, tapi kuota internetmu masih belum bisa kamu gunakan juga. Silahkan coba cari terakhir ini.

Pindahkan kartu Axismu ke handphone lain. Jika bisa teratasi, berarti masalahnya ada pada handphone.

Untuk memperbaikinya kamu perlu ke counter atau gerai service HP agar tertangani oleh ahlinya. Kalau ternyata masih tetap tidak bisa. Kamu perlu menghubungi Call Centre Axis untuk bertanya lebih lanjut.

Kesimpulan

Saat kuota Axis tidak bisa kamu gunakan, maka penyebabnya bisa karena kartumu masuk dalam masa tenggang.

Jika ternyata kartumu masih aktif, masalahnya berarti berkaitan dengan handphone. Bisa juga karena jaringan Axis yang sedang buruk.

Pada beberapa daerah bisa karena lampu PLN padam. Cara mengatasi pertama dengan mengecek masa aktif kartu. Kedua merestart HP. Barulah ketiga mengecek jaringan.

Saat semua sudah kamu lakukan tapi tak menyelesaikan masalah juga, maka sebaiknya hubungai saya call center Axis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kuota yang tidak bisa kita pakai.

Demikian pembahasan kali ini tentang 4 Penyebab Kuota Axis tidak Bisa Digunakan Serta Cara Mengatasinya, semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk semuanya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *