Nomor Tidak Bisa Verifikasi Gmail? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2 min read

Nomor Tidak Bisa Verifikasi Gmail

Nomor Tidak Bisa Verifikasi Gmail? Ini penyebab dan cara mengatasi nomor telepon ini tidak dapat digunakan untuk verifikasi. Silahkan simak informasinya sampai selesai.

Belakangan ini banyak orang yang bingung kenapa nomor telepon tidak bisa verifikasi gmail padahal no teleponnya masih hidup.

Bagi sebagian orang memang kejadian seperti ini tentu sangat mengganggu aktivitas kesehariannya.

Ternyata, usut punya usut nomor telepon tidak bisa digunakan untuk verifikasi gmail salah satu penyebabnya adalah terkena pembatasan jumlah nomor.

Jika sampai meluas tentu kamu akan semakin kesulitan bukan? Untuk itu, berikut ini cara mengatasi nomor telepon ini tidak dapat digunakan untuk verifikasi gmail dengan mudah dan cepat.

Simak dengan baik ya.

Penyebab Nomor Tidak Bisa Verifikasi Gmail

Apakah kamu penasaran apa yang menyebabkan nomor tidak bisa verifikasi Gmail?

Cek beberapa penyebabnya di bawah ini:

  • Menggunakan kartu perdana
  • Menggunakan nomor yang sama untuk mendaftar Gmail
  • Nomor ponsel spam
  • Tidak ada sisa saldo pulsa
  • Nomor ponsel belum teregistrasi dengan NIK dan KK

Baca juga : Kelebihan Gmail, yang Perlu Kamu Ketahui!

Cara Mengatasi Nomor yang Tidak Bisa Verifikasi Gmail

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan nomor tidak bisa verifikasi Gmail dengan 2 langkah, tentu saja kamu juga wajib mengetahui tentang bagaimana cara mengatasinya.

Berikut cara yang bisa kamu gunakan:

1. Coba Membeli Nomor Baru

Tidak bisa menggunakan nomor untuk verifikasi? Mungkin sudah saatnya kamu mencoba dengan nomor yang baru.

Apabila kamu membeli salah satu nomor ini( XL, Axis, Indosat, Tri dan smartfren), jangan menunda untuk melakukan registrasi menggunakan NIK dan kartu keluarga. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

  • Isi pulsa minimal Rp.5.000 setelah nomor dinyatakan aktif
  • Kirim sms ke beberapa orang
  • Tidak hanya sms, coba juga telpon ke beberapa orang

Lakukan cara di atas secara konsisten selama 2-3 hari. Setelah 3 hari, kamu bisa menggunakan nomor tersebut untuk verifikasi Gmail. Pastinya saat mencoba cara ini, kamu bertanya-tanya, kenapa setelah isi pulsa harus sms dan telpon orang lain?

Jawabannya adalah karena sekarang banyak oknum yang tidak bertanggungjawab menggunakan sembarang nomor untuk membuat email.

Oknum ini biasanya adalah jasa pembuatan akun Gmail yang biasanya menggunakan alat dan mengirim pesan secara massal.

Nomor tersebut kerap digunakan untuk membuat ratusan email lalu dijual dan akhirnya email tersebut digunakan untuk hal yang tidak baik. Misalnya membuat akun medsos. Padahal yanng seperti ini akan terdeteksi sebagai spam.

Akibatnya banyak nomor yang baru dibeli tidak bisa langsung digunakan untuk verifikasi. Solusinya?

Seperti yang telah diungkapkan di atas. Tujuan mengapa harus isi pulsa, sms hingga telpon adalah agar nomor yang baru kamu beli tidak dianggap calon spammer.

Nomor yang baru dibeli, tapi tidak ada aktvitas dan tiba-tiba langsung mendaftar email, sudah jelas akan dideteksi sebagai spam. Akhirnya nomor tidak bisa verifikasi Gmail.

2. Pastikan Tidak Menggunakan Nomor Lama

No lama bisa menjadi salah satu masalah yang cukup serius, setidaknya ada 2 penyebabnya :

  • Nomor sudah pernah digunakan untuk verifikasi hingga lebih dari 5 kali.
  • Nomor tidak bisa kita pakai untuk konfirmasi karena teranggap spam oleh Google.

Apabila nomor yang kamu miliki telah digunakan untuk verifikasi hingga 5 kali, tetap ada solusi. Yakni, kamu wajib menghapus nomor ponsel yang ada di akun-akun yang pernah terdaftar.

Berbeda jika penyebabnya karena terlihat spam oleh Google, solusinya kamu wajib mengganti dengan nomor yang baru.

3. Ganti dengan Kartu Perdana Simpati

Permasalahan nomor tidak bisa verifikasi Gmail bisa kita upayakan dengan tips yang satu ini.

Cobalah dengan mengganti nomor dengan nomor simpati perdana. Lakukan registrasi dengan NIK dan KK. Apabila telah aktif, kamu bisa mencobanya untuk daftar email dan verifikasi pada saat itu juga.

Kartu perdana simpati biasanya harganya lumayan mahal daripada kartu lainnya, Sehingga jarang ada spammer yang membuat email secara massal.

Oleh karena itu, kartu Simpati sangat cocok untuk kamu coba.

4. Coba Buat Email Melalui Perangkat Seluler

Salah satu langkah yang bisa Kamu lakukan adalah dengan membuat email dengan menggunakan smartphone. Biasanya membuat email di smartphone, kamu tidak harus melakukan verifikasi sebab ada pilihan untuk melewati langkah verifikasi nomor ponsel.

Jadi, saat muncul perintah untuk memasukkan nomor ponsel, kamu bisa melewatinya.

Konsekuensinya adalah email yang berhasil kita buat tidak ada dukungan nomor ponsel sebagai fitur keamanan apabila terjadi sesuatu.

5. Silahkan Tunggu Minimal 6 Bulan

Ingin mendaftar akun Gmail dengan nomor ponsel yang sama, tapi nomor tidak bisa konfirmasi karena sering kamu gunakan untuk mendaftar akun?

Solusinya, kamu bisa menunggu minimal selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, umumnya setiap nomor akan mendapatkan kesempatan lagi sebanyak 3 kali untuk mendaftar akun Google.

Oleh sebab itu, tunggu saja selama 6 bulan. Jika tetap tidak bisa kamu pakai terpaksa harus membuat email baru dengan nomor baru pula.

Kesimpulan

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan mengetahui penyebab sekaligus mengatas nomor yang tidak bisa verifikasi Gmail?

Nomor tidak bisa verifikasi Gmail saat ini bukan hal yang menakutkan. Dengan berbagai cara yang telah kami sampaikan di atas semoga bisa banyak membantu mengatasi permasalah tersebut. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *