Apa Itu Asuransi Kendaraan All Risk

Tidak banyak orang mengetahui apa itu asuransi kendaraan All Risk. Terlebih bagi mereka yang membeli mobil secara kredit. Mereka terkadang hanya menandatangani klausul  pembayaran tanpa tahu apa isi dari poin-poin perjanjian.

Padahal, sebenarnya, mereka harus tahu apakah jenis asuransi yang mereka dapatkan.  Terlebih, mereka harus tahu bahwa apakah premi yang mereka bayarkan sesuai dengan keuntungan yang mereka dapat.

Apa Itu Asuransi Kendaraan All Risk?

Asuransi All-Risk merupakan asuransi mobil secara komprehensif.  Setelah menandatangani perjanjian ini, pihak asuransi siap membayar klaim kepada nasabah apabila terjadi segala jenis kerusakan.  Tingkat kerusakan pun semuanya di cover. Baik itu, kerusakan ringan ataupun kerusakan berat.

Bahkan, asuransi all risk akan menjamin nasabah mendapatkan kerugian saat kehilangan kendaraan, ataupun dalam kecelakaan lalu lintas, serta bencana alam, sekaligus huru hara. Tentu, hal ini juga harus diimbangi dengan keteraturan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya premi rutin. Jika tidak, maka program proteksi terhadap kendaraan tidak akan maksimal.

Tarif Premi Asuransi All Risk

Tentu, tarif premi asuransi all risk dari setiap perusahaan penyedia jasa asuransi berbeda.  Disinilah pentingnya pemilik kendaraan dalam memilih perusahaan asuransi yang paling sesuai kondisi mereka.  Tentu, pemilik kendaraan harus mengetahui terlebih dahulu kewajiban yang harus ia selesaikan, serta biaya asuransi mobil yang harus dibayar per bulan.

Kasus all-risk ini dapat terjadi kapanpun. Terlebih di jalan raya, dimana mobil terserempet motor yang mengalami kerusakan sedikit tidak akan dapat diklaim dengan asuransi yang tergolong total loss only.

Jenis asuransi ini hanya menjamin klaim asuransi dari kendaraan yang hilang, dan rusak berat. Namun, kerusakan akan diganti apabila biaya perbaikan kurang lebih sama dengan harga unit sebelum mengalami kerugian.

Mana yang Harus Dipilih?

Setelah Anda mengetahui apa itu asuransi kendaraan All Risk, maka Anda dapat memutuskan apakah Anda akan memilih jenis asuransi ini, atau tidak. Memang, premi asuransi ini bisa lebih tinggi dibandingkan dengan premi dari jenis total loss only atau TLO. Tetapi, pengguna kendaraan dapat lebih yakin dalam mengendarai mobil mereka jika mereka memiliki jenis asuransi All Risk.

Namun, tentu semuanya berpulang pada pertimbangan Anda secara matang. Pada dasarnya, setiap jenis asuransi kendaraan dapat membebaskan pengguna dari anggaran tak terduga apabila mobil rusak.

Memang, banyak orang mengaku telah menyesali keputusan untuk menghindari asuransi mobil.  Padahal, mobil merupakan kendaraan yang sarat dengan risiko. Bahkan kerusakan kecil saja sudah membutuhkan biaya besar untuk perbaikan.

Jadi, setelah Anda mengetahui apa itu asuransi kendaraan All Risk, maka Anda dapat dengan yakin mengasuransikan kendaraan Anda. Keuntungan dalam memanfaatkan jenis asuransi all risk ini sangat besar, sehingga Anda juga terhindar dari kerugian yang tak kalah besar.