Apa itu Asuransi TLO (Total Loss Only)?

Apa itu asuransi LO (Total Loss Only)? Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan jenis ini hanya melakukan perlindungan atas kerusakan besar saja. Jenis asuransi ini memang cukup menguntungkan, terutama bagi pemilik mobil mewah.  Apa saja keuntungannya?

Asuransi TLO (Total Loss Only) dan Keuntungannya

Secara harfiah Total Loss Only (TLO) berarti hanya terjadi total loss.  Kita dapat menyimpulkan bahwa klaim asuransi hanya dilakukan jika pemilik mobil menanggung kerugian total.  Kerugian total, dalam hal asuransi mobil, mengacu pada kasus saat mobil rusak dengan kondisi 75%. Atau mobil hilang karena dicuri atau dirampok di tengah jalan.

Namun, apabila kerusakan tidak mencapai 75%, maka pemilik kendaraan tidak mendapatkan klaim asuransi. Standar prosentase ini ditentukan untuk memastikan bahwa mobil berada pada kondisi yang tidak dapat digunakan.

Lalu apa keuntungannya? Satu-satunya keuntungan dari TLO adalah jumlah preminya yang lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Apakah Lebih Menguntungkan TLO Dibandingkan All Risk?

Asuransi All Risk menjamin semua risiko pertanggungan. Jenis asuransi ini juga disebut all-inclusive.  Perusahaan asuransi siap membayar klaim untuk segala jenis kerusakan. Kerusakan ringan hingga berat dan mobil hilang pasti ditanggung.

Asuransi all risk, berbeda dengan asuransi TLO,  membayarkan klaim asuransi kendati hanya ada sedikit goresan pada cat mobil.  Tak heran, biaya premi asuransi all risk jauh lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.  Meski demikian, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu, risiko apa saja yang tidak mendapatkan penggantian.

Apakah Anda semakin bingung dalam memilih asuransi terbaik. Berikut sedikit tips yang dapat membuat Anda lebih cepat memilih asuransi dan menikmati manfaatnya.  Pilih TLO apabila:

Harga mobil tidak terlalu tinggi sehingga tidak memerlukan biaya terlalu besar untuk sedikit goresan.

Anda bukan pemilik rental mobil atau kursus mengemudi

Jarang menggunakan mobil

Jarang melalui jalan-jalan yang berisiko merusak badan mobil dengan tingkat kecelakaan mobil yang tinggi.

Masih Bingung Memutuskan?

Jika Anda masih bingung, Anda dapat meminta petugas asuransi dalam menggabungkan kedua skema asuransi yaitu TLO dan all risk. Contohnya, Anda dapat menggunakan asuransi all risk hingga tahun kedua apabila Anda membeli mobil baru. Lalu, setelah tahun ketiga, Anda dapat menggantinya dengan polis asuransi TLO.

Cukup mudah bukan? Metode ini sering dimanfaatkan oleh banyak pengendara mobil. Mereka menganggap bahwa TLO masih dapat diandalkan untuk melindungi mobil mereka, dalam kondisi tertentu.

Jika Anda sudah tahu apa itu asuransi LO (Total Loss Only) tentunya Anda dapat memutuskan kapan Anda menggunakannya.  Tetapi, jangan sampai Anda tidak mempertimbangkan asuransi mobil. Apalagi karena khawatir dengan pembayaran premi karena pembayaran tersebut justru dapat menolong Anda di kemudian hari.