Apa Itu Collision Coverage

Apa itu collision coverage? Jenis asuransi ini dapat membantu pemilik kendaraan untuk membayar biaya perbaikan kendaraan.  Hal ini terjadi saat pemilik kendaraan ditabrak, atau bahkan menabrak kendaraan, atau barang lainnya.  Bahkan, pemilik kendaraan sudah dapat melakukan perbaikan kendaraan di bengkel meski klaim masih dalam proses investigasi.

Menarik untuk disimak bahwa pemilik kendaraan dapat menggunakan jenis asuransi ini, terlepas dari status apakah pemilik kendaraan bersalah atau tidak.  Collision coverage  berbeda dengan jenis asuransi lainnya, dimana ada batasan-batasan yang diterapkan.  Asuransi ini tidak memiliki batas untuk jenis tabrakan.

Pembayaran klaim dilakukan sesuai dengan nilai tunai aktual dari kendaraan. Dalam hal ini, pemilik kendaraan bertanggung jawab untuk membayar pilihan deductible yang sudah ia sepakati. Biasanya,  asuransi ini dapat mengganti biaya perbaikan yang lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil itu sendiri.

Apa Itu Collision Coverage dan Kecelakaan yang Ditanggung?

Collision coverage biasanya memberikan perlindungan kepada pemilik kendaraan apabila ia menabrak atau ditabrak mobil lain, menabrak atau membentur benda seperti pagar atau apapun.  Pemilik kendaraan dapat mengajukan klaim tabrakan, terlepas dari siapa yang salah.

Tetapi, perlu diingat bahwa jenis asuransi ini hanya memberikan perlindungan untuk kerusakan pada kendaraan.  Hal ini berarti berarti bukan membayar kerusakan pada kendaraan atau properti orang lain. Asuransi ini juga tidak mencakup semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan apabila kendaraan tersebut mengalami beberapa hal.

Contoh kerugian yang tidak ditanggung adalah karena kasus pencurian, vandalism atau huru hara, banjir, kebakaran, dan menabrak hewan. Namun demikian,  bagi banyak pemilik kendaraan, asuransi ini sudah sangat memberikan perlindungan. Terlebih, mereka yang tidak sengaja menabrak properti atau mobil orang lain akan mendapatkan penggantian.

Paling tidak, pemilik mobil tidak harus mengganti semua kerusakan yang sudah ia sebabkan karena kelalaiannya. Jika pemilik mobil jelas bersalah dan menabrak mobil atau properti orang lain, tentu ia sudah memiliki beban tersendiri saat melakukan penggantian. Apalagi jika kerusakan cukup parah.

Manfaat Lain dari Collision Coverage

Dapat memungkinkan Anda untuk memulai perbaikan atas kerusakan Anda saat klaim sedang diselidiki.  Jika kendaraan Anda dibiayai atau disewakan, pemegang hak gadai Anda mungkin meminta Anda untuk memiliki pertanggungan tabrakan dan komprehensif. Ini membantu melindungi minat mereka terhadap kendaraan.

Lalu, bagaimana jika mobil tersebut sedang berada pada kondisi belum lunas? Hal ini biasanya juga terjadi pada mobil baru yang dibeli secara angsuran. Untuk itulah, biasanya pembeli mobil akan menandatangani asuransi dimana mobil tersebut memiliki asuransi all risk atau comprehensive coverage.

Jadi, setelah Anda mengenal apa itu collision coverage, tentu Anda masih harus berhati-hati dalam membawa kendaraan. Pastinya, selain untuk keselamatan Anda sendiri, Anda juga tidak perlu melakukan penggantian kerusakan yang diderita orang lain, bukan?