Apa Saja Investasi Jangka Pendek Paling Bagus Bagi Pemula?

Investasi jangka pendek paling bagus bagi pemula sebenarnya kini semakin marak ditawarkan oleh berbagai aplikasi di ponsel pintar. Pemula biasanya masih ragu dalam menginvestasikan dana dengan jumlah besar.  Namun, mereka juga tidak ingin sekedar menabung karena memang nilai ROI (return of investment) yang rendah.

Aplikasi Penghasil Kuota Terbaru [BACA SELENGKAPNYA DISINI]

Investasi Jangka Pendek Paling Bagus Bagi Pemula Paling Jitu

Apabila Anda seorang pemula, maka Anda pasti akan mempertimbangkan jenis-jenis investasi terbaik. Jenis investasi ini adalah investasi teraman, nilai deposito rendah, dan juga jaminan adanya ROI meski jumlahnya mungkin tidak terlalu fantastis. Jenis-jenis investasi jangka pendek tersebut adalah:

1. Peer to Peer Lending

Saat ini, sistem peer to peer lending semakin marak diperkenalkan, seiring dengan perkembangan jumlah penyedia dana secara online atau fintech.

Sistem investasi seperti ini adalah dengan menaruh sejumlah dana pada beberapa fintech, tentu yang berada di bawah naungan OJK. Dana ini akan dimanfaatkan untuk pinjaman online legal, dimana investor akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang dikenakan kepada peminjam.

Investor akan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang singkat yakni kurang  lebih 12 bulan.  Bahkan, ada pula fintech yang menawarkan pengembalian keuntungan dalam 6 bulan.

2. Deposito

Saat ini, deposito di berbagai bank di Indonesia sudah menawarkan jangka waktu yang tak terlalu lama. Tentu, pemula dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menempatkan dana.

Bahkan, ada pula bank yang menyediakan jangka waktu hanya 6 bulan bagi para pemilik deposito untuk mendapatkan keuntungan.  Jumlah yang dapat akan dimasukkan ke dalam deposito juga tak terlalu banyak, yakni Rp1 juta hingga maksimal Rp2 miliar.

3. Emas

Emas masih dapat menjadi salah satu bentuk investasi jangka pendek paling bagus bagi pemula.  Pasalnya, emas juga dapat dibeli dimanapun dengan pilihan harga berapapun yang mampu dibeli oleh pemula.

Bahkan, ada emas berjumlah 0,1 gram yang dapat dimiliki di awal investasi. Nantinya, investor dapat menambah jumlah emas, atau melakukan tukar tambah. Tetapi, godaan untuk menjual emas sangat tinggi.

Apalagi untuk menggadaikan. Namun,  Jika Anda disiplin, maka Anda dapat memanfaatkan emas sebagai investasi jangka pendek yang cukup menguntungkan.

4. Savings Bond Retail

Investasi jenis ini adalah investasi teraman meskipun waktunya juga cukup lumayan yaitu 2 tahun untuk mendapatkan ROI. SBR ini adalah Sukuk tabungan dimana investor menaruh dana untuk keperluan APBN.  Selain aman, Anda juga sudah membantu negara kita dalam menyalurkan APBN untuk pendanaan infrastruktur.

Investasi jangka pendek paling bagus bagi pemula tersebut diatas menjadi alternatif paling bagus dalam memanfaatkan dana. Sesedikit apapun dana tersebut, Anda perlu menyisihkannya untuk kebutuhan mendesak, ataupun rencana jangka panjang seperti memiliki rumah tanpa harus berhutang.