Beda Tabungan dengan Investasi

Banyak yang menyangka bahwa istilah tabungan masih samakan dengan investasi. Walau hampir sama, tapi investasi dengan tabungan itu berbeda loh. Untuk itu, kalian harus memahami pengertian investasi dan tabungan.

Berikut ini pembahasan lengkap tentang perbedaan investasi dan tabungan. Silahkan simak dengan baik ya.

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Investasi ialah jenis usaha yang sudah dilakukan seorang untuk menambahkan nilai dari beberapa aset yang ada. Sementara itu, Tabungan adalah hasil yang diletakkan atau disisihkan untuk kebutuhan masa sekarang dan yang akan datang.

Yang sudah penasan, berikut ini letak perbedaannya :

Tabungan :

  • Banyak ditujukan untuk periode pendek
  • Perkembangan nilai asset benar-benar lamban
  • Resiko yang Sangat Kecil

Investasi :

  • Investasi Banyak ditujukan untuk kebutuhan periode panjang dan bukan untuk kebutuhan mendadak.
  • Perkembangan atau tambahan nilai asset bisa lebih cepat dari menabung.
  • Lebih berefek tapi bisa memberikan uang lumayan banyak

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung kebutuhanmu. Semakin hari kita dituntut untuk bisa memilih mana yang paling menguntungkan untuk kebutuhan mereka.

Lebih bagus nabung atau investasi ?

Menabung itu sangat penting untuk biaya masa sekarang dan masa depan. Tapi, kita juga tidak boleh melupakan investasi karena cukup penting untuk masa depan.

Hal ini karena kita tidak akan tahu seperti apa masa depan yang akan kita jalani, entah itu masih bekerja, sudah pensiun ataupun tidak bisa menghasilkan uang sama sekali.

Maka dari itu investasi dan menabung keduanya sangat penting. Jika harus memilih, sebaiknya pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui mana yang paling sesuai dan cocok untuk dilakukan. Contohnya, apabila kamu adalah seorang PNS, maka menabung menjadi pilihan paling tepat.

Ini karena saat pensiun rata-rata seorang PNS akan menerima dana pensiun sehingga, masa tuanya tidak terlalu mengkhawatirkan.

Tapi, akan lebih baik kalau kita jalankan keduanya. Meski sedikit, tapi bila dilakukan maka dikemudian hari uang yang kita dapatkan bisa jauh lebih banyak daripada tidak sama sekali.

Demikian pembahasan kali ini tentang perbedaan investasi dan tabungan yang perlu kamu ketahui dengan jelas. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *