Aplikasi Saham Terbaik

5 Cara Trading Saham yang Benar untuk Trader Pemula

Bagaimana memaksimalkan cara trading saham agar memperoleh keuntungan yang maksimal pula? Pada prinsipnya, trading saham bisa disebut juga sebagai sebuah bisnis. Dengan dua kunci utamanya yakni; terus belajar dan praktek secara langsung akan membuat seorang trader pemula sekalipun bisa meraih sukses.

Karena dalam banyak kasus, trader cenderung lebih mengedepankan ambisi tanpa memikirkan strategi hingga modal yang dikeluarkan untuk meraih keuntungan yang besar yang pada akhirnya justru menimbulkan kerugian.

Di sisi lain, manajemen resiko sebagai salah satu cara trading saham yang tak kalah penting juga amat minim dimiliki oleh para trader yang pada akhirnya menjadikan trading itu amat beresiko tinggi.

Cara Trading Saham yang Benar

Ingatlah bahwa ketika Anda menjadi seorang trader, yang harus diperhatikan tak hanya sekedar mencari keuntungan semata, tapi untuk memperoleh keuntungan itu dibangun melalui analisa dan strategi yang baik agar tujuan yang hendak dicapai bisa terealisasi.

Penting juga untuk mulai mengendalikan emosi ketika melakukan trading, karena seorang trader yang lebih mengedepankan emosi daripada strategi tak akan pernah membuahkan hasil. Selain itu, terdapat lima konsep cara trading saham yang benar untuk memperoleh profit maksimal;

Membangun Mindset

Membangun mindset dalam cara trading saham sangatlah penting, karena ketika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas, Anda pasti lebih mementingkan strategi daripada menguasai semua pasar yang ada.

Karena seorang trader membutuhkan konsentrasi yang tinggi terhadap pergerakan aset yang ia miliki untuk meraih keuntungan dengan fokus mencermati pergerakan harga emitennya.

Memang cara ini akan terasa lebih lama untuk memperoleh keuntungan, tapi dengan teknik ini, maka seorang trader akan lebih mudah untuk melakukan adaptasi termasuk penetrasi pasar.

Manfaatkan Cara Trading Saham Harian

Wawasan terhadap kondisi pasar menjadi hal yang seharusnya rutin dipelajari oleh seorang trader dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menyiapkan tindakan antisipasi sekaligus strategi ketika melihat harga sedang tidak sesuai.

Teknik Scalping

Teknik ini merujuk pada transaksi yang dilakukan saat terjadi selisih harga yang relatif kecil. Scalping membutuhkan keputusan yang cepat dan kemudian memilih keluar dari pasar hanya dalam hitungan menit setelah memperoleh profit.

Lakukan Trading Saham Ketika Ada Berita

Strategi ini biasanya dilakukan seorang investor ketika hendak membeli emiten berdasarkan kabar baik. Dengan begitu, volatilitas harga yang lebih besar bisa berpengaruh pada keuntungan yang bakal di dapat.

Lagi-lagi konsisten dan disiplin saat bertransaksi menjadi hal utama bagi seorang trader saat memantau pergerakan harga emitennya. Dua sikap ini, umumnya membutuhkan waktu yang relatif lama bahkan tak jarang harus diiringi dengan kegagalan terlebih dahulu.

Mengelola Risiko Saat Perdagangan Harian

Mengelola resiko saat perdagangan harian menjadi ciri dalam cara trading sagam. Resiko ini diukur dari seberapa besar trader mampu mengambil resiko dalam setiap perdagangan yang diikutinya. Implementasi resiko ini biasanya dilakukan dengan menentukan stop loss.

Trading tanpa manajemen resiko tidak akan mampu bertahan hingga jangka panjang, bahkan bukan tidak mungkin hanya dalam hitungan hari, seorang trader sudah mengalami kebangkrutan.

Ingatlah, keputusan untuk kapan mulai bertransaksi dan kapan mulai berhenti sepenuhnya berada di tangan Anda, dan keputusan itu harus diambil berdasarkan strategi yang telah terencana secara matang.

Cara trading saham sekilas memang terlihat gampang-gampang mudah, hanya saja yang dibutuhkan adalah sikap konsisten dan pengendalian diri ketika melakukan trading. Dan, yang tak kalah penting yang harus ditanamkan dibenak seorang trader khususnya bagi pemula adalah analisa dan strategi yang mumpuni dengan terus belajar dan melakukan praktek secara langsung.

Check Also

Aplikasi Trading Saham Terbaik, Terpercaya dan Sudah Resmi

Aplikasi Trading Saham Terbaik – Perkembangan teknologi memudahkan para trader untuk memanfaatkan berbagai platform seputar …