Aplikasi Cek Pajak Kendaraan bermotor di android
Aplikasi Cek Pajak Kendaraan bermotor di android

5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Gratis di Android

Apa saja Aplikasi Cek Pajak Kendaraan bermotor di android? Seperti yang kita tahu membayar pajak merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat, khususnya yang saat ini tinggal di wilayah Indonesia. Jenis pajak pun bermacam-macam, namun pajak yang mungkin sering kita dengar adalah pajak kendaraan bermotor.

Seiring perkembangan zaman, kini dalam mengecek pajak atau membayar pajak dapat dilakukan secara Online menggunakan aplikasi.

Lantas apa saja aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa kita gunakan? Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Kelebihan Membayar Pajak Secara Online?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang aplikasi cek pajak kendaraan. Kita cari tahu terlebih dahulu apa manfaat atau kelebihan membayar pajak secara Online. Untuk itu, Contekin.net akan menjelaskan 3 kelebihan membayar pajak kendaraan secara Online di banding harus datang langsung ke Samsat.

1. Menjaga produktivitas

Sebagai pemilik kendaraan dan tinggal di kota besar, waktu merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen waktu yang baik dirasa dapat menjaga produktivitas tetap optimal.

Oleh karena itu, dengan adanya sistem pembayaran pajak motor Online, kamu sebagai pemilik kendaraan dapat memenuhi kewajiban pajak tanpa harus antri di samsat yang dapat mengganggu waktu dalam aktivitas sehari-hari.

2. Informasi Data Tersaji Secara Lengkap dan Up To Date

Pada aplikasi pembayaran pajak motor Online, setelah kamu memasukkan data pribadi dan kendaraan, maka akan muncul informasi lengkap tentang kendaraan yang kamu miliki. Selain itu, jumlah tagihan juga akan tertera di Link yang sama.

Jadi kamu hanya perlu memastikan ada alokasi dana yang sudah disiapkan di rekening tabungan untuk menyelesaikan pembayaran pajak motor tersebut. Kamu tidak perlu khawatir menghubungkan akun bank ke aplikasi.

Pasalnya, dalam metode pembayaran pajak motor Online ini, kamu hanya akan diberikan kode pembayaran yang nantinya bisa diisi melalui aplikasi layanan bank yang kamu miliki.

3. Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Bayar pajak motor online menggunakan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan juga menawarkan berbagai metode pembayaran. Selain bisa membayar melalui aplikasi bank digital, kamu juga bisa membayar pajak motor secara online melalui layanan yang tersedia di aplikasi Marketplace.

Namun bagi kalian yang ingin membayar pajak motor secara Online melalui Marketplace, pastikan ada layanan Samsat sesuai wilayah mu saat ini. Jadi jangan lupa teliti dalam melakukan riset, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ingin membayar pajak motor secara Online.

Baca juga : Aplikasi Akuntansi Keuangan Gratis di Android

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Gratis di Android

Aplikasi cek pajak kendaraan berikut ini dapat membantu kamu mengecek jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar tiap tahunya. Deretan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Samsat Online

Aplikasi cek pajak kendaraan bermotor yang pertama adalah Samsat Online. Aplikasi ini berfungsi untuk memvalidasi STNK tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Iuran Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Samsat Online menampung seluruh data kendaraan bermotor milik Polri dan Polda di setiap provinsi. Data ini terintegrasi dengan data utama kependudukan yang dimiliki oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

2. Cek Pajak Kendaraan

Cek Pajak Kendaraan adalah sebuah apk yang dapat membantu kamu mengecek status pajak kendaraanmu hanya dengan memasukkan plat nomornya saja. Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung mengetahui berapa uang yang harus di keluarkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Meski terdengar canggih, sayangnya penggunaan aplikasi ini tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi baru tersebut dapat digunakan untuk pengecekan kendaraan di wilayah Pulau Jawa, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.

Pengecekan ini akan memberikan informasi detail mengenai jumlah yang harus dibayarkan dan kapan masa berlaku STNK habis.

3. Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi untuk cek pajak kendaraan satu ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui nominal pajak kendaraan yang harus dibayar. Selain itu, aplikasi ini juga akan melacak pemilik kendaraan dan alamatnya hanya dengan memasukkan nomor polisi yang tertera di STNK.

4. Sembara

Sambara adalah Aplikasi cek pajak kendaraan untuk mengetahui jumlah dan status pajak kendaraan khusus pengguna di Provinsi Jawa Barat. Melalui aplikasi ini kamu juga dapat menemukan lokasi Samsat di seluruh wilayah Jawa Barat.

Kamu juga dapat membayar pajak secara Online. Caranya cukup mudah. Kamu cukup memasukkan plat nomor kendaraan dan semua informasi tentang kendaraanmu akan muncul melalui aplikasi ini.

5. E-Samsat Sakpole Jawa Tengah

Sama seperti apk Sambara, aplikasi cek pajak kendaraan gratis E-Samsat Sakpole Jawa Tengah juga membantu kamu membayar pajak kendaraan bermotor secara Online. Hanya saja, aplikasi ini terbatas untuk pengguna kendaraan bermotor di Jawa Tengah.

Melalui aplikasi ini kami akan dibantu untuk membayar pajak secara Online dan mengetahui informasi kendaraan. Selain itu, aplikasi yang ini juga memberikan informasi mengenai status kendaraan, harga jual kendaraan, dan lokasi Samsat terdekat.

Cek Pajak Kendaraan Via SMS

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa cek pajak kendaraan via SMS. Untuk cara mengejek pajak menggunakan layanan SMS berikut caranya.

• Ketik : Info (spasi) nomor polisi/kode plat nomor/kode seri plat motor/warna motor.
• Kemudian Kirim ke nomor 08112119211
• Setelah terkirim, tunggu balasan tentang informasi lengkap kendaraanmu

Itulah deretan aplikasi cek pajak kendaraan terbaik yang bisa kamu gunakan di android secara gratis. Sebenarnya masih banyak apk lain yang bisa kita gunakan baik itu di play Store maupun situs penyedia layanan cek pajak kendaraan.

Namun aplikasi di atas merupakan aplikasi terbaik dan terakurat dalam hal pengecekan pajak secara Online.

Check Also

Daftar Aplikasi Pengubah PDF ke Word Gratis

Untuk mengamankan sebuah dokumen berupa Word, biasanya seseorang mengonversinya menjadi PDF agar tidak dapat diedit …