Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali
Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Bagaimana cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali? Sebagai pengguna smartphone tentu saja kita merasa resah dan khawatir kalau mendapatkan masalah seperti ini.

Pasalnya, smartphone tersebut merupakan perangkat yang senantiasa menemani keseharian kita dalam menjalani berbabagi aktivitas. Apalagi kalau kamu adalah orang yang produktif saat menggunakannya, pasti akan sangat terpukul dengan masalah hp yang tiba-tiba tidak bisa disentuh.

Meski Ponsel yang digunakan masyarakat di zaman sekarang mayoritas sudah memiliki touch screen dengan spesifikasi mempuni, namun ada kalanya layar ini tidak responsif. Wajar saja, karena sebuah perangkat pasti akan mengalami masalah apalagi jika sudah berumur dan sudah usang.

Untuk itu pengguna perlu tahu cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali sebagai antisipasi apabila hal seperti ini terjadi. Jangan terburu membawanya ke tempat servis, karena hal ini juga bisa dilakukan secara mandiri.

Tapi pernahkah terlintas dalam benak kalian Mengapa Layar Sentuh Tidak Berfungsi? atau kenapa hp tiba-tiba tidak bisa bergerak?

Nah, berikut ini kami berikan beberapa referensi yang bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah hp tidak bisa disentuh.

Penyebab Layar Tidak Berfungsi Saat Disentuh

Sebelum membahas cara mematikan hp yang layarnya tidak bisa disentuh, ada baiknya mengetahui hal apa saja yang sekiranya menyebabkan kerusakan.

Dengan begitu, di masa mendatang hal ini dapat diantisipasi. Berikut beberapa kemungkinan penyebab layar smartphone tidak responsif:

  • Terkena air. Kejadian yang sering dialami pengguna hp, sehingga air memasuki bagian tertentu di layar dan membuatnya tidak dapat disentuh.
  • Benturan yang terjadi ketika hp jatuh dapat mengakibatkan layar sentuh gagal berfungsi, terutama jika posisi jatuh tepat mengenai layar.
  • RAM penuh. Apabila RAM sudah terlalu penuh karena banyaknya aplikasi, dampaknya pun bisa mengenai layar sehingga mengalami hang.
  • Kesalahan pada pemakaian charger. Pemakaian charger yang tidak asli dalam waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan di komponen hp, misalnya layar.
  • Terkena beban yang berat. Apabila terdapat benda berat yang menekan hp, dampak yang terjadi adalah kerusakan di fungsi layarnya. Terlebih jika mengenai bagian ujungnya.
  • Hp sudah terlalu lama. Menggunakan hp pada waktu lama dapat mengakibatkan kerentanan di berbagai komponen, termasuk kerusakan pada layar.

Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Sebelumnya telah dibahas beberapa penyebab layar hp tidak bisa berfungsi. Berikutnya pengguna juga perlu mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.

Rekomendasi di bawah ini dapat dicoba untuk mengatasi layar yang gagal berfungsi:

1. Membersihkan Layar

Bersihkan layar dari kotoran, minyak, debu, dan lainnya yang mungkin saja tertinggal. Terkesan sepele, namun sebenarnya cara ini seringkali disarankan pertama kali.

Hal ini karena kotoran yang tertinggal di layar dan jarang dibersihkan akan menempel dan sulit hilang meski digeser berkali-kali. Untuk itulah kotoran ini perlu dibersihkan memakai tisu ataupun kain yang lembut dan sudah dibasahi sedikit.

Gosokkan perlahan dengan gerakan memutar sampai bersih. Apabila tidak bisa, lepas pelindung layar kemudian ulangi langkahnya.

2. Mematikan Hp Sejenak

Cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali tidak melulu sulit, karena juga ada alternatif sederhana yaitu beristirahat dari pemakaian smartphone.

Langkah yang bisa kalian lakukan dengan mudah adalah dengan melakukan restart perangkat. Hal ini bertujuan untuk merefresh seluruh sistem supaya kembali normal tanpa harus melakukan perbaikan yang besar.

Terus bagaimana jika layar hp tidak bisa disentuh dan dimatikan? Kamu bisa memperbaikinya melalui langkah berikutnya.

3. Menekan Layar

Beri tekanan pada bagian layar hp. Sambil melakukan ini, tekan bagian belakang casing dengan telunjuk. Metode ini sering digunakan dalam mengatasi layar yang tidak dapat disentuh, karena kemungkinan terdapat bagian tertentu yang aliran listriknya tidak berjalan.

Namun, kalian harus melakukannya dengan hati-hati dan tidak boleh terlalu keras karena cukup beresiko karena dapat merusak bagian layar hp.

Lakukan langkah ini secara perlahan dan sabar sehingga hasilnya bisa optimal agar cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian ini bisa berhasil.

4. Mengganti Charger

Cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sebagian yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti charger dengan yang baru.

Ganti pengisi daya yang biasa digunakan, terutama jika kerusakan layar sering terjadi setelah men-charge hp. Hal ini mengindikasikan tegangan kurang sesuai sehingga hp bermasalah.

Jika dibiarkan, baterai dapat rusak dan mati total. Disarankan untuk memakai charger baru yang original sehingga smartphone bertahan lebih lama.

Untuk memeriksa apakah charger bermasalah atau tidak kalian bisa menggunakan charger milik orang lain baik itu teman, saudara ataupun pasangan kalian.

Apabila sudah diperiksa dan ternyata memang benar charger kalian yang bermasalah maka langkah yang paling tepat adalah menggantinya dengan yang original.

Harga charger original sendiri cukup bervariasi mulai dari Rp.100.000 ribuan sampai dengan Rp.300.000 ribuan tegantung dari jenis dan merk yang kalian beli.

5. Mengganti Layar Sentuh

Untuk kalian yang masih bingung bagaimana cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh layarnya dan sudah mencoba berbagai cara namun belum membuahkan hasil, disarankan untuk mengganti layar ponselnya.

Jika layar mengalami kerusakan, bisa berdampak pada komponen lain. Untuk itulah mengganti layar menjadi opsi pencegahan yang tepat.

Untuk mengganti layar kalian bisa melakukannya sendiri dengan catatan sudah tahu bagaimana step by stepnya sehingga tidak ada kerusakan lebih banyak.

Namun, jika kalian ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan bisa langsung ke tukang servis. Untuk biayanya bervariasi mulai dari Rp.400 ribuan sampai dengan 1 jutaan tergantung dari spek layar smartphone kalian.

Itulah pembahasan tentang penyebab hingga cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali. Layar sentuh memang praktis dan semakin canggih, namun tidak akan ada gunanya apabila layarnya tidak responsif saat disentuh.

Beberapa cara yang disebutkan dapat dicoba sendiri, namun jika masih tidak berfungsi tandanya perlu dibawa menuju tempat servis untuk menemukan sumber masalahnya.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh sama sekali dengan menggunakan berbagai langkah yang mudah dan simple. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian, terimakasih.

Check Also

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

Bagaimana Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas? Sebagai pengguna tentu saja …