Cara Mengaktifkan OTG di HP Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Realme

Bagaimana cara mengaktifkan OTG di HP Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Realme dan lainnya? Sebagai seorang yang awam dengan hal ini tentu kalian akan merasa pusing dan bingung bagaimana cara menggunakan OTG, benar bukan?

Semakin berkembangnya jaman, OTG kini merupakan salah satu perangkat wajib bagi kamu yang sering beraktivitas menggunakan smartphone dibandingkan dengan komputer.

Maka dari itu, kita bakalan bahas bagaimana cara mengaktifkan OTG di android dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum itu bagi kamu yang belum tahu kegunaan sebenarnya dari alat ini silahkan simak ulasan berikut ini ya.

Koneksi OTG Itu Untuk Apa?

OTG adalah jenis fitur yang memungkinkan HP terhubung dengan perangkat USB seperti flashdisk dan yang lainnya. Proses menghubungkan komponen ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk memindahkan file yang dimiliki. Namun untuk melakukannya, diperlukan cara mengaktifkan OTG di HP yang benar dan sistematis.

Ada berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan OTG, diantaranya :

  • Berguna untuk menghubungkan Print mobile ke perangkat android.
  • Bisa digunakan untuk menghubungkan antara keyboard dengan smartphone android.
  • Menghubungkan joystick dengan perangkat android.
  • Dan lain sebagainya.

Apabila kita lihat secara seksama, kegunaan OTG terhadap smartphone pada masa sekarang ini sangat berguna sekali. Apalagi jika kamu adalah seorang aktivis yang membutuhkan print cepat, gamer yang membutuhkan joystick dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengaktifkan OTG di smartphone android, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengaktifkan OTG di HP Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Realme

Untuk melakukan proses ini, setidaknya ada beberapa komponen langkah yang wajib untuk dilakukan. Bagi pengguna yang sedang membutuhkan cara ini, maka harus meneliti tiap detail poinnya. Penasaran bagaimana cara mengaktifkannya? Simak urutan langkah yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

1. Pastikan HP Bisa Disambungkan dengan OTG

Langkah awal yang harus diaplikasikan adalah memastikan perangkat HP yang dipakai tergolong perangkat yang support pada OTG. HP jenis baru biasanya sudah bisa dipakai untuk melakukan proses ini. Namun untuk HP yang tergolong lama, biasanya tidak bisa dipakai atau tersambung dengan komponen OTG.

Hal ini dikarenakan sistem HP yang lama masih belum diperbarui dengan penambahan sistem OTG untuk HP. Maka dari itu, tidak jarang HP lama masih belum support pada komponen ini. Informasi mengenai hal ini bisa ditemukan di berbagai sumber. Sudah ada banyak situs yang menginformasikan HP apa saja yang support OTG.

2. Tancapkan OTG ke HP

Setelah mengetahui detail informasinya dan HP bisa dipakai untuk OTG, maka pengguna bisa lanjut ke langkah kedua ini. Langsung masukkan saja OTG ke HP di lubang yang sudah tersedia. Kemudian, cek status dari OTG di bagian File Manager. Dengan masuk ke menu File Manager, maka pengguna bisa tahu apa saja perangkat yang terkoneksi.

Jika pada komponen menu File Manager sudah tersedia dan tersambung komponen OTG-nya, maka akan lebih mudah. Namun jika belum ada, maka proses pengaktifan harus dilakukan. Dengan adanya fakta ini, maka pengguna bisa langsung menuju cara mengaktifkan OTG di HP pada poin ketiga di bagian lanjutan.

3. Masuk ke Menu Pengaturan

Untuk memulai proses pengaktifan OTG, maka pengguna wajib untuk masuk ke menu “Pengaturan” yang terpasang di perangkat. Menu ini tentunya akan mudah untuk ditemukan di tiap HP pengguna. Dengan masuk ke menu ini, maka tiap pengguna bisa menemukan beragam menu lain yang tentunya bisa dipakai.

Meski demikian, pengguna tidak bisa masuk ke sembarang menu. Untuk melanjutkan proses, langsung saja masuk ke menu “Additional Settings” yang ada di jajaran menunya. Dengan masuk ke bagian menu tersebut, maka pengguna akan diarahkan ke menu lanjutan yang bisa dipakai untuk menyelesaikan proses.

4. Pilih Opsi Sambungan OTG

Sebagai langkah selanjutnya, pengguna wajib untuk masuk ke bagian tertentu yang benar. Bagian ini bernama “OTG Connection”. Langsung saja masuk ke bagian tersebut dan abaikan bagian lainnya. Proses menemukan komponen ini sendiri akan mudah karena sudah tertera dengan jelas di halaman tersebut.

5. Nyalakan Tombol OTG

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyalakan tombol OTG yang tersedia. Pada halaman “OTG Connection” sudah ada komponen tombol yang bisa dipakai. Pencet saja tombol yang ada hingga menyala. Dengan proses ini, maka bisa dipastikan jika OTG sudah aktif dan bisa tersambung dengan HP secara menyeluruh.

Kenapa OTG Tidak Nyambung di HP?

Semua cara mengaktifkan OTG di HP di atas tentunya bisa langsung diterapkan dengan mudah oleh kalian Setiap komponen cara tentunya penting untuk diikuti dan diaplikasikan. 

Jadi, jika satu poin saja tidak diikuti, maka prosesnya tidak akan berhasil. Maka dari itu, pastikan untuk menerapkannya dengan baik agar tidak menemukan hambatan.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara mengaktifkan OTG di Android dengan mudah dan cepat. Semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.

 

Tinggalkan komentar