Cara Mengaktifkan OVO Paylater
Cara Mengaktifkan OVO Paylater

Cara Mengaktifkan OVO Paylater Lengkap Dengan Syarat dan Ketentuannya!

Cara mengaktifkan OVO Paylater terbilang mudah dan dokumen yang perlu disiapkan pun tidak banyak. Namun, mengaktifkannya tidak serta merta begitu saja dapat dilakukan, ada beberapa syarat yang harus Anda siapkan.

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah itu OVO Paylater. Berikut merupakan informasi lengkapnya beserta dengan persyaratan dan keuntungan jika Anda menggunakan OVO Paylater.

Apa Itu OVO Paylater

Intinya, pembayaran OVO adalah pembayaran cicilan yang tidak memerlukan kartu kredit. OVO Paylater memiliki batas waktu pembayaran. Fitur ini tersedia di berbagai website seperti Tokopedia dan outlet yang terafiliasi dengan OVO.

Sistem yang ada memberikan kesempatan bagi pengguna OVO untuk meminjam, namun dengan syarat. Pengguna harus membayar kembali sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua pengguna OVO dapat memanfaatkan fitur ini. Melainkan ada ketentuan penggunaan. Misalnya, seorang konsumen sebagai pengguna OVO telah bertransaksi dengan OVO untuk jumlah dan pemakaian tertentu. 

Hal ini menjadi pertimbangan OVO untuk mengizinkan akses ke Paylater. Beberapa kota saat ini dapat diakses oleh pengguna OVO. Diantaranya adalah wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Fitur dan Pembayaran di OVO Paylater

Berbeda dengan beberapa layanan Paylater yang menawarkan caching, OVO Paylater hanya memiliki layanan “Bayar Nanti” dan juga menawarkan cicilan gratis kartu kredit hingga 12 bulan. Untuk uraian lengkapnya, Anda dapat dengan cepat merujuk pada informasi di bawah ini”

1. Paylater (bayar nanti)

Layanan pertama yang tersedia bagi pengguna adalah “Beli Sekarang dan Bayar Nanti.” Fitur ini merupakan fitur hebat dari OVO Paylater yang memungkinkan pengguna untuk membayar nanti atau membayar 30 hari di aplikasi OVO. Saat memilih metode pembayaran nantinya, pengguna tidak akan dikenakan tambahan dan hanya perlu membayar biaya administrasi.

2. Pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Layanan selanjutnya yang bisa Anda nikmati adalah cicilan hingga 12 bulan. Jangka waktu cicilan yang lebih panjang dijamin akan menghasilkan upah jasa yang lebih tinggi pula. Padahal, ada pro dan kontra yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan metode pembayaran yang satu ini.

3. Upah Jasa dan Biaya OVO Paylater

Mungkin bukan suku bunga melainkan biaya jasa. Dari segi tambahan, layanan ini sendiri menawarkan jumlah yang kompetitif sebesar 2,9% untuk cicilan 3-12 bulan. Kemudian, terdapat biaya administrasi atau biaya layanan sebesar 5% dari total nilai transaksi. Ada juga biaya keterlambatan sebesar 0,1% per hari.

4. Batas dan Durasi OVO Paylater

Berikutnya adalah informasi limit pulsa dan konten cicilan OVO Paylater. Ketentuan cicilan ditunjukkan di atas sehingga Anda dapat memilih dari jangka waktu cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan hingga 12 bulan yang ditawarkan oleh OVO. 

Untuk informasi limit awal, nantinya pengguna akan diberikan limit pulsa awal sebesar Rp 500.000. Limit ini nantinya bisa dinaikkan menjadi Rp 1.000.000. Peningkatan batas otomatis ditetapkan oleh sistem berdasarkan kelayakan kredit pengguna. Jika pengguna memiliki peringkat kredit yang tinggi, batas akan dinaikkan dengan cepat.

Syarat Aktivasi OVO Paylater

Kondisi ini juga mencakup wilayah operasi Paylater yang tidak mencakup seluruh Indonesia. Dibalik kemudahan tersebut, banyak syarat yang harus dipenuhi sebelum limit kredit diterima. Lihat Ketentuan Penggunaan OVO Paylater di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

  1. OVO Paylater hanya tersedia untuk pengguna tertentu. Anda akan segera menerima notifikasi untuk mengaktifkan Paylater. Karena itu, tidak semua orang bisa mendaftar.
  2. Persyaratan selanjutnya adalah lokasi. Pengguna harus berdomisili di area Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, Bogor, Surabaya. Di luar wilayah tersebut, tidak ada layanan OVO Paylater.
  3. Memiliki akun Tokopedia dengan usia minimal 6 bulan.
  4. Daftar online saat Anda menerima notifikasi aktivasi OVO Paylater.
  5. Masukkan data pribadi Anda sepenuhnya secara online.
  6. Upload foto KTP yang jelas dan tidak buram.
  7. Unggah foto diri Anda yang jelas dan tidak buram dengan KTP Anda
  8. Setujui persyaratan penggunaan.
  9. Menyetujui perjanjian pinjaman dengan rekanan.

Memang tidak ada jaminan akun Anda akan menerima notifikasi aktivasi OVO Paylater, namun Anda berhasil memenuhi syarat di atas. Semua karena kebijakan perusahaan bahwa konsumen harus mengikuti prosedur.

Lantas bagaimana Cara Mengaktifkan OVO Paylater? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Cara Aktivasi OVO Paylater

Sekarang setelah Anda memahami arti, penggunaan, dan kriteria ketentuan aktivasi OVO Paylater, bagaimana cara mendaftar Aktivasi OVO Paylater di aplikasi OVO Anda?

Untuk mengizinkan aplikasi mendaftar dengan OVO Paylater. Anda perlu upgrade akun OVO Anda ke Premier. OVO Premier adalah fitur upgrade yang memungkinkan pengguna OVO untuk dapat memanfaatkan pengiriman uang gratis ke dan dari semua bank, dengan batas saldo tunai OVO hingga Rp 10.000.000. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Tingkatkan ke OVO Premier
  • Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengupgrade akun OVO Anda ke Premier.Foto diambil dengan KTP langsung di lokasi dengan kamera handphone
  • Konfirmasi data identitas
  • Ambil selfie dengan kamera smartphone Anda sambil memegang KTP
  • Setelah dokumen KTP dan selfie diunggah, klik tombol Proses agar proses upgrade OVO Premier dapat dilanjutkan.
  • Ajukan Aktivasi OVO Paylater
  • Setelah akun OVO Anda diupgrade menjadi Premier, masukkan informasi pribadi Anda, masukkan alamat Anda sesuai dengan KTP Anda, dan ajukan aktivasi aplikasi OVO Paylater Anda.

Informasi pribadi yang perlu Anda isi cukup umum. nama, NIK, email, detail pekerjaan, nomor telepon kontak aktif, dan alamat rumah.

Setelah Anda selesai memasukkan informasi pribadi Anda, yang harus Anda lakukan adalah menunggu konfirmasi persetujuan atau penolakan. Tunggu minimal 1 x 24 jam.

Baca juga : Cara Daftar OVO Paylater

Keuntungan Mengaktifkan OVO Paylater

Seperti yang Anda tahu, kebutuhan setiap orang berbeda. Kalau butuh barang tapi tidak punya uang, OVO untuk bayar belakangan memang menjadi pilihan. Berikut ini beberapa keuntungan yang nantinya didapat jika menggunakan OVO Paylater

1.Bebas Membeli Banyak Produk dengan Pembayaran Cicilan 

Pengguna dapat membeli produk yang mereka butuhkan kapan saja selama masih dalam batas pemakaian. Anda kemudian dapat membayar dengan cicilan sesuai dengan periode yang Anda pilih.

2. Periode Variable

Tenor sangat beragam dan pengguna bebas memilih. Anda dapat memilih dari 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Itu tergantung pada nilai tarif mana yang terendah. Besaran cicilan ini juga langsung diketahui saat menggunakan credit line. Artinya, Anda bisa memilih besaran cicilan mana yang tidak menjadi beban.

3. Proses Pengajuan yang Cepat dengan Persyaratan Mudah

Aplikasi pinjaman biasanya rumit dengan banyak dokumen, tetapi tidak demikian halnya dengan OVO. Yakni bisa diajukan dengan modal KTP. Tidak ada garansi atau apapun. Peminjam harus mengisi informasinya dengan benar, jujur ​​dan lengkap.

4. Tidak Perlu Kartu Kredit

Kartu kredit biasanya merupakan alat pembayaran atau pembelian barang melalui Internet. Sayangnya, prosesnya lebih rumit dari OVO dan tidak semua orang bisa mengajukan kartu kredit.

Saat membuat kartu kredit, akun peminjam dan informasi keuangan diperiksa lebih dekat. Biasanya dokumen yang perlu Anda siapkan adalah buku tabungan atau salinan rekening bank Anda. Ini tidak diperlukan jika mengajukan OVO Paylater.

5. Biaya Administrasi Rendah

Memiliki biaya administrasi cenderung rendah dibandingkan dengan pinjaman online. Sehingga cukup memudahkan dan meringankan pengguna.

Cara mengaktifkan OVO Paylater sebenarnya tidak rumit jika Anda tahu dan mengerti mengenai persyaratan sebelum pengajuan. Artikel di atas bisa menjadi rujukan yang bermanfaat untuk para pembaca.

Check Also

Cara Membeli Token Listrik di OVO

Cara Membeli Token Listrik di OVO + Info Harganya

Cara membeli token listrik di OVO tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan mudah asal memiliki …