LinkAja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

LinkAja tidak bisa dibuka, pasti rasanya panik jika hal tersebut terjadi pada anda sebagai pengguna aplikasi dompet digital tersebut. LinkAja sekarang ini menjadi salah satu aplikasi dompet digital dengan jumlah pengguna yang amat banyak.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan yang kuat kenapa harus menggunakan LinkAja jika dibandingkan dengan aplikasi dompet digital lainnya.

Faktor utama dari banyaknya pengguna aplikasi LinkAja karena tidak adanya biaya layanan pada saat pengguna top up maupun transfer ke rekening bank.

Baca juga : Cara Mengatasi LinkAja tidak bisa kirim uang

Namun, tidak semua transfer ke bank akan free biaya admin, hanya jaringan bank Himbara saja yang masih gratis hingga saat ini. Selain itu, pastinya akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp 6.500 untuk penarikan dana, sedangkan untuk top up sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

Walaupun terdapat banyak keuntungan yang adidapatkan jika menggunakan aplikasi LinkAja, terkadang pengguna juga mengalami kejadian seperti aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka dan error.

Mengenai permasalahan tentang LinkAja tidak bisa dibuka tersebut memang sudah menjadi hal yang biasa. Adapun cara mengatasi LinkAja tidak bisa dibuka tidak berbeda jauh dengan aplikasi LinkAja error ataupun mengalami gangguan.

Apabila anda merupakan salah satu pengguna yang tengah mengalami kejadian LinkAja tidak bisa dibuka dan bingung bagaimana caranya supaya dapat dibuka kembali, itu mudah saja.

Setiap pengguna tinggal mencari tahu terlebih dahulu sumber dari masalah kenapa LinkAja tidak bisa dibuka seperti demikian, barulah selepas itu anda bisa mencari solusinya.

Berbeda dengan masalah yang disebabkan karena tidak bisa verifikasi email, pengguna cukup melakukan verifikasi email ulang. Sedangkan untuk kejadian aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka dan error akan berbeda solusinya. Berikut dibawah ini ulasan tentang solusi dari masalah tersebut.

Penyebab LinkAja Tidak Bisa Dibuka

Setiap pengguna aplikasi LinkAja diharuskan untuk mencari tahu sumber dari masalahnya terlebih dahulu, karena setiap permasalahan pasti terdapat solusinya.

  1. Sebetulnya, ada banyak penyebab aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka, salah satunya dikarenakan aplikasi LinkAja tersebut masih menggunakan versi lama. Sehingga, sistem tidak dapat sinkron dan itulah yang menyebabkan kenapa LinkAja tidak bisa dibuka.
  2. Tidak hanya itu, terdapat beberapa penyebab lainnya, antara lain disebabkan karena jaringan konkeksi internet yang terhubung sedang tidak stabil. Seperti yang diketahui apabila sistem aplikasi hanya dapat di akses jika terhubung dengan koneksi internet.
  3. Pengguna terlupa tidak pernah menghapus cache yang dapat menyebabkan aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka, apalagi semenjak menginstall aplikasi belum pernah untuk menghapus cache tersebut.
  4. Perangkat smartphone telah berumur juga bisa menjadi penyebab utama, ditambah jika tipe smartphone anda memiliki spesifikasi yang pas – pasan.

Cara Mengatasi LinkAja Gangguan dan Tidak Bisa Dibuka

Mengenai masalah aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka, tentu penyebabnya dapat berbagai macam, mungkin karena masih tedapat bugs pada aplikasi dan perlunya untuk update aplikasi, penumpukan cache dan cookies.

Atau bisa jadi aplikasi tersebut memang tidak kompatibel dengan smartphone yang sedang anda gunakan. Berikut ini cara mengatasi LinkAja tidak bisa dibuka atau mengalami error, antara lain :

1. Update Aplikasi LinkAja

Yang pertama, pengguna dapat mencoba dengan Update Aplikasi Linkaja, sebab biasanya bugs akan teratasi saat pengguna melakukan update aplikasi.

Cara ini banyak yang telah mencobanya ketika aplikasi LinkAja gangguan dan selalu muncul tulisan Not Found. Untuk melakukan update cukup dilakukan di playstore saja.

2. Periksa Koneksi Internet

Selanjutnya, adalah dengan memastikan koneksi internet di smartphone Android anda lancar tanpa adanya pending sama sekali.

Dan perlu diperhatikan pula aplikasi LinkAja memerlukan koneksi cepat, karena apabila koneksi lambat maka, biasanya akan mengalami loading yang sangat lama, untuk transaksi tertentu akan terjadi loading cukup lama.

3. Bersihkan Cache LinkAja

Jangann lupa untuk melakukan pembersihan cache pada aplikasi LinkAja. Atau jika diperlukan, pengguna bisa menggunakan aplikasi cleaner supaya lebih optimal. Dengan cara ini, diharapkan masalah pada LinkAja tidak bisa dibuka dapat teratasi.

4. Paksa Berhenti LinkAja

Saat aplikasi masih dalam keadaan terbuka, kemudian terjadi lag, macet, tidak dapat ditutup, maka pengguna dapat menutup aplikasi secara paksa melalui menajemen aplikasi.

Berikut merupakan cara yang dapat anda terapkan yakni, buka pengaturan smartphone anda, kemudian menuju aplikasi dan notifikasi lalu pilih aplikasi LinkAja, dan tekan tombol “paksa berhenti”.

5. Hapus Data LinkAja

Selanjutnya, untuk pilihan terbaik yang dapat dilakukan pengguna adalah menghapus data aplikasi linkaja. Hal ini merupakan cara andalan bagi para pengguna Android dalam mengatasi aplikasi error, macet, ataupun tidak dapat dibuka.

Jika secara teori, menghapus data akan dapat menghilangkan semua data yang bersifat sementara seperti halnya basis data, file konfigurasi, data login, history, cache, cookie, serta file temporary lainnya. Untuk dapat melakukannya, pengguna dapat menyimak Langkah – Langkah berikut ini.

Bukalah Pengaturan, kemudian menuju Aplikasi & Notifikasi , lalu pilih Aplikasi “LinkAja” , selanjutnya menuju Penyimpanan, Kemudian tekan “Hapus Data”.

6. Instal Ulang LinkAja

Apabila sudah menghapus data dan masih tidak bisa login ke akun LinkAja maka, cobalah untuk menginstal ulang aplikasi LinkAja tersebut.

Hapus aplikasi LinkAja melalui manajemen aplikasi, kemudian bersihkan cache menggunakan aplikasi cleaner, kemudian restart smartphone anda.

Dan barulah selepas itu instal ulang aplikasi LinkAja dari google play store. Semoga dengan metode ini, masalah tidak bisa login ke akun LinkAja dapat teratasi.

Baca juga : Cara mengganti Nomor linkAja

7. Restart Smartphone

Hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan reboot ulang smartphone. Matikan terlebih dahulu smartphone, kemudian ambil SIM Card dan juga SD Card. Pasang serta nyalakan kembali, semoga nantinya masalah LinkAja tidak bisa dibuka supaya cepat teratasi.

Sangat jarang sekali aplikasi LinkAja akan terus menerus error, biasanya cukup dengan update semuanya, dan aplikasi dapat normal kembali. Ini hanyalah opsi pilihan untuk restart, jika tidak dilakukan juga tidak menjadi masalah.

8. Bisa Jadi Aplikasi Tidak Kompatibel

Kemungkinan lainnya bisa jadi aplikasi tidak kompatibel, ini hanya berlaku bagi smartphone versi lampau dengan sistem operasi Android Kitkat.

Atau bisa jadi karena spesifikasi smartphone yang amat low sehingga, membuat aplikasi error dan sering terjadi masalah. Solusinya hanya dengan mengganti dengan smartphone dengan RAM minimal 3gb.

Kesimpulan

Sangatlah gampang bukan beberapa cara apabila aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka. Hanya cukup dengan cara seperti diatas hanya saja sesuaikan dengan penyebabnya.

Baca juga : Cara Isi Saldo LinkAja

Saat ini kita bisa menarik kesimpulan, bahwa sebelum mencari solusi diharapkan untuk mencari tahu sumber permasalahannya yang disebabkan oleh apa.

Itulah pembahasan lengkap mengenai permasalahan aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka lengkap dengan penyebab serta solusi yang dapat diterapkan oleh pengguna. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membantu seluruh pengguna yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan komentar