Cara mengganti akun OVO di Grab Beserta Solusi Jika Terjadi Masalah

Cara mengganti akun OVO di Grab sering menjadi pertanyaan bagi pengguna baik OVO maupun Grab. Sebenarnya Grab dan OVO adalah 2 perusahaan yang berbeda. Namun pada akhirnya Grab bekerjasama dengan OVO untuk metode pembayaran. 

Sejak kerjasama tersebut, OVO kini menjadi uang elektronik yang dapat digunakan untuk membayar layanan grab, seperti grab express, grab bike, atau lainnya.

Meski begitu, OVO mengutamakan pengguna Grab yang rajin top up OVO, tentunya dengan memberikan potongan harga untuk menikmati layanan grab yang tersedia. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan data OVO yang ada. 

Namun, bagaimana jika terjadi masalah pada kartu SIM yang terdaftar di OVO? Bisakah kita mengganti nomornya dengan yang baru? Atau, apakah ada solusi lain untuk menanggulangi hal ini? 

Tentu saja bisa, walaupun OVO dan GRAB menggunakan nomor telepon yang sama dan harus sinkron antara keduanya, nyatanya Anda tetap bisa menggunakan nomor yang berbeda. Dengan mengikuti cara merubah akun OVO di aplikasi Grab berikut ini, masalah anda akan teratasi.

Cara Mengganti Akun OVO di Grab

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengganti akun OVO di Grab. Cara-cara tersebut diantaranya:

1. Membuat Akun OVO Baru Atau Meminjam Milik Orang Lain

Sebelum mengubah data OVO di GRAB dengan yang baru, Anda harus terlebih dahulu membuat OVO baru atau meminjam milik orang lain, agar bisa terhubung dengan Grab Anda.

2. Menghapus Akun OVO Lama di Grab 

Langkah kedua kita bisa menghapus OVO yang sudah ada sebelumnya dan menggantinya dengan yang baru.

• Buka Aplikasi Grab 

• Klik Bagian Profile yang terdapat di pojok kiri atas 

• Lalu pilih HAPUS AKUN 

• Tunggu hingga proses penghapusan selesai, maka akun lama Grab dan OVO otomatis terhapus juga.

Meski mudah, cara ini memiliki risiko bagi pengguna Grab. Yaitu, ketika Anda mengganti akun OVO di Grab, otomatis OVO Points dan Rewards juga ikut terhapus. Namun jika Anda sudah yakin, dan memang ingin menggantinya dengan akun OVO yang baru, maka tidak masalah.

3. Buka Aplikasi GRAB 

Setelah akun dihapus, Anda tinggal membuka kembali aplikasi GRAB, dan daftar dengan akun OVO baru. Ingat, nomor telepon yang sudah terdaftar di OVO baru adalah misalnya 0812345. Jadi, Anda bisa login/daftar dengan nomor tersebut. Dan jika sudah berhasil, kita tinggal menghubungkan akun OVO ke GRAB. Berikut, caranya:

• Klik logo yang bergambarkan OVO di pojok kanan atas 

• Selanjutnya klik tombol AKTIVASI dan masukkan pin OVO yang terdaftar di nomor 0812345 tadi. 

• Jika sudah maka GRAB akan secara otomatis menampilkan saldo dari OVO (jika ada) 

• Anda telah berhasil mengubah akun OVO di Grab.

Cara di atas bisa kamu gunakan ketika nomor GRAB atau OVO lama kamu sudah tidak aktif lagi atau kamu memang ingin mengaktifkannya.

4. Melalui Grab Center

Biasanya cara ini digunakan ketika nomor yang terdaftar di Grab sudah tidak aktif, dan tidak bisa login ke aplikasi Grab, namun tetap bisa login ke aplikasi OVO. Jika itu masalahnya, maka Anda tinggal menghubungi Call Center Grab di bawah ini

• Jakarta & Surabaya: 021-80648777 

• Bali & Semarang: 021- 80648799 

Setelah berhasil terhubung dengan Help center, silahkan konsultasikan masalah yang Anda alami. Bisa mengatakan nomor hp sudah tidak aktif, jadi saat login ulang tidak mendapatkan kode OTP/Kode Verifikasi. 

Setelah itu, biasanya pihak grab akan mencocokkan data dengan nomor ponsel Anda. Entah itu dengan menanyakan nama, email, atau bahkan nomor KTP (opsional).

5. Melalui OVO Center

Langkah terakhir sebenarnya sama seperti sebelumnya. Hanya saja masalah ini sering digunakan ketika ingin menggunakan nomor akun OVO lain tanpa menghapus akun tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi OVO Help Care pada daftar kontak berikut. 

Email, : cs@ovo.id (jam kerja: Senin – Minggu 24 Jam) 

Call Center : 1 500 696 

Silakan pilih salah satu dari 2 metode diatas. Dan pastikan Anda menceritakan permasalahannya dengan detail, contohnya seperti ini “Saya sedang mengalami masalah, jadi nomor OVO lama saya 08123456 sudah tidak aktif, saya mau ganti dengan nomor kakak saya 08134679, apa bisa?” 

Dengan begitu OVO akan menyinkronkan data yang digunakan, dan melakukan validasi ulang. Kuncinya, selama alasan yang Anda berikan valid dan relevan, Grab atau OVO akan memudahkan Anda.

Kenapa Tidak Bisa Mengaktifkan OVO di Grab?

Dikutip dari situs resmi  Grab, ada beberapa kemungkinan mengapa Anda tidak bisa mengaktifkan OVO di Grab. Penyebabnya sebagai berikut: 

Saldo Melebihi Batas

Akun OVO yang belum diupgrade ke Premier memiliki batas saldo maksimal 2 juta rupiah. Jika saldo lebih dari Rp2 juta, pengguna harus melakukan upgrade ke OVO Premier. Dengan OVO Premier akun Anda dapat menampung saldo sampai Rp 10 juta.

Nomor OVO Berbeda Dengan Grab 

Alasan kedua mengapa OVO tidak bisa diaktifkan di Grab adalah karena nomor akun dan email OVO berbeda dengan yang ada di Grab. Akibatnya proses sinkronisasi OVO  dengan aplikasi Grab tidak dapat dilakukan.

Menggunakan Nomor Luar Negeri 

Alasan terakhir tidak bisa terhubung ke Grab adalah karena Anda menggunakan nomor luar negeri. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menggunakan nomor luar negeri agar layanan OVO bisa terkoneksi dengan Grab.

Solusi Gagal Aktivasi OVO di Aplikasi Grab 

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Berikut solusi masalah akun OVO yang tidak bisa terhubung ke Grab.

• Gunakan provider lokal seperti iM3, Telkomsel, Smartfren dan sebagainya

• Pastikan nomor HP dan email OVO sesuai 

• Upgrade ke OVO Premier

Sampai disini apakah Anda sudah mengerti cara mengganti akun OVO di Grab? Cara diatas selain mudah dilakukan, prosesnya juga cepat. Maka dari itu jika Anda saat ini ingin mengganti akun OVO di Grab bisa menggunakan cara diatas.

Tinggalkan komentar