Cara Menghapus Akun OVO Permanen Dengan Mudah

OVO adalah aplikasi dompet digital yang memungkinkan pengguna merasakan kemudahan melakukan pembelian dan mentransfer uang. Hanya saja aplikasi ini masih memiliki kekurangan yang membuat pengguna akhirnya memutuskan untuk mencari cara menghapus akun OVO. 

Dengan menutup akun OVO secara permanen, tentunya pengguna akan kehilangan akses ke berbagai fitur unggulan aplikasi e-wallet ini, termasuk tidak dapat melakukan transaksi lagi. Selain itu, semua tautan ke platform merchant atau mitra OVO juga akan terputus secara otomatis.

Prosedur dan Cara Menghapus Akun OVO Permanen

Untuk menonaktifkan atau menghapus akun, pengguna dapat menghubungi Call Center OVO di nomor 1500 696 (Senin hingga Minggu). Agar prosesnya lebih cepat, disarankan untuk menghubungi menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di platform OVO. 

Berikut cara menghapus akun OVO yang bisa Anda jadikan panduan:

1. Kosongkan Saldo OVO Points dan OVO Cash

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun OVO Anda, pastikan saldo OVO Cash dan OVO Points Anda Rp 0. Jika kebetulan masih ada sisa saldo, maka Anda bisa mentransfernya ke akun atau rekening lain. 

Khusus untuk pelanggan OVO Premier, cukup mentransfernya dana ke pengguna OVO lain. Saldo yang masih ada di akun OVO juga bisa digunakan untuk membeli produk seperti pulsa dan paket data atau bahkan membayar tagihan PLN dan pajak bumi dan bangunan.

2. Melunasi Tagihan

Bagi para pengguna fitur pay later di OVO, pastikan sudah melunasi seluruh tagihan sebelum menerapkan cara menghapus akun OVO. Pasalnya, pengguna yang masih memiliki tagihan pembayaran dipastikan penghapusan akunnya tidak akan disetujui oleh pihak OVO.

3. Lakukan Pencairan Dana Investasi

Jika Anda menggunakan fitur OVO Invest, segera tarik dana agar Anda dapat menutup akun permanen Anda. Saldo dapat ditarik tunai atau ditransfer ke rekening bank lain.

4. Log Out Tautan OVO dari Platform Partner

Ketika sudah bertekad untuk berhenti menggunakan layanan dari OVO, maka pengguna juga harus memutus link OVO dengan merchant yang digunakan, seperti Grab misalnya. Pemutusan tautan dapat dilakukan dengan menghapus opsi pembayaran melalui OVO di aplikasi merchant.

5. Hapus Aplikasi OVO di Ponsel

Pengguna dapat menghapus history dan data di sistem OVO secara manual. Untuk tata caranya sebagai berikut:

• Masuk menu Pengaturan melalui ponsel Anda

• Cari menu pengaturan Aplikasi kemudian pilih

• Setelah berada di dalam menu dengan berbagai pilihan aplikasi, cari aplikasi OVO kemudian ketuk.

• Setelah itu, hapus data pada aplikasi tersebut untuk meng uninstallnya

• Selesai

6. Hubungi Call Center

Sebelumnya telah kami jelaskan bahwa salah satu tata cara penghapusan akun dapat dilakukan dengan menghubungi langsung call center OVO. Namun, cara ini memang cukup memberatkan bagi sebagian orang. 

Karena akan menghabiskan pulsa yang cukup banyak. Pilihan alternatif lainnya adalah dengan mengirimkan pesan email ke cs@ovo.id. Pada bagian subjek, anda dapat mengisinya dengan kalimat Saya ingin menghapus akun OVO 

Untuk mempercepat prosesnya, sebaiknya isi alasan ingin menutup akun dan beberapa informasi data pribadi pengguna, antara lain nama dan nomor ponsel. Setelah itu baru kirim email tersebut.

7. Balasan OVO Tentang Email Penutupan Akun

Nantinya pihak OVO akan mengirimkan email balasan kepada pengguna yang berisi beberapa informasi dan langkah-langkah untuk menutup akun. Pada tahap ini, silakan ikuti petunjuk dari email tersebut. 

Umumnya, pengguna akan diminta untuk mencuri foto E-KTP, mencantumkan nama, nomor ponsel, beserta alasan ingin menghapus akun OVO.

8. Verifikasi

OVO akan memverifikasi permintaan penghapusan akun yang diminta oleh pengguna. Proses penutupan akun biasanya memakan waktu hingga 5 hari kerja dan dihitung sejak semua data lengkap pengguna diterima dan telah melewati proses verifikasi data. 

Jika permintaan penghapusan akun berhasil disetujui, Anda sebagai pengguna akan menerima email notifikasi dari OVO. Setelah itu, OVO akan menutup secara permanen akun pengguna yang bersangkutan.

Alasan Hapus Akun OVO Ditolak

Sudahkah menerapkan cara menghapus akun OVO di atas, namun ternyata pengajuannya ditolak? Perlu diingat, bahwa ada sejumlah kondisi di mana permintaan untuk menghapus akun mungkin tidak disetujui. Berikut alasan penolakan permintaan penutupan akun OVO tersebut:

1. Masih Punya Tagihan OVO Pay Later 

Dengan mengaktifkan fitur Pay Later di platform OVO, pengguna bisa mendapatkan sejumlah dana yang bisa digunakan untuk berbelanja di merchant OVO secara kredit. Namun, tagihan yang belum dibayar ini bisa menjadi batu sandungan bagi pengguna. 

Apalagi saat ingin berhenti menggunakan aplikasi OVO. Karena pihak OVO tidak akan menyetujui permintaan penutupan akun jika pengguna masih memiliki tagihan. 

2. Terdapat Dana/Saldo di Akun Pengguna 

Cek terlebih dahulu jumlah saldo dan dana di fitur OVO Invest (jika ada), sebelum mengirim email permintaan penutupan akun. Pasalnya, saldo yang belum dicairkan bisa membuat permintaan penghapusan akun pengguna ditolak pihak OVO.

Log Out Jika Masih Ragu Menghapus Akun OVO

Punya keinginan untuk berhenti menggunakan aplikasi e-wallet OVO tapi masih belum seratus persen? Mungkin lebih baik jika Anda memutuskan untuk logout dan uninstall saja aplikasi OVO. Pasalnya, menutup akun secara permanen akan membuat pengguna kehilangan semua akses ke aplikasi. 

Jika ingin menggunakannya kembali di kemudian hari, Anda harus mengulang proses registrasi dari awal yang tentunya cukup merepotkan. Oleh karena itu, jika Anda masih ragu untuk menutup akun Anda, disarankan untuk logout saja.

Cara menghapus akun OVO sebenarnya sudah dijelaskan secara lengkap dan jelas di situs resmi aplikasi dompet digital tersebut. Namun, prosedurnya cukup rumit dan proses penghapusan akun tidak instan. Jadi, bagi Anda para pengguna harus sabar dalam mengikuti setiap tahapannya.

Tinggalkan komentar