Berikut 5 Pertanyaan Tentang Agama Islam yang Sulit Dijawab!

5 pertanyaan tentang agama islam yang sulit dijawab

Contekan.net – 5 Pertanyaan tentang agama Islam yang sulit dijawab biasanya merupakan pertanyaan yang bersifat teologis, ilmiah, bahkan filosofis. Pertanyaan mengenai agama Islam yang demikian menjadi sulit dijawab karena belum ada sumber jawaban yang dapat dipercaya.

Sedangkan, sebagian besar pertanyaan tentang Islam dapat ditemukan jawabannya di Al-Qur’an atau Hadist. Namun, ternyata ada beberapa pertanyaan seputar agama Islam yang belum ada jawabannya di Al-Qur’an atau Hadist sehingga sulit dijawab.

5 Pertanyaan Tentang Agama Islam yang Sulit Dijawab

Kemudian apa saja pertanyaan dalam agama Islam yang sulit dijawab? Berikut beberapa diantaranya beserta pembahasannya.

1.     Apa Hubungan Antara Amal dan Iman?

Dalam kehidupan umat Islam, amal dan iman erat kaitannya dengan agama Islam. Amal merupakan semua perbuatan umat manusia di dunia. Sedangkan, iman adalah keyakinan terhadap agama yang dianut di dalam hati.

Kemudian, ketika mempertanyakan apakah antara amal dan iman memiliki sebuah hubungan? Maka terdapat dua jawaban yang masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Yakni, pertama bahwa amal dan iman merupakan dua hal yang terpisah.

Sehingga, jika menggunakan pemahaman yang pertama, amalan seseorang tidak didasarkan atas keimanannya terhadap agama. Sedangkan ada jawaban kedua yakni amal dan iman merupakan dua hal yang saling berhubungan.

Sehingga, jika menggunakan pemahaman kedua, amalan seseorang di dunia sangat berkaitan dengan keimanannya terhadap agama. Jadi, sampai saat ini masih ada dua jawaban mengenai pertanyaan agama tersebut masih diperdebatkan kebenarannya.

2.     Apa Dosa Terbesar dalam Agama Islam?

Pertanyaan kedua berkaitan dengan dosa dalam agama Islam. Dosa terbesar dalam agama Islam adalah syirik yakni menyekutukan Allah SWT dengan wujud lainnya. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa syirik merupakan jenis dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Meskipun demikian, sampai saat ini masih menjadi perdebatan apakah syirik merupakan dosa terbesar dalam agama Islam atau bukan. Hal ini karena disebutkan juga beberapa dosa besar lainnya dalam Al-Qur’an yakni membunuh, kafir, berzina, dan nifaq.

Sehingga sampai saat ini dosa terbesar dalam agama Islam belum dapat disimpulkan. Karena semua dosa besar yang disebutkan dapat membawa umat Islam yang melakukannya ke dalam neraka yang paling menyiksa.

3.     Apa Hakikat Allah SWT?

5 pertanyaan tentang agama Islam yang sulit dijawab yang ketiga adalah berhubungan dengan hakikat Allah SWT. Pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang paling sulit dijawab. Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Kuasa, Maha Tahu, Maha Esa, dan lainnya.

Namun, sampai saat ini ada dua pandangan mengenai hakikat Allah SWT yakni Allah merupakan Dzat yang tidak bisa didefinisikan atau digambarkan. Pandangan kedua adalah Allah SWT memiliki berbagai sifat yang bisa digambarkan tetapi tidak boleh dibayangkan secara harfiah.

4.     Apa Tujuan Hidup Manusia di Dunia?

Tujuan hidup manusia di dunia menjadi pertanyaan sulit selanjutnya dalam agama Islam. Dalam Islam, tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT yakni dengan melakukan shalat, puasa, zakat, dan berbagai ibadah lainnya.

5.     Kenapa Allah SWT Membiarkan Adanya Kejahatan?

Soal agama Islam sulit yang terakhir adalah kenapa Allah SWT membiarkan kejahatan ada di dunia padahal kejahatan membawa kesulitan bagi seluruh umat Islam. Sampai saat ini belum ada jawaban pasti mengenai pertanyaan tersebut.

Namun, umat Islam dengan akalnya yang sudah semakin maju menemukan beberapa jawaban yang memungkinkan seperti untuk menguji tingkat keimanan umat Islam, untuk membersihkan umat Islam dari dosa dan untuk memberikan pelajaran duniawi kepada manusia.

5 pertanyaan tentang agama Islam yang sulit dijawab diatas bisa membantu kamu dalam memperdalam pemahaman mengenai agama Islam. Semoga bermanfaat!