Berikut Ini Yang Bukan Prinsip Pola Pikir Bertumbuh Adalah?

Berikut Ini Yang Bukan Prinsip Pola Pikir Bertumbuh Adalah?

Contekan.net – Yang bukan prinsip pola pikir bertumbuh adalah kebalikan dari pola pikir bertumbuh. Cara mengetahuinya adalah dengan memahami apa itu prinsip pola pikir bertumbuh beserta ciri-cirinya. Dengan begitu, kamu akan mudah mengidentifikasi mana pola pikir yang tidak bertumbuh.

Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan berfokus pada apa yang dimaksud dengan pola pikir bertumbuh. Bacalah penjelasan berikut ini dengan seksama agar kamu memiliki gambaran tepat tentang sikap apa saja yang tidak termasuk dalam prinsip pola pikir bertumbuh.

Apa itu Prinsip Pola Pikir Bertumbuh?

Prinsip pola pikir bertumbuh atau “growth mindset” merupakan konsep yang diperkenalkan oleh psikolog Carol Dweck. Prinsip ini mengacu pada cara seseorang melihat bakat, kecerdasan, dan kemampuan. Individu dengan pola pikir bertumbuh percaya bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat dikembangkan.

Maksudnya, kecerdasaan dapat dikembangkan melalui usaha, latihan, dan pembelajaran. Sementara individu dengan pola pikir tetap cenderung percaya bahwa kemampuan mereka ditentukan oleh faktor-faktor bawaan dan tidak dapat banyak berubah.

Ciri-ciri Prinsip Pola Pikir Bertumbuh

Pola pikir bertumbuh memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari pola pikir tetap. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama dari prinsip pola pikir bertumbuh:

1.     Percaya bahwa Kemampuan Dapat Dikembangkan

Orang dengan pola pikir bertumbuh percaya bahwa kemampuan, bakat, dan kecerdasan dapat berkembang melalui usaha, latihan, dan pembelajaran. Mereka tidak melihat kemampuan sebagai sesuatu yang tetap atau ditentukan sejak lahir, melainkan sebagai sesuatu yang bisa ditingkatkan seiring waktu.

2.     Melihat Kegagalan sebagai Peluang Belajar

Individu dengan pola pikir bertumbuh melihat kegagalan sebagai bagian alami dari proses belajar. Mereka tidak mengaitkan kegagalan dengan ketidakmampuan pribadi, melainkan sebagai langkah menuju kemajuan dan kesuksesan.

3.     Mengambil Tanggung Jawab atas Pembelajaran

Orang dengan pola pikir bertumbuh aktif mencari cara untuk meningkatkan diri mereka sendiri. Mereka menganggap diri memiliki tanggung jawab penuh terhadap perkembangan pribadi. Di sisi lain, yang bukan prinsip pola pikir bertumbuh adalah golongan orang yang bahkan tidak tahu keinginan dirinya sendiri.

4.     Menerima Tantangan

Individu dengan pola pikir bertumbuh melihat tantangan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan baru. Mereka tidak menghindari tantangan atau menganggapnya sebagai sesuatu yang sulit, melainkan sebagai langkah menuju perbaikan diri.

5.     Menggunakan Usaha Sebagai Kunci Keberhasilan

Orang dengan pola pikir bertumbuh meyakini bahwa usaha yang konsisten dan tekun adalah kunci utama untuk mencapai keberhasilan. Mereka menyadari bahwa hasil yang baik tidak selalu datang secara instan, tetapi melalui investasi waktu dan usaha yang terus-menerus.

6.     Berpikir Jangka Panjang

Pola pikir bertumbuh melibatkan fokus pada perkembangan jangka panjang daripada pencapaian instan. Orang dengan pola pikir ini lebih cenderung melihat perjalanan panjang dan progresif dalam mencapai tujuan mereka.

7.     Menerima Kritik Secara Konstruktif

Orang dengan pola pikir bertumbuh menerima kritik sebagai umpan balik yang dapat membantu mereka tumbuh dan meningkatkan kinerja. Mereka tidak melihat kritik sebagai serangan pribadi, tetapi sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Yang Bukan Prinsip Pola Pikir Bertumbuh Adalah

Maka, yang tidak termasuk dalam pola pikir bertumbuh adalah tidak mau berkembang, tidak mau keluar dari zona nyaman, dan tidak mau berusaha lebih banyak. Pola pikir semacam ini biasanya akan sangat berdampak pada kualitas diri seseorang yang selalu stagnan di satu tempat saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang bukan prinsip pola pikir bertumbuh adalah merasa puas dengan status quo. Kondisi ini merujuk pada perasaan puas atau nyaman dengan keadaan atau situasi yang ada saat ini, tanpa merasa perlu untuk melakukan perubahan atau perbaikan.