Cara Bayar Pajak di Indomaret Tanpa Harus Ke SAMSAT!

Cara Bayar Pajak di Indomaret
Cara Bayar Pajak di Indomaret

Cara bayar pajak di Indomaret sangat perlu untuk Anda ketahui. Sebab, sebagai warga negara yang baik harus menunaikan kewajiban salah satunya membayar pajak. Kini, membayar pajak bisa lebih mudah melalui gerai Indomaret terdekat.

Bukan semata sebagai kepetingan pemerintah saja, faktanya pajak digunakan untuk manfaat banyak orang. Seperti dikontribusikan ke layanan umum dan perbaikan kontruksi negara. Secara ringkas, pajak memiliki empat fungsi yakni fungsi stabilitas. fungsi anggaran, fungsi pendapatan dan fungsi mengatur.

Oleh karena itu penting untuk taat membayar pajak. Beruntungnya, kini Anda tidak harus kesulitan ketika ingin membayar pajak. Ada banyak metode mudah tanpa harus ke loket pembayaran. Salah satunya melalui aplikasi digital.

Layanan Pajak yang Bisa dibayar di Indomaret

Seiring berkembangnya teknologi, modernisasi MPN G3 menjadi salah satu usaha Pemerintah agar kinerja penerimaan negara tetap terjaga dengan efektif dan efisien. Sebagai bentuk memberikan kemudahan bagi para wajib pajak, Pemerintah bekerja sama dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) untuj menyediakan kanal pembayaran pajak.

Jenis transaksi Penerimaan Negara yang dapat dilakukan melalui Indomaret antara lain, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Cukai, Biaya Pembuatan Passpor, Pembelian Surat Berharga, (SBN), Pembayaran KUA, Pembayaran Pajak Kendaraan, Perpanjang SIM, bahkan denda tilang.

Pelayanan pembayaran pajak telah dibuka sejak Januari 2021. Dengan ini, Indomaret merupakan satu-satunya ritel yang bekerja sama dan melayani transaksi penerimaan negara. Sehingga masyarakat wajib pajak dapat menunaikan kewajibannya dengan mudah.

Bagaimana Cara Bayar Pajak di Indomaret?

Saat Anda ingin melakukan transaksi pembayaran di Indomaret, Anda perlu memahami perbedaan tiap jenis transaksinya. Berikut ini cara-cara membayar pajak di Indomaret

1. Cara Bayar Pembayaran Penerimaan Negara di Indomaret

Bagi wajib pajak yang tidak memiliki rekening bank, membatar via indomaret menjadi salah satu pilihan. Cara bayar pajak di indomaret antara lain :

  • Datangi gerai Indomaret terdekat dari lokasi Anda dan jangan lupa membawa kode billing pembayaran akun pajak yang ingin dibayarkan.
  • Infokan kepada kasir bahwa Anda ingin melakukan transaksi pembayaran pajak. Atau jika di Indomaret point ditemukan monitor pembayaran, Anda bisa melakukan secara mandiri pada monitornya.
  • Tunjukkan kode billing yang Anda miliki kepada kasir.
  • Lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertulis
  • Mintalah bukti struk pembayaran pajak Anda dan jangan lupa disimpan.

Cara ini bisa dilakukan untuk membayar transaksi pembayaran penerimaan negara seperti Pajak Penghasilan, PPN, Bea Cukai, hingga Biaya Pembuatan Passpor. Anda hanya perlu membawa kode billing yang Anda miliki ke gerai Indomaret.

Kode billing merupakan kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem billing atas jenis pembayaran maupun penyetoran yang akan dilakukan. Kode Billing dapat diperoleh berdasarkan dokumen dasar pembayaran yang diberikan.

Pertama, Kode Billing diterbitkan otomatis oleh SKP setelah adanya validasi terhadap dokumen dasar yang disampaikan ke SKP atau setelah penetapan oleh Pejabat berwenang.

Kedua, Kode ini juga diterbitkan oleh Pejabat berwenang ataupun secara Mandiri oleh wajib pajak melalui portal pengguna fasilitas yang disediakan di Kantor.

2. Cara Bayar Pajak Kendaraan Via Indomaret

Pajak kendaraan juga perlu diperhatikan oleh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Namun, sebelum membayar pajak kendaraan di Indomaret, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas terlebih dahulu.

Berkas yang disiapkan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP asli) sebagai pemiliki kendaraan, Surat TAnda Nomor Kendaraan Asli (STNK) pemilik kendaraan. Dan perlu diperhatikan pula untuk batas waktu penukaran struk pembayarannya adalah 30 hari setelah dibayarkan.

Jika tidak dilakukan penukaran dan pengesahan STNK di Kantor Samsat, maka kendaraan milik Anda tidak sah dan tidak memiliki izin untuk beroperasi di jalan raya.

Berikut ini cara membayar pajak di Indomaret untuk pajak Kendaraan :

  • Datangi gerai Indomaret terdekat dengan membawa berkas KTP asli dan STNK asli.
  • Jangan lupa membawa ponsel.
  • Temui kasir dan infokan bahwa Anda ingin melakukan transaksi pembayaran Kendaraan Bermotor.
  • Kasir akan meminta informasi kepada Anda berupa nomor polisi, nomor mesin kendaraan, dan nomor ponsel pemiliki kendaraan.
  • Tunggu hingga layar kasir memunculkan nominal pajak yang harus dibayarkan beserta biaya adminnya.
  • Lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera.
  • Tunggu SMS balasan berupa link bitly yang berisi Elerctronic Registration and Identification dari Kepolisian
  • Klik link tersebut dan tunggulah gambar bukti pelunasan pembayaran pajak motor yang dilengkapi barcode.
  • Simpanlah bukti pembayaran tersebut untuk digunakan sebagai pengesahan STNK kendaraan Anda kemudian cetak sendiri di Kantor Kepolisian

Perlu diketahui, tAnda bukti pembayaran atau e-TBPKP yang dilengkapi dengan scan barcode adalah tanda bukti pelunasan pembayaran pajak yang valid dan sah. Melalui barcode yang tertera, Anda tidak perlu balik ke Samsat untuk mencetak TBPKP.

Jika Anda ingin mencetak lembaran pajak yang menjadi satu dengan STNK pemilik kendaraan Anda akan tetap diminta ke kantor SAMSAT di hari kerja dan jam kerja.

Baca juga: 

Keuntungan Membayar Pajak Via Indomaret

Setelah mengetahui cara bayar pajak di Indomaret, pastinya Anda juga akan merasakan keuntungan dari membayar pajak via di Indomaret. Salah satu keuntungan yang jelas antara lain praktis dan ekonomis.

Sistem pembayaran online ini sangat memudahkan pemilik kendaraan tanpa harus repot-repot mengantri di kantor Samsat. Anda bisa melakukan transaksi langsung di kasir Indomaret. Selain itu, dengan membayar secara online pastinya Anda akan terhindar dari praktik pencaloan.

Dengan pembayaran online, akan meminimalisir bahkan menghilangkan korupsi penerimaan pajak karena jumlah yang dibayarkan sesuai dengan perhitungan yang tepat. Banyaknya gerai Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia membuat masyarakat semakin mudah dalam bertransaksi.

Demikianlah ulasan mengenai cara bayar pajak di Indomaret. Kini, Anda bisa merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Indomaret selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para customer Indomaret tercinta.