Cara Daftar dan Login SIM PKB dalam Waktu Singkat

Cara Daftar dan Login SIM PKB dalam Waktu Singkat

Contekan.net – Dengan semakin banyaknya jumlah guru di Indonesia, pemerintah akhirnya memutuskan untuk membentuk sistem baru yang bernama SIM PKB. SIM PKB merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Lalu, bagaimana cara untuk login SIM PKB?

Salah satu program dari pemerintah ini punya tujuan yang sangat baik, yaitu untuk mengembangkan kualitas profesi guru yang ada di Indonesia. Bukan itu saja, program atau sistem ini juga dibentuk dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik. Jadi, kamu harus mengetahuinya secara jelas.

Cara Daftar dan Login SIM PKB Guru Penggerak

Guru-guru di Indonesia harus tahu bahwa untuk bisa login ke akun SIM PKB miliknya, mereka harus mendapatkan Akun Pembelajaran resmi terlebih dahulu dari pemerintah. Jika Akun Pembelajaran ini saja tidak mereka miliki, tentu mereka tidak akan bisa mengakses program menguntungkan satu ini.

Baik cara daftar maupun login program SIM PKB tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Nantinya, langkah awal dari cara daftar dan login ini bisa dilakukan melalui akun belajar.id. Ingin tahu lebih lanjut tentang tahapan-tahapannya? Berikut informasinya untuk kalian semua:

1.     Cara Daftar Akun Pembelajaran di Situs Belajar ID

Untuk daftar Akun Pembelajaran dari pemerintah ini kamu bisa membuka aplikasi browser yang ada di perangkatmu. Meski cara ini lebih sering digunakan oleh banyak guru lainnya, tapi kamu juga bisa mendaftar akun melalui operator Satuan Pendidikan dengan cara berikut ini:

  • Hubungi nomor operator yang tersedia di halaman situs Belajar.id dan dapatkan nama akun serta akses masuk akun setelah menghubungi nomor itu.
  • Kemudian, buka halaman Gmail yang didaftarkan dan masukkan nama akun serta akses masuk akun yang sudah didapatkan dari operator.
  • Setujui syarat dan ketentuan yang muncul di layar HP, lalu ganti akses masuk akun dengan kata sandi lainnya yang lebih mudah diingat.

Tidak cuma bisa dilakukan dengan menghubungi pihak operator Satuan Pendidikan saja, tapi cara daftar SIM PKB Guru Penggerak ini juga bisa dilakukan secara mandiri, dan caranya adalah:

  • Kunjungi situs Belajar.id dan masukkan data diri yang dibutuhkan pada layar perangkat.
  • Setelah itu, klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran” dan ikuti instruksi yang muncul selanjutnya.
  • Jika data yang didaftarkan tertulis sudah terdaftar, maka kemungkinan besar kamu sudah pernah membuat akun sebelumnya.

2.     Cara Login SIM PKB dengan Akun Belajar ID

Setelah mendaftar akun di website Belajar ID, sekarang kamu bisa langsung masuk ke akunmu tersebut dengan menggunakan data yang terdaftar. Maka dari itu, pastikan kamu selalu mengingat kata sandi yang sudah diubah dengan baik. Kemudian, kamu bisa login dengan menggunakan cara:

  • Masuk ke halaman situs GTK Belajar Kemdikbud dan tunggu sampai kamu diarahkan ke halaman selanjutnya.
  • Klik tombol “Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan” dan nanti akan muncul program yang sesuai dengan opsi tersebut.
  • Isi bagian surel akun SIM PKB milikmu dan jangan lupa untuk memasukkan kata sandi yang benar.
  • Setelah itu, klik tombol “Masuk” dan kamu bisa langsung melihat pilihan layanan yang ada di dalamnya.
  • Pastikan kamu melihat satu per satu layanan yang ada di situs itu, agar tidak salah saat hendak memilih salah satu di antaranya.

Bagaimana, mudah bukan untuk login SIM PKB? Jadi, tak perlu khawatir jika kamu belum punya Akun Pembelajaran untuk masuk ke program SIM PKB tersebut. Sebab, cara daftar akun ini juga tidak kalah mudah dengan cara loginnya.