Kalimat Persuasif dalam Paragraf Tersebut Ditunjukkan Nomor Berapa?

Kalimat Persuasif dalam Paragraf Tersebut Ditunjukkan Nomor Berapa?

Contekan.net – Kalimat persuasif adalah salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia yang sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku SD. Salah satu soal yang sering muncul saat membahas tentang kalimat persuasif adalah kalimat persuasif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor berapa?

Terkadang soal ini bisa dijawab oleh beberapa murid dengan mudah, tapi kadang ada juga beberapa murid lainnya yang merasa bingung untuk menjawabnya. Sebab, mereka juga belum terlalu paham tentang apa yang dimaksud dengan kalimat persuasif. Jadi, simak pembahasannya berikut ini!

Kunci Jawaban Soal Kalimat Persuasif dalam Paragraf Tersebut Ditunjukkan Nomor?

Sebenarnya ada cara mudah yang perlu diperhatikan saat ingin mencari kalimat persuasif pada suatu paragraf tertentu, yaitu dengan mencari kata-kata ajakan seperti ayo, mari, ayo lakukan, dan lain sebagainya. Namun, ada juga kalimat persuasif yang tidak memakai kata ajakan secara langsung.

Maka dari itu, kalimat persuasif yang tidak memakai kata ajakan secara langsung ini sering membuat banyak murid merasa bingung ketika harus menjawabnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kunci jawaban soal kalimat persuasif terdapat pada nomor berapa, yaitu:

Contoh Soal

Rokok sering dianggap sebagai teman akrab banyak orang yang dapat menimbulkan dampak negatif dan sangat merugikan. Rokok tidak hanya bisa menyebabkan penyakit paru-paru saja, tapi juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan lainnya. Jadi, mari berhenti merokok untuk menjaga kesehatan!

Lantas, kalimat persuasif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor berapa?

  1. Rokok sering dianggap sebagai teman akrab banyak orang yang dapat menimbulkan dampak negatif dan sangat merugikan.
  2. Rokok tidak hanya bisa menyebabkan penyakit paru-paru saja, tapi juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan lainnya.
  3. Jadi, mari berhenti merokok untuk menjaga kesehatan!

Pembahasan

Di dalam contoh soal tersebut sudah terlihat jelas ada kata mari yang bisa dianggap sebagai kata ajakan. Dengan begitu, kalimat mari berhenti merokok untuk menjaga kesehatan yang ada di nomor 3 adalah kalimat persuasif yang dipertanyakan dalam soal sekolah tersebut.

Contoh Kalimat Persuasif Lainnya

Agar kamu bisa lebih memahami tentang apa yang dimaksud dengan kalimat persuasif, kami akan membagikan beberapa contoh kalimat yang lainnya. Sebab, dengan memahami contoh kalimatnya secara jelas, maka kamu bisa lebih paham tentang arti dari jenis kalimat ini.

Ada beberapa contoh kalimat persuasif yang menggunakan kata ajakan secara langsung, dan ada juga yang kata ajakannya hanya tersirat saja. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh-contoh kalimat persuasif lainnya berikut ini:

  • Mohon Bapak dan Ibu pertimbangkan lagi, lokasi rumah ini sangat strategis, karena dekat dengan fasilitas umum yang sangat bervariasi. Bapak dan Ibu hanya perlu membayar 2 juta per bulan untuk membelinya. Rumah ini juga bisa dicicil dalam beberapa tahun untuk memudahkan Bapak dan Ibu.
  • Mari kita tingkatkan produksi pemerahan susu di perusahaan kita dengan memberi makanan sapi yang penuhi gizi dan nutrisi.
  • Berangkat cepat dan tidak ketinggalan adalah impian bagi banyak orang. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli tiketnya melalui jasa kami.
  • Produk elektronik seperti setrika memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Bunda untuk mengerjakan pekerjaan rumah secara lebih mudah. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk membelinya dan ayo segera klik pesan agar kami bisa langsung mengirimnya ke alamat tujuan.

Pada pembahasan di atas kami menyebutkan bahwa ada sebagian kalimat persuasif yang memakai kata ajakan secara langsung dan ada juga yang hanya tersirat saja. Jadi, kamu harus teliti pada saat mengerjakan soal kalimat persuasif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor berapa.