health  

Panduan Menanam Biji Semangka Di Pot Sampai Panen

Menanam Biji Semangka Di Pot

Menanam biji semangka di pot tentunya mudah sekali dan bisa di lakukan di rumah. Untuk lebih jelasnya lihat panduannya berikut ini. Apa Anda ingin menanam semangka di rumah sendiri? Anda ingin menanamnya di dalam pot?

Jika iya, Anda bisa coba panduan dari kami agar tanaman semangka itu sanggup hasilkan buah yang besar. Buah semangka benar-benar sangat di cintai di musim kemarau seperti sekarang. Buahnya yang manis dan banyak terkandung air mampu menghilangkan dahaga dengan cepat.

Apa lagi bila kita dapat nikmati buah semangka dari hasil kebun sendiri, rasanya pasti makin nikmat. Tidak perlu tempat yang luas untuk menanam semangka, Anda dapat menanamnya di pot. Proses penanaman semangka di pot pada intinya sama dengan menanam melon di dalam pot.

Anda memerlukan tanah yang subur dan gembur. Ini faktanya banyak petani yang menanam semangka dan melon di satu tempat pada waktu yang bersamaan. Asal Anda ketahui tehnik dasarnya, kami rasa menanam semangka itu mudah.

Tapi khusus untuk tanaman semangka yang di kembangbiakan di pot harus mendapatkan perawatan khusus agar tumbuh subur. Bila tidak, jadi tanaman semangka bisa menjadi kerdil dan buahnya memiliki ukuran kecil, teksturnya berasa cemplang, dan keras.

Cara Menanam Biji Semangka Di Pot

Anda bisa ikuti panduan di bawah ini. Kami akan berikan beragam panduan menanam biji semangka di pot dan cara-caranya supaya tanaman itu tumbuh subur dan buahnya memiliki ukuran besar.

Beberapa bahan yang Diperlukan untuk menanam 5 buah semangka:

  • 10 Biji semangka
  • Tanah humus
  • Pupuk kandang
  • Sekam bakar
  • 1 liter Air

Beberapa alat yang Dipakai :

  • 10 Pot besar
  • Tampah
  • Gunting
  • Tongkat bilahan bambu

Untuk beberapa langkah Penanaman :

Penyeleksian Biji Tanaman

Yang di butuhkan untuk jadi akan bibit ialah 10 biji semangka. Sama seperti seperti penanaman buah-buahan yang lain, biji minimal datang dari buah semangka yang sudah tua dan masak. Di anjurkan menggunakan buah indukan yang memiliki ukuran bagus, rasa buahnya nikmat, dan dalam keadaannya sehat.

5 biji semangka tersebut itu, lalu dibersihkan sampai bersih lebih dulu, lalu disatukan dan diangin-anginkan sesaat di atas tampah agar kandungan airnya sedikit berkurang. Seandainya Anda ingin memperoleh biji semangka yang kwalitasnya unggul, Anda dapat membelinya saja.

Penyeleksian Pot yang Bagus

Untuk menanam buah semangka di 10 pot, pilih kelima pot yang paling bagus untuk di pakai adalah pot yang di buat berbahan tanah liat. Mengapa? Karena pot semacam ini memungkinkannya kelembapan di dalam tempat tanam dapat terbangun dengan baik. Berlainan dengan pot plastik, di mana air cuma bisa mengucur dari sisi dasar pot saja.

Sementara air di pot tanah dapat keluar lewat pori-pori pot. Kelembapan yang tetap terbangun secara baik ini akan hasilkan tanaman yang tumbuh subur hingga buahnya sanggup berkembang dengan sempurna. Pilih pot tanah yang memiliki diameter minimum 45 cm.

Pembuatan Media Tanam

Tempat tanam untuk pohon semangka ialah tanah yang subur dan gembur. Di sini Anda bisa menggunakan kombinasi tanah kebun, sekam bakar, dan pupuk kompos dengan perbedaan 2:2:1 untuk setiap potnya. Jauhi memakai sekam padi yang basah. Selanjutnya Anda dapat masukkan tempat tanam ini ke pot sampai penuh.

Nantikan dulu, sampai media tanam yang barusan dimasukkan pada pot ini tidak dapat di pakai untuk menanam semangka langsung ya. Perlu waktu minimal 3-4 hari agar keadaan tempat tanam ini jadi kembali normal dan siap di pakai untuk menanam biji.

Tahapan Pembibitan Semangka

Bikinlah 1 lubang tanam pada kedalaman sekitaran 7 cm di tiap pot. Masukan 1 biji semangka ke tiap lubang itu. Selanjutnya tutuplah dengan tanah di sekelilingnya. Lalu pot ini ditempatkan di lokasi yang teduh dan terbebas dari cahaya matahari secara langsung.

Sepanjang proses pembibitan ini, pot jangan digeser-geser ya. Siramilah setiap 3-5 hari saat keadaan permukaan tanah telah kelihatan cukup mengering. Siram dengan rutin serta berhati-hati agar siraman airnya tidak menghancurkan bibit semangka yang baru tumbuh. Terus rawatlah sampai bibit berumur sekitaran 7-10 hari.

Menempatkan Bibit Semangka

Sesudah berumur dua mingguan, bibit semangka telah mempunyai akar yang cukup kuat. Sekarang waktunya Anda dapat mengalihkan pot itu ke taman yang lebih terbuka agar tanaman semangka dapat memperoleh cahaya matahari secara maksimal.

Penempatan yang paling bagus pada bibit semangka yaitu berada di dekat pagar dan di tempatkan berjajaran dengan pot semangka lainnya.

Dengan cara ini, Anda bisa mengubah pagar itu jadi lebih hidup. Tempat bagus yang lain adalah di tengahnya taman dengan posisi pot yang di atur melingkar. Susunlah tinggi tanaman semangka di masing-masing pot agar membuat pot terlihat rapi

Perawatan Tanaman Semangka

Semangka membutuhkan air dengan jumlah yang cukup banyak. Tapi jangan sampai ada kubangan air di sekitaran tanaman semangka karena bisa mengakibatkan membusuk. Jadi Anda perlu menyiraminya dengan teratur saat sore hari atau pagi.

Tanaman perlu memperoleh pemupukan ulangi khususnya ketika telah berbunga. Sesudah akan buah ini mulai tumbuh, penyiraman seharusnya di kurangkan jadi 2 hari sekali.

Ini mempunyai tujuan supaya tanaman semangka tidak membusuk dan buah yang di buatnya juga tidak banyak memiliki kandungan air hingga rasanya jadi lebih manis, nikmat, dan fresh.

Tahapan Pemanenan Buah

Pemanenan buah semangka bisa di laksanakan sesudah ukuran cukup besar. Biasanya tanaman yang sudah berumur 2-3 bulan telah hasilkan buah yang siap panen.

Supaya buahnya dapat memiliki ukuran besar, seharusnya tiap tanaman semangka cuma mempunyai 1 saja buah yang di kembangkan. Dan buah-buah yang lain dapat di buang supaya konsumsi gizinya teresap optimal ke 1 biji itu.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka? Berikut Jawabannya

Beberapa ciri buah yang sudah masak dapat di saksikan dari batang buahnya yang mengkerut. Pemangkasan buah seharusnya dilaksanakan gunting supaya tidak menghancurkan tangkainya. Ingat kita saat ini masih bisa manfaatkan daya tarik tanaman semangka ini sebagai percantik taman. Mudah bukan menanam biji semangka di pot sampai panen?