Mengenal Antonim Kata Tercemar yang Sering Kita Dengar

Mengenal Antonim Kata Tercemar yang Sering Kita Dengar

Contekan.net – Saat membahas tentang kondisi lingkungan sekarang ini, kita pasti sering mendengar kata tercemar. Tercemar dapat diartikan sebagai kondisi yang sudah tidak bersih atau tidak sehat. Jadi, antonim kata tercemar tentu akan sangat berkebalikan dengan arti kata tersebut.

Salah satu contoh antonim dari kata tercemar yang banyak orang tahu adalah bersih. Sebab, seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, arti dari kata tercemar itu sendiri merupakan tidak bersih, sedangkan arti kata antonim adalah kebalikan dari kata tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini!

Apa Antonim Kata Tercemar?

Jika sinonim adalah persamaan kata, sedangkan antonim adalah lawan kata. Dengan melihat pengertian itu saja kamu pasti sudah bisa menebak lawan kata dari tercemar itu apa saja. Namun, biasanya orang-orang lebih sering menjawab kata bersih jika ditanyakan tentang antonim tercemar.

Sebenarnya masih ada beberapa kata lainnya yang bisa dikategorikan sebagai antonim dari kata tercemar. Untuk membantu kalian dalam memahami tentang hal ini, berikut adalah beberapa kata yang bisa dikategorikan sebagai antonim istilah tercemar:

1.     Sehat

Selain bersih, antonim dari kata tercemar lainnya adalah sehat. Alasannya adalah karena arti lain dari kata tercemar adalah tidak sehat dan berbahaya. Jadi, kebalikan dari istilah lingkungan tercemar adalah lingkungan yang masih sehat dan kebersihannya masih terjaga dengan baik.

Sementara untuk arti dari kata sehat itu sendiri merupakan tidak sakit dan tidak menderita suatu penyakit tertentu. Tidak hanya sering diucapkan untuk menggambarkan kondisi kesehatan manusia saja, tapi kata sehat juga sering diucapkan untuk menggambarkan kondisi benda dan lingkungan.

2.     Aman (Tidak Berbahaya)

Selanjutnya, antonim dalam kata tercemar adalah aman atau tidak berbahaya. Lingkungan, benda, maupun objek lainnya yang aman tidak bisa dianggap sebagai objek yang tercemar, karena objek tersebut masih aman untuk dipakai maupun dikonsumsi.

Mengapa kata aman bisa dianggap sebagai salah satu antonim kata tercemar? Karena kata tercemar juga bisa diartikan sebagai kondisi yang berbahaya, sehingga lawan kata dari istilah itu tentu hal yang tidak berbahaya dan masih aman untuk sementara waktu.

3.     Terawat

Bersih, sehat, dan aman mungkin menjadi jenis-jenis lawan kata tercemar yang sering kita dengar. Namun, sebenarnya masih ada lawan kata lainnya yang bisa kamu pakai untuk menggambarkan kondisi benda, tempat, dan lingkungan yang masih bersih karena dirawat dengan baik.

Lawan kata yang dimaksud itu adalah terawat. Kata terawat sering dipakai pada saat seseorang hendak menggambarkan sebuah lingkungan yang masih bersih. Jika lingkungan itu digambarkan dengan kata terawat, maka sudah dapat dipastikan bahwa lingkungan tersebut tidak tercemar.

4.     Higienis

Sebenarnya istilah higienis juga bisa diartikan bersih. Jadi, tak heran jika salah satu antonim dari kata tercemar adalah higienis. Tidak hanya bisa dipakai untuk menggambarkan kondisi suatu lingkungan saja, tapi kata higienis juga bisa dipakai untuk menggambarkan makanan yang bersih.

Lingkungan dan makanan yang higienis tentu dapat membuat kesehatan kita lebih terjaga dengan baik, karena arti kata dari higienis itu sendiri adalah terhindar dari segala jenis bakteri dan virus. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa salah satu antonim dari kata tercemar adalah higienis atau bersih.

Mungkin sebagian orang sudah tahu antonim kata tercemar yang sering mereka dengar pada saat membahas tentang kondisi lingkungan tertentu. Namun, beberapa di antaranya ada yang masih sering lupa saat membahas tentang hal ini. Jadi, di sini kami membantu kalian untuk mengingatnya lagi.