Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil? Ini Jawabannya!

Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil
Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil

Contekan.NET – Apakah kamu mendapatkan pertanyaan Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil? Jika iya, maka artikel ini akan sangat membantumu dalam menemukan jawabannya.

Langsung saja kita bahas ulasannya dalam sub judul berikut ini.

Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil?

Nangka termasuk dalam kelompok tumbuhan dikotil. Ciri khas tumbuhan dikotil adalah memiliki dua daun lembaga pada embrio, daun sejati yang umumnya memiliki urutan vena yang bercabang, dan pembentukan kayu yang bersifat sekunder.

Nangka, sebagai contoh tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Moraceae, memiliki ciri-ciri tersebut dan merupakan tanaman dikotil. Kelompok ini umumnya mencakup pohon-pohon berdaun lebar dan memiliki bunga yang kompleks.

Pohon dikotil memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari tumbuhan monokotil. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari pohon dikotil:

1. Daun Sejati (Cotyledon)

Pohon dikotil memiliki dua daun lembaga pada embrio yang disebut cotyledon. Ini berbeda dengan tumbuhan monokotil yang biasanya memiliki satu cotyledon.

2. Pertumbuhan Sekunder

Pohon dikotil mengalami pertumbuhan sekunder, yang berarti mereka dapat menghasilkan jaringan kayu tambahan dari lapisan kambium. Hal ini menyebabkan pembentukan batang dan akar yang bertambah tebal seiring waktu.

3. Pola Vena pada Daun

Daun pohon dikotil memiliki pola vena yang beraneka ragam, yaitu vena daun umumnya bercabang-cabang dan membentuk jaringan yang lebih rumit dibandingkan dengan tumbuhan monokotil.

4. Bunga Berbagi Bagian-Pembungaan

Bunga pada pohon dikotil biasanya memiliki kelipatan bagian-pembungaan (sepals, petals, stamens, dan carpels) yang umumnya dalam jumlah kelipatan empat atau lima. Hal ini berbeda dengan monokotil yang umumnya memiliki bagian-pembungaan dalam jumlah kelipatan tiga.

5. Akar Berserabut

Akar pada pohon dikotil cenderung berserabut dan dapat berkembang secara lateral untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah.

6. Tumbuhan Berkayu

Sebagian besar pohon dikotil adalah tumbuhan berkayu, yang berarti mereka membentuk batang keras dan kuat seiring bertambahnya usia.

7. Pembentukan Lingkaran Tahunan

Pada batang pohon dikotil, terdapat pembentukan cincin atau lingkaran tahunan yang dapat digunakan untuk menentukan usia pohon dan kondisi pertumbuhannya.

Demikian pembahasan lengkap kami tentang pertanyaan Nangka Termasuk Dikotil atau Monokotil? Semoga bisa membantu dan menjadi jawaban untuk kalian yang masih bingung.