Pada Respirasi Aerob Oksigen Berperan Pada Proses …

Jawaban Soal Pada Respirasi Aerob, Oksigen Berperan Pada Proses
Jawaban Soal Pada Respirasi Aerob, Oksigen Berperan Pada Proses

Contekan.NET – Apa Jawaban Soal Pada Respirasi Aerob, Oksigen Berperan Pada Proses? Seperti yang kita ketahui pihak sekolah sering kali memberikan pertanyaan untuk para siswanya dengan tujuan agar mereka mengetahui lebih dalam tentang materi tersebut.

Salah satu soal yang sering muncul adalah Soal Respirasi Aerob yang mana merupakan pilihan ganda dan harus kita isi. Oleh karena itu, kami berusaha membantumu untuk mengisinya dengan memberikan jawaban yang masuk akal.

Silahkan simak pembahasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Pada Respirasi Aerob, Oksigen Berperan Pada Proses …

  • a. glikolisis
  • b. pembentukan asetil KoA
  • c. siklus Krebs
  • d. sistem transpor elektron
  • e. pembentukan ATP

Jawaban:

D. sistem transpor elektron

Pembahasan:

Transport elektron adalah tahap akhir dari respirasi sel yang terjadi di dalam membran mitokondria. Pada tahap ini, aliran elektron dari senyawa organik menuju oksigen menghasilkan energi yang digunakan untuk mengonversi ADP dan fosfat menjadi ATP. Dalam siklus Krebs, dihasilkan empat pasang atom hidrogen (H) yang kemudian memberikan elektronnya pada rantai transport elektron. Elektron ini bergerak melalui rantai elektron menuju suatu enzim terakhir yang disebut sitokrom oksidase. Pada tahap ini, elektron akan diterima oleh oksigen sebagai akseptor elektron terakhir.

Jadi oksigen berperan dalam proses transpor elektron.

Demikian Jawaban Soal Pada Respirasi Aerob, Oksigen Berperan Pada Proses. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu kalian dalam mengisi soal tersebut.