Pengertian Wejangan adalah dan Contohnya

Pengertian Wejangan adalah dan Contohnya

Contekan.net – Secara umum, wejangan sering diartikan sebagai petuah atau nasihat yang diberikan kepada seseorang sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman atau pengingat dalam menjalani kehidupan. Dengan kata lain, wejangan adalah sebuah petunjuk yang bertujuan memberikan nasihat.

Kamu pasti sering kan, waktu kecil atau ketika sudah remaja dan bahkan setelah menikah mendapatkan wejangan dari orang tua dan itu membekas sampai sekarang. Bahkan tidak jarang wejangan yang diberikan sesuai dengan apa yang kamu hadapi saat ini.

Arti Kata Wejangan adalah

Sebelumnya sempat disinggung mengenai arti wejangan secara umum yang merujuk pada sebuah petuah atau nasihat. Berdasarkan unsur katanya, wejangan memiliki kata dasar “wejang” yang artinya adalah petunjuk atau petuah.

Sementara menurut KBBI, jika diberi awalan me- dan menjadi mewejang artinya adalah memberikan nasihat, memberikan ilmu, ajaran dan lain sebagainya.

Adapun dalam KBBI, wejangan artinya adalah hasil dari mewejang, petunjuk, petuah, dan ajaran. Bisa juga diartikan sebagai pidato yang tujuannya untuk memberikan nasihat dan lain sebagainya.

Contoh Wejangan Lengkap

Sekarang coba kamu ingat-ingat, wejangan atau nasihat apa yang pernah kamu dengar dari orang terdekat dan sampai saat ini masih sangat membekas di hati. Tentunya ada banyak nasihat bijak yang telah diberikan, seperti pada beberapa contoh di bawah ini:

Wejangan Orang Tua untuk Anak

Dalam kehidupan ini setiap orang tua pasti sangat peduli dengan anaknya dan berharap yang terbaik bagi mereka. Salah satunya ditunjukkan dengan memberikan wejangan yang bisa dijadikan bekal untuk menghadapi kehidupan. Berikut ini contohnya:

  • Jika kamu menyakiti orang lain baik dengan ucapan atau perilaku, sebaiknya segera meminta maaf, meskipun tidak sepenuhnya hal itu adalah kesalahanmu.
  • Jangan suka pilih-pilih dalam berteman, yang penting kamu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk agar tidak terbawa arus.
  • Berusahalah dengan sungguh-sungguh dan belajar mandiri, karena tidak selamanya ibu ada untuk kamu.
  • Jika hari ini kamu masih gagal, bukan berarti harus berhenti. Tetaplah berusaha karena Allah akan selalu menghargai perjuanganmu.
  • Jangan pernah takut gagal, karena kamu tidak akan tahu sejauh mana usahamu akan mendapatkan hasil.
  • Kalau kamu menyerah begitu saja, bagaimana kamu tahu perjuanganmu akan menghasilkan kesuksesan yang lebih baik?
  • Kamu tidak perlu jadi orang lain agar disukai, cukup jadi dirimu sendiri dan berusahalah menjadi orang baik.

Wejangan dalam Islam

Bagi kamu yang beragama Islam, pasti sering mendengar berbagai macam wejangan yang menunjukkan nilai-nilai Islami di dalamnya. Entah itu wejangan dari orang tua, guru ngaji maupun teman dekat. Adapun beberapa contoh kalimat Islami untuk wejangan adalah seperti berikut:

  • Jangan suka meninggalkan sholat, karena di hari akhir nanti sholat kita yang pertama kali akan dihisab.
  • Meskipun sedang dalam kondisi yang sulit, tetaplah bersedekah walau hanya sedikit.
  • Kalau kamu sudah terbiasa mengaji, maka kamu akan merasa ada yang kurang jika sehari saja tidak mengaji, itulah kenikmatan iman.
  • Jangan suka berburuk sangka apalagi membicarakan kejelekan orang, meskipun terdengar remeh tapi itu termasuk dosa besar.
  • Biasakanlah wudhu sebelum tidur, karena malaikat akan mendoakan dan memohonkan ampunan untukmu.
  • Kalau ada orang yang membencimu, bukan berarti kamu juga harus melakukan hal yang sama. Tetaplah baik kepada siapa saja.
  • Niatkanlah semua yang kamu lakukan hari ini sebagai ibadah, kamu bisa mengawalinya dengan membaca Bismillah.

Yang dimaksud wejangan adalah petuah atau nasihat yang bisa dijadikan petunjuk dan pedoman dalam berbagai keadaan. Wejangan bisa dari orang tua kepada anaknya, wejangan dengan nilai-nilai Islami dan wejangan lainnya yang bermanfaat. Nah, sekarang coba kamu buat wejangan yang keren buat adikmu!