Reklame yang Ditayangkan melalui Media Elektronik Disebut Apa?

Reklame yang Ditayangkan melalui Media Elektronik Disebut Apa?

Contekan.net – Di tengah perkembangan teknologi sekarang, berbagai hal sudah serba online dan menggunakan media elektronik. Kalau kamu bertanya tentang reklame yang ditayangkan melalui media elektronik disebut apa, maka jawabannya bisa didapatkan dalam pembahasan kali ini.

Dalam memahami apa itu reklame yang ditayangkan melalui media elektronik, sangat penting untuk mengingat bahwa reklame adalah sebutan dari iklan tradisional. Berbeda dengan iklan tradisional, coba cek perbedaan sekaligus jenis-jenisnya di bawah ini!

Reklame yang Ditayangkan melalui Media Elektronik Disebut Apa?

Jenis reklame yang ditayangkan melalui media elektronik dinamakan iklan elektronik atau iklan media elektronik. Iklan elektronik ini juga dikenal sebagai LED (Large Electronic Display), megatron, atau videotron. Berbeda dengan iklan biasa, iklan elektronik ini bisa berupa video atau gambar yang bergerak.

Perangkat seperti LED, megatron, atau videotron memungkinkan pengiklan untuk menyajikan pesan iklan dengan lebih dinamis. Jadi, kalau kamu mau menciptakan dampak yang lebih besar pada pemirsa, Langkah terbaiknya adalah menggunakan iklan elektronik ini.

Jenis-Jenis Iklan Elektronik

Setelah mengetahui apa itu reklame yang muncul lewat media elektronik, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis iklannya. Berikut jenis-jenis iklan elektroniknya:

1.     TVC – Television Commercial

Salah satu jenis reklame yang sering ditayangkan di media televisi adalah iklan televisi (TVC – Television Commercial). Iklan televisi adalah bentuk iklan yang menggunakan format video dan disiarkan melalui saluran televisi.

Iklan ini dapat berupa klip singkat atau iklan berdurasi lebih lama, tergantung pada durasi yang dibeli oleh pengiklan. Dalam iklan televisi, pesan pemasaran disampaikan melalui kombinasi elemen visual dan audio untuk menarik perhatian pemirsa dan menyampaikan informasi atau pesan secara efektif.

2.     Iklan Radio

Iklan radio disampaikan melalui saluran radio dan berfokus pada audio. Dalam iklan radio, pesan disampaikan melalui suara narator, musik, dan efek suara tanpa komponen visual. Iklan streaming audio muncul saat seseorang mendengarkan musik atau podcast melalui layanan streaming audio online.

Artinya, pesan iklannya disampaikan dalam bentuk suara. Sementara itu, iklan podcast adalah iklan yang disematkan di dalam episode podcast. Iklan podcast bisa berupa iklan audio atau promosi yang dibacakan oleh pembawa acara.

3.     Iklan Digital

Iklan digital mencakup berbagai bentuk iklan yang disajikan melalui platform online seperti situs web, media sosial, dan aplikasi. Iklan digital biasanya berupa iklan teks, video, bahkan gambar sekalipun. Dalam iklan video online, biasanya berupa iklan di platform streaming video seperti YouTube.

Dengan kehadiran platform streaming ini, justru semakin memberi pengiklan kesempatan untuk menjangkau pemirsa yang luas. Oleh karena itu, iklan digital, terutama dalam bentuk iklan video, menjadi salah satu metode efektif untuk marketing.

4.     Iklan Display Online

Iklan display online adalah iklan grafis yang muncul di berbagai situs web dan aplikasi. Jenis reklame yang ditayangkan melalui media elektronik disebut juga sebagai iklan display. Terminologi “iklan display” ini merujuk pada jenis reklame yang juga dikenal sebagai iklan grafis dalam ranah media elektronik.

Beberapa format iklan display meliputi banner, pop-up, atau iklan sidebar yang dirancang untuk menarik perhatian pemirsa dengan elemen visual menarik. Iklan display biasanya memanfaatkan estetika dan daya tarik grafis untuk menyampaikan pesan iklan dan meningkatkan brand awareness.

Kesimpulannya, reklame yang ditayangkan melalui media elektronik disebut sebagai iklan elektronik. Setiap jenis iklan elektronik ini memiliki karakteristik uniknya sendiri dan dimaksudkan untuk mencapai audiens dalam konteks yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.