Yang Menyebabkan Negara-negara Di Eropa Melakukan Ekspedisi Untuk Mencari Sumber-sumber Ekonomi Baru Ke ..

Yang Menyebabkan Negara-negara Di Eropa Melakukan Ekspedisi Untuk Mencari Sumber-sumber Ekonomi Baru Ke ..
Yang Menyebabkan Negara-negara Di Eropa Melakukan Ekspedisi Untuk Mencari Sumber-sumber Ekonomi Baru Ke ..

Contekan.net – Apa Yang menyebabkan negara-negara di eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah?

Salah satu hal yang menyebabkan negara eropa melakukan ekspedisi pada saat itu adalah karena permintaan terhadap barang barang seperti rempah-rempah dan barang-barang mewah lainnya sangat tinggi. Maka dari itu, para pedagang di eropa melihat ini sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, untuk mendapatkan barang-barang tersebut mereka harus mencarinya ke luar negeri karena di negara-negara eropa stok atau persediannya sangat tipis dan bisa dikatakan sangat langka.

Nah, untuk menjawab soal yang kalian dapatkan simak pembahasan berikut ini.

Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah?

  • A. Alasan reaksi
  • B. Mencari daerah itu dikuasai
  • C. Melakukan perdagangan dengan belahan dunia lain
  • D. Rusaknya Ekonomi Eropa akibat peperangan dan perkembangan teknologi pelayaran

Jawaban: 

D. Rusaknya Ekonomi Eropa akibat peperangan dan perkembangan teknologi pelayaran

Pada abad ke-15, beberapa negara Eropa, terutama setelah jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453, menghadapi hambatan dalam akses tradisional mereka ke rempah-rempah dan kekayaan Asia. Rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan upaya untuk mencari rute perdagangan baru ke Asia mendorong mereka untuk melakukan ekspedisi ke seluruh dunia. Perkembangan teknologi pelayaran seperti kompas dan kapal layar juga memainkan peran penting dalam kemampuan Eropa untuk menjelajahi lautan lebih jauh.

Selain itu, adanya persaingan antarnegara Eropa untuk mendapatkan keunggulan ekonomi dan politik mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan menguasai wilayah-wilayah baru. Faktor-faktor lain termasuk keinginan untuk memperoleh sumber daya alam seperti emas, perak, dan hasil bumi yang langka di Eropa, serta dorongan untuk memperluas pengaruh agama dan mencari peluang perdagangan yang lebih menguntungkan.

Perkembangan teknologi navigasi, seperti kompas dan kapal layar, juga mendukung kemampuan Eropa dalam menjelajahi lautan lebih jauh. Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan pengetahuan geografis selama periode Renaisans turut memainkan peran dalam memotivasi ekspedisi eksplorasi.

Dengan demikian, kombinasi dari faktor-faktor ini mendorong negara-negara Eropa untuk memulai era Penjelajahan pada abad ke-15, membuka jalur perdagangan baru, mendapatkan sumber daya baru, dan memperluas wilayah kekuasaan mereka secara global.

Demikian jawaban dan pembahasan yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah? Semoga membantu yaaa..