1000 Yen Berapa Rupiah? Cari Tahu Cara Menghitungnya!

1000 Yen Berapa Rupiah? Cari Tahu Cara Menghitungnya!

Contekan.net – Orang-orang yang mau pergi ke Jepang harus tahu bagaimana cara menghitung uang yen ke rupiah. Jangan anggap 1000 yen sama dengan 1000 rupiah, karena kedua jenis mata uang ini berbeda. Untuk memudahkanmu saat menghitung, di sini kami akan membahas tentang 1000 yen berapa rupiah.

Meski kurs mata uang asing dapat berubah sewaktu-waktu, tapi sampai saat ini perubahan kurs yen cenderung cukup stabil. Jadi, jika kurs mata uang asing itu mengalami perubahan dalam waktu dekat ini, perubahan itu tidak terlalu besar. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut informasinya!

1000 Yen Berapa Rupiah di Indonesia?

Jika Indonesia memiliki mata uang rupiah, sedangkan Jepang memiliki mata uang yang bernama yen. Untuk menghitung mata uang Jepang satu ini dengan mudah, kamu harus tahu dulu 1000 yen setara dengan berapa rupiah. Jadi, nanti kamu hanya perlu mengalikan jumlahnya dengan uangmu.

Mengawali tahun 2024 ini mata uang yen cukup mengalami penurunan dibanding beberapa tahun yang lalu, sehingga sekarang 1000 yen setara dengan Rp107.164,-. Namun, tidak menutup kemungkinan perubahan kurs ini bisa meningkat lagi karena beberapa faktor yang dapat terjadi di masa depan.

Untuk lebih mudahnya, kamu juga perlu mengingat bahwa nilai tukar uang 1 yen sama dengan 114.5 rupiah, jadi jika kamu ingin melakukan konversi mata uang yen ke rupiah sebanyak 1000 yen, maka kamu harus mengalikan jumlah uang itu dengan angka 114.5 yang merupakan hasil konversi 1 yen.

Faktor yang Membuat Nilai Mata Uang Setiap Negara Berbeda

Orang awam pasti masih belum tahu bahwa ada 2 jenis perubahan kurs yang sangat berbeda, yaitu perubahan apresiasi dan depresiasi. Jika perubahan apresiasi merujuk pada penambahan suatu mata uang ke mata uang asing lainnya, sedangkan depresiasi mengalami penurunan pada nilai mata uang.

Hal ini juga berlaku untuk mata uang yen Jepang yang sering mengalami perubahan dan membuatnya berbeda dengan mata uang negara lainnya. Setelah membahas tentang 1000 yen berapa rupiah, sekarang kami akan membahas beberapa faktor yang bisa membuat nilai mata uang saling berbeda:

1.     Kebijakan Pemerintah di Setiap Negara

Setiap negara tentu memiliki kebijakan terkait mata uang yang berbeda-beda, sehingga kebijakan pemerintah juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat nilai mata uang di suatu negara berbeda dengan negara lainnya.

Contoh kebijakan pemerintah yang dapat memengaruhi perubahan nilai mata uang suatu negara adalah saat pemerintah setempat memutuskan untuk melakukan pembatasan terhadap barang impor. Dengan begitu, permintaan valuta asing di negara tersebut akan semakin menurun.

2.     Inflasi

Bukan cuma kebijakan pemerintah di setiap negara saja yang bisa membuat nilai mata uang di negara tersebut berbeda dengan negara lainnya, tapi inflasi juga sangat berpengaruh. Saat suatu negara mengalami inflasi, maka hal ini akan membuat nilai mata uang di negaranya menjadi menurun.

3.     Perbedaan Suku Bunga yang Berlaku

Faktor terakhir yang bisa membuat nilai mata uang di setiap negara berbeda adalah perbedaan suku bunga yang berlaku di dalamnya. Kamu harus tahu bahwa suku bunga di setiap negara mampu mendorong masuknya modal asing. Jadi, jumlah modal asing yang masuk akan sangat berpengaruh.

Karena sekarang kamu sudah tahu uang 1000 yen berapa rupiah, jadi kamu bisa lebih mudah untuk menghitungnya. Sebab, kamu hanya perlu mengalikan uang yang akan kamu gunakan dengan hasil sebelumnya. Misal kamu punya 10.000 yen, maka kalikan 10.000 yen dengan Rp107.164,-.